4.960 PMI Sudah Kembali Melalui Bali, Diprediksi Akan Terus Bertambah

Beberapa pulang menggunakan penerbangan charter khusus

Badung, IDN Times – Kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sejak 23 Maret hingga 27 April 2020 tercatat sebanyak 4.960 orang. Mereka diketahui kembali ke Indonesia melalui 27 penerbangan charter khusus. 

1. Beberapa PMI pulang ke Bali menggunakan penerbangan charter

4.960 PMI Sudah Kembali Melalui Bali, Diprediksi Akan Terus BertambahBandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani kepulangan PMI sesuai SOP (Dok.IDN Times/Humas Angkasa Pura I)

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry A Y Sikado menyampaikan bahwa hingga saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani setidaknya 4.960 WNI yang pulang kembali ke Indonesia melalui Bali. Kedatangan mereka dengan penerbangan charter khusus, diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan penambahan permintaan unscheduled rescue flight.

“Penerbangan pemulangan kembali WNI yang kami layani hingga saat ini telah mencapai jumlah 27 penerbangan. Mulai dari penerbangan LOT Polish Airlines dengan nomor penerbangan LO8535 pada 23 Maret lalu. Penerbangan terakhir pada Senin kemarin yaitu penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA4046,” terangnya.

2. Penerbangan dari Yunani terbanyak dalam pengangkutan WNI

4.960 PMI Sudah Kembali Melalui Bali, Diprediksi Akan Terus BertambahPemulangan WNA dari Bali ke negara asalnya (Dok.IDN Times/Humas Angkasa Pura I)

Tercatat ada sebanyak 11 maskapai penerbangan asing terlibat dalam 27 penerbangan pemulangan WNI tersebut di antaranya LOT Polish Airlines, LATAM Airlines, Qatar Airways, NEOS Air, Ethiopian Airlines, Wamos Air, Air Europa, Smartwings, AirAsia X, Garuda Indonesia, serta Air Cairo.

Dalam satu kali penerbangan, Wamos Air EB9420 dari Athena, Yunani, menjadi penerbangan dengan pengangkutan WNI terbanyak yaitu mencapai 439 penumpang.

“Tentunya langkah-langkah antisipasi telah dilakukan, terutama terkait penanganan pemeriksaan penumpang. Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta dari Tim Satgas COVID-19 senantiasa bersiaga,” ucapnya.

3. Masih melayani penerbangan pemulangan WNA

4.960 PMI Sudah Kembali Melalui Bali, Diprediksi Akan Terus BertambahSalah satu maskapai Internasional yang juga mrlakukan penernangan repatriasi dari Bali (Dok.IDN Times/Humas Angkasa Pura I)

Terhitung sejak tanggal 8 Februari hingga 27 April 2020, sebanyak 22 penerbangan pemulangan kembali orang ke tanah airnya (repatriasi) yang mengangkut sedikitnya 3.408 warga negara asing (WNA) dari berbagai negara. Ada penerbangan dari Pemerintah Cina yang memulangkan sebanyak 61 warganya ke kota Wuhan melalui penerbangan China Eastern MU799 pada 8 Februari 2020. Serta penerbangan pemulangan 242 WNA menuju kota Samara di Rusia melalui penerbangan Rossiya Airlines FV6296 pada 27 April 2020.

Selain itu sebanyak 14 maskapai penerbangan internasional juga telah melayani penerbangan repatriasi di antaranya China Eastern, LOT Polish Airlines, Avion Express, Condor Airlines, NEOS Airlines, Smartwings, Rossiya Airlines, Qatar Airways, Air Europa, Sunday Airlines, Air Yakutia, UTAir, Garuda Indonesia, dan Air Cairo.

“Melalui Peraturan Menteri Perhubungan No PM 25 Tahun 2020 di pasal 20 ayat 1, pengecualian larangan operasional penerbangan diberikan terhadap operasional penerbangan repatriasi yang melakukan pemulangan WNI maupun WNA,” ungkapnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya