TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Antisipasi Corona, 2 Maskapai Hanya Layani Pengangkutan Denpasar-Wuhan

Mantap. Semoga Corona tidak sampai masuk ke Bali ya

IDN Times/Irma Yudistirani

Badung, IDN Times – Kepala Seksi Angkutan Udara Otoritas Bandara IV, Puguh Lukito, kepada IDN Times menyampaikan bahwa salah satu maskapai yang melayani penerbangan rute Denpasar-Wuhan (DPS-WUH) tetap terbang mengangkut penumpang meski tengah merebak isu penyebaran Virus Corona asal Wuhan, Tiongkok. Hal tersebut disampaikannya pada Jumat (24/1), menyusul adanya Siaran Pers nomor 16/SP/KSIHU/I/2020 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Berikut penjelasannya:

1. Ada dua maskapai yang melayani penerbangan rute langsung DPS-WUH. Apa saja ya?

Instagram.com/sriwijayaair

Puguh menyebutkan, operator yang beroperasi dengan rute penerbangan langsung DPS-WUH ada dua maskapai. Yaitu PT Lion Mentari Airlines dan PT Sriwijaya Airlines.

Baca Juga: Antisipasi Corona, Dinkes Bali Sediakan Stok Tamiflu

2. Sriwijaya Air lakukan suspend sejak Kamis sampai waktu yang tidak ditentukan

Ilustrasi penerbangan. (IDN Times/Sidratul Muntaha)

Dari informasi yang diterima Puguh, bahwa Sriwijaya Air melakukan suspend (Menunda) rute tujuan DPS-WUH sejak Kamis (23/1) hingga waktu yang tidak ditentukan.

Untuk diketahui dalam kurun waktu seminggu, Sriwijaya Airterbang menuju Wuhan dengan pesawat nomor penerbangan SJ 1124 pada hari Rabu dan STD 16.50 UTC. Sementara pesawat akan kembali ke Denpasar pada Kamis dengan nomor penerbangan SJ 1125.

“Berdasarkan penjelasan dari Manajemen Operatornya dilakukan suspend sampai waktu yang tidak ditentukan,” terangnya.

3. Lion Air tetap terbang dengan sistem ferry flight rute balik WUH ke DPS

IDN Times/Candra Irawan

Sedangkan operator PT Lion Air memilih tetap terbang dengan pengangkutan penumpang rute DPS-WUH (Outbound). Namun begitu rute balik WUH-DPS statusnya berganti ferry flight.

“Keterangan dari Manager Area tetap beroperasi rute DPS-WUH. Hanya saja mengangkut penumpang. Penerbangan balik WUH-DPS tidak mengangkut penumpang atau dalam status ferry flight. Sampai 26 Januari ini,” ungkapnya.

Lion Air sendiri memiliki tiga penerbangan pada hari Rabu, Jumat dan Minggu dengan tipe pesawat B739 dan nomor penerbangan JT 2619 (DPS-WUH) dan JT 2618 (WUH-DPS).

4. Ditjen Perhubungan Udara: maskapai Indonesia untuk sementara waktu tidak bisa melakukan penerbangan dari dan ke Kota Wuhan

IDN Times/Holy Kartika

Menindaklanjuti NOTAM G0108/20 yang diterbitkan oleh International Notam Office Beijing Ditjen Perhubungan Udara menyampaikan bahwa maskapai Indonesia yang melakukan penerbangan dari dan ke Kota Wuhan, untuk sementara tidak dapat melakukan penerbangan ke kota tersebut.

Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, menegaskan bahwa akan melakukan antisipasi penyebaran virus Pneumonia melalui jalur penerbangan.

"Kami telah melakukan koordinasi intensif kepada seluruh maskapai penerbangan di Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus pneumonia masuk ke Indonesia melalui aktivitas penerbangan," jelas Polana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/1).

Baca Juga: Bali Belum Lakukan Pembatasan Wisatawan Tiongkok Seperti Thailand

Berita Terkini Lainnya