TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kumpulan Potret Lawas Klungkung Tahun 1920 dan Kini, Lebih Bagus Mana?

Banyak sekali perubahannya ya semeton

Berbagai potret dulu dan kini bangunan dan jalan-jalan di Bali (Dok. IDN Times/Istimewa, IDN Times/Wayan Antara))

Klungkung, IDN Times - Klungkung sejak dahulu dikenal sebagai pusat dari kerajaan di Bali. Hal ini membuat beberapa fotografer asal Belanda, sengaja pergi ke Klungkung dan mengabadikan beberapa foto tentang suasana dan kehidupan sehari-hari masyarakat. Nah berikut di bawah ini sejumlah potret Klungkung pada tahun 1920 disandingkan dengan kondisi terkini tahun 2020.

1. Potret sisi timur Kerta Gosa Klungkung pada tahun 1920 dan 2020

Foto suasana situs Kertha Gosa tahun 1920 an, serta foto ditempat serupa tahun 2020 (Pintrest.com/toerist, IDN Times/Wayan Antara)

Suasana di sisi timur Kertha Gosa Klungkung. Kertha Gosa merupakan bagian dari bangunan komplek Puri Semarapura dan telah dibangun sekitar tahun 1686 oleh peletak dasar kekuasaan dan pemegang tahta pertama Kerajaan Klungkung yaitu Ida I Dewa Agung Jambe.

Kerta Gosa terletak di jantung kota Semarapura dan merupakan peninggalan kerajaan Klungkung. Dahulu bangunan ini berfungsi sebagai tempat sidang raja-raja dari seluruh Bali. Sidang tersebut diadakan setiap purnama keempat dalam satu tahunnya.

Dalam perjalanannya, kawasan Kertha Gosa sudah melewati beberapa kali penataan. Meskipun begitu, tidak ada perubahan atas keaslian bangunan bale ini.

2. Potret Pura Goa Lawah yang didirikan oleh Empu Kuturan, kondisi pada tahun 1920 dan 2020

Foto suasana di Pura Goa Lawah, Klungkung sekitar tahun 1920an. Serta fotonya ditahun 2020 (Website/wikipedia.com, IDN Times/Wayan Antara)

Secara historis Pura Goa Lawah didirikan oleh Empu Kuturan pada abad ke sebelas. Pura yang terletak di Pantai Goa Lawah ini termasuk salah satu Sad Khayangan yang terletak di arah Tenggara.

Selain itu, Pura Goa Lawah juga disebutkan menjadi tempat Ida Padanda Sakti Wawu Rauh atau Dangyang Nirata untuk melakukan tirta yatra pada abab ke XVI. Hal ini terbukti dengan ditemukannya Padmasana di Pura Goa Lawah.

Karena termasuk salah satu Pura Sad Khayangan di Bali, masyarakat dari berbagai daerah bersembahyang di pura ini. Selain itu, pura ini juga dikenal dengan keindahan dan keunikannya karena memiliki goa yang dipenuhi kelelawar di tengah area Pura.

3. Suasana ruas jalan raya Banjarangkan Klungkung pada tahun 1920 dibandingkan dengan 2020

Foto ruas jalan Banjarangkan, Klungkung sekitar tahun 1930an. Di sampingnya merupakan foto di jalan yang sama pada tahun 2020 (Dok. Leiden University, IDN Times/Wayan Antara)

Foto ini merupakan suasana di ruas jalan raya Banjarangkan Klungkung. Sebelum adanya by pass Ida Bagus Mantra, ruas jalan tersebut merupakan ruas jalan utama yang menghubungkan akses dari Klungkung menuju Gianyar dan Denpasar

4. Suasana pusat pertokoan di Klungkung pada tahun 1920 sangat berbeda dengan tahun 2020

Potret perempatan catus pata di Kota Semarapura Klungkung sekitar tahun 1930 an. Beserta foto di posisi yang sama tahun 2020 (Dok. Leiden University, IDN Times/Wayan Antara)

Foto ini merupakan gambaran suasana perempatan catus pata Kota Semarapura. Tampak suasana di Jalan Diponogoro, yang saat ini menjadi pusat pertokoan di Klungkung.

Berita Terkini Lainnya