TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sikapi Kerusuhan Papua, Cak Imin Ingin Indonesia Perkuat Kebersamaan

Kebersamaan dan toleransi mulai menurun. Sepakat gak?

IDN Times/istimewa

Badung, IDN Times - Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Papua Barat di Manokwari, Papua, Senin (19/8) pagi. Kebakaran diduga dibakar oleh massa demonstran karena motif aksi penanganan mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.

Wakil Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Muhaimin Iskandar, menanggapi kerusuhan di Papua, Senin (19/8). Menurutnya bangsa Indonesia harus mulai memperkuat lagi persatuan dan persaudaraan.

Baca Juga: Jawaban Mahasiswa Papua Soal Membuang Bendera Merah Putih di Surabaya

1. Kebersamaan dan toleransi di Indonesia menurun

IDN Times/Imam Rosidin

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengaku prihatin dengan kejadian tersebut. Ia menilai tingkat kebersamaan, maupun toleransi di Indonesia mulai menurun.

"Sungguh kita sangat bersedih, prihatin dan ini menyadarkan kepada kita, berarti tingkat kebersamaan, maupun toleransi kita mulai menurun. Persaudaraan, kekeluargaan kita agak rawan atau mengalami ancaman," kata dia saat meninjau lokasi Muktamar PKB V di Nusa Dua, Senin (19/8) sore.

2. Kita benar-benar harus perkuat kembali ikatan persaudaraan, dan kekeluargaan sesama warga bangsa

Dok. IDN Times/Istimewa

Untuk itu, ia meminta agar semua elemen bangsa kembali memperkuat ikatan persaudaraan. Sehingga peristiwa-peristiwa seperti di Papua tidak terulang lagi.

"Kita benar-benar harus perkuat kembali ikatan persaudaraan, kekeluargaan sesama warga bangsa. Saya prihatin. Ayo kita segera merajut kembali persatuan dan persaudaraan kita. Semua bangun solidaritas kembali," katanya.

Baca Juga: Polisi Buru Akun Media Sosial Diduga Provokator Kerusuhan Manokwari

Berita Terkini Lainnya