TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Antisipasi Corona, Dinkes Bali Sediakan Stok Tamiflu

Lebih baik jaga kesehatan dari sekarang ya

unsplash.com/Adam Nieścioruk

Denpasar, IDN Times – Kepala Dinas Kesehatan Bali, dr Ketut Suarjaya, menegaskan pihaknya menyediakan stok obat generik Tamiflu (Obat Antivirus Influenza), meski corona virus type baru yang menyebabkan pneumonia berat, kasusnya belum ditemukan di Bali. Berikut penjelasannya:

1. Bali dinyatakan masih aman dari kasus pneumonia berat asal Wuhan, Tiongkok

Pexels.com/samer daboul

Corona virus yang menyebabkan penyakit pneumonia berat diharapkan tidak menjangkit di wilayah Bali.

“Bali. Kami sudah siagakan. Masih. Masih aman. Semoga tidak masuk ke sini. Kami aktifkan surveillance-nya pengamatan penyakitnya,” tegasnya, Kamis (23/1) lalu.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga telah memasang dua buah thermal scanner, untuk mendeteksi suhu badang penumpang yang baru saja tiba di Bali.

2. Sediakan Tamiflu sebanyak 5000 obat. Wisatawan yang terdeteksi thermal scanner di bandara bakal diperiksa intensif sampai perawatan di ruang isolasi

Dok.IDN Times/istimewa

Suarjaya menyebutkan telah menyediakan 5000 Tamiflu (Versi generik pertama oseltamivir fosfat) untuk mengantisipasi pneumonia ini.

“Obatnya siap Tamiflu cukup di provinsi 5000. Di layanan juga ada. Kami siap,” jelasnya.

Apabila nantinya ditemukan wisatawan dengan indikasi thermal scanner mengalami panas tinggi, maka akan segera diperiksa. Pemeriksaan lebih lengkap bakal dilakukan secara karantina di ruang isolasi dengan menggandeng Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar.

“Nanti diperiksa lebih lengkap lagi di karantina kesehatan. Dengan gejala-gejalanya kalau mengarah infeksi paru ya kami rujuk ke Sanglah untuk diisolasi dan periksa laboratorium,” terangnya.

3. Petugas di Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai wajib pakai masker

unsplash.com/maryyalong

Communication and Legal Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, menyebutkan bahwa semua petugas bandara yang bekerja di Terminal Kedatangan Internasional telah mengenakan masker, sebagai bentuk pencegahan penyebaran corona virus.

4. Thermal Scanner di Pelabuhan Benoa belum dipasang. Bakalan dipasang begitu ada kapal dari luar negeri berlabuh

IDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Sementara itu untuk mendukung kewaspadaan dini terhadap penyebaran corona virus, Pelabuhan Benoa sudah disiagakan satu unit thermal scanner. Alat tersebut bakal dipasang sewaktu-waktu apabila ada kapal yang datang dari luar negeri (Tiongkok).

Baca Juga: Waspada! Corona Virus Penyebab Pneumonia Berat Ditularkan Lewat Ikan

Berita Terkini Lainnya