Disebut Membuang Bendera Merah Putih, Ini Kata Mahasiswa Papua

Gambar itu menyulut emosi warga

Surabaya, IDN Times - Sebuah gambar yang menunjukkan bendera merah putih dibuang di dalam selokan di depan Asrama Mahasiswa Papua bikin heboh. Gambar ini sontak menjadi ramai dibagikan di grup-grup Whatsapp dan Facebook. Ratusan orang pun menggeruduk AMP akibat gambar tersebut dan menduga mahasiswa Papua yang membuangnya.

1. Salah satu mahasiswa membenarkan menurunkan bendera

Disebut Membuang Bendera Merah Putih, Ini Kata Mahasiswa PapuaIDN Times/Fitria Madia

IDN Times menghubungi salah satu mahasiswa Papua yang berada di dalam AMP. Mahasiswa bernama Noflin itu membenarkan bahwa bendera tersebut diturunkan dari tiangnya oleh mahasiswa Papua. "Benar," jawabnya singkat ketika ditanyai kebenaran kabar tersebut melalui sambungan telepon, Jumat (16/8).

2. Bendera disebut hanya diturunkan bukan dirusak

Disebut Membuang Bendera Merah Putih, Ini Kata Mahasiswa PapuaIDN Times/Fitria Madia

Pengurus Aliansi Mahasiswa Papua lainnya, Dorlince Iyowau ketika dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa bendera tersebut hanya diturunkan, bukan dirusak seperti kabar yang beredar. Hal ini dikarenakan bendera berada di lingkungan asrama dan bukan mereka yang memasangnya.

"Beritanya salah mbak, bukan kawan-kawan AMP yang merusak atau merobek tapi diturunkan karena itu masih dalam lingkungan asrama bukan di jalan umum seperti yang dibilang ormas dan aparat," ujarnya melalui pesan singkat.

3. Tak mengetahui siapa yang menurunkan bendera

Disebut Membuang Bendera Merah Putih, Ini Kata Mahasiswa PapuaIDN Times/Fitria Madia

Dorlince menambahkan bahwa pihaknya tidak tahu siapa yang menurunkan bendera merah putih hingga menyulut amarah warga Surabaya tersebut. Yang ia ketahui hanya aparat yang tiba-tiba mendatangi AMP.

"Soal oknumnya gak tau dari siapa. Kami di sini tidak tahu menahu soal bendera karena yang menurunkannya gak tau. Tapi karena kami yg sedang di dalam asrama jadi kami yang dituduh merusak dan mereka TNI, SATPOL PP, dan ormas datang dengan reaksioner menuduh kami tanpa pendekatan hukum," lanjutnya.

Baca Juga: Polri Fokus Amankan Lokasi Pengibaran Bendera, Termasuk Papua

4. Tidak membenarkan bahwa mahasiswa Papua yang menurunkan bendera

Disebut Membuang Bendera Merah Putih, Ini Kata Mahasiswa PapuaIDN Times/Fitria Madia

Berikutnya, Dorlince tidak membenarkan pernyataan mahasiswa Papua yang menurunkan bendera tersebut. Ia pun menyayangkan sikap warga dan aparat yang seolah-olah menyalahkan mereka.

"Bukan Mbak, kami dari luar masuk ke asrama lagi duduk-duduk santai baru dikagetkan dengan kedatangan tentara yang menendang-nendang pintu asrama. Kami ajak negosiasi, dia mintanya langsung beradu fisik dan suruh kami keluar, sementara kami tidak tahu menahu soal penurunan bendera tersebut apa lagi oknumnya," tutupnya.

Baca Juga: Diduga Buang Bendera Merah Putih, Ratusan Orang Serang Mahasiswa Papua

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya