Comscore Tracker

Cuaca Bali Lebih Panas, BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggi

Panas gak kayak biasanya

Denpasar, IDN Times – Kondisi cuaca yang akhir-akhir ini terasa lebih panas daripada biasanya. Mereka yang menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan harus menahan terik yang kian menyengat mendekati pukul 12.00 Wita, pada Jumat (11/10).

Menurut keterangan Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan kepada IDN Times, kondisi ini tidak terlepas dari wilayah Bali yang masih dalam pengaruh musim kemarau.

Selain itu suhu permukaan laut di sekitar wilayah Bali antara 27 hingga 29 derajat celcius. Juga massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb (1500 meter). Berikut ini penjelasannya:

1. Gelombang laut diperkirakan sampai dua meter

Cuaca Bali Lebih Panas, BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggiinstagram.com/chalistaputriii

Cuaca wilayah Bali terhitung Jumat (11/10) hingga Minggu (13/10) secara umum cerah berawan. Dengan suhu berkisar antara 22 hingga 33 derajat celcius. Kelembaban diperkirakan berkisar antara 55 hingga 90 persen.

Angin umumnya bertiup dari arah Timur sampai Tenggara dengan kecepatan berkisar 4 sampai 32 kilometer per jam. Pun tinggi gelombang laut di Perairan utara Bali berkisar 0,5 hingga 1,25 meter. Sedangkan di Perairan selatan Bali berkisar antara 1 sampai 2 meter. Selat Bali berkisar antara 0,5 sampai 2 meter dan di Selat Lombok berkisar 0,5 sampai 2 meter.

2. Prediksi cuaca tiga hari ke depan

Cuaca Bali Lebih Panas, BMKG Imbau Waspada Gelombang TinggiIDN Times/Ayu Afria Ulita

Data dari Kantor BMKG Wilayah III Denpasar memprediksi kecepatan angin tetap berkisar 4 sampai 32 kilometer per jam. Sedangkan kondisi tinggi gelombang tiga hari mendatang diprediksi di Perairan utara Bali yang awalnya berkisar 0,5 sampai 1,25 meter berubah menjadi 2 meter. Sedangkan di Perairan Selatan Bali turun menjadi 0,75 hingga 1,5 meter.

3. BMKG imbau waspada gelombang tinggi

Cuaca Bali Lebih Panas, BMKG Imbau Waspada Gelombang TinggiIDN Times/Irma Yudistirani

Dengan kondisi cuaca yang demikian, BMKG mengimbau agar warga dan wisatawan mewaspadai potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2 meter di sekitar Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Lombok bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali.

“Masyarakat, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter atau lebih di sekitar perairan Selatan Bali,” imbaunya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You