Anak 9 Tahun Jadi Korban Kebakaran Usaha Sanggah di Badung

Korban tidak dapat diselamatkan

Badung, IDN Times – Satu unit rumah tinggal di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, terbakar pada Senin (31/7/2023) sekitar pukul 07.00 Wita. Rumah milik Kadek Budi Adnyana (55) tersebut juga digunakan sebagai Gudang UD Sumber Rejeki yang bergerak di bidang pembuatan sanggah berbahan pasir, dan kayu.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono, menyatakan dalam peristiwa ini, satu orang anak laki-laki bernama Ketut Sukawitama (9) meninggal dunia.

1. Korban sedang tertidur di kamar, berdampingan dengan kamar yang terbakar

Anak 9 Tahun Jadi Korban Kebakaran Usaha Sanggah di BadungEvakuasi korban kebakaran di lokasi usaha pembuatan sanggah, anak 9 tahun (Dok.IDN Times/istimewa)

Seorang pekerja di sana Gede Merta (29), merasakan panas sekitar pukul 07.00 Wita. Saksi kemudian keluar kamar dan melihat api membesar di kamar paling timur. Saksi berteriak hingga membangunkan pemilik usaha, Kadek Budi Adnyana. Ia berusaha menyelamatkan anaknya yang saat itu berada tepat di kamar sebelah lokasi kamar terbakar.

“Api sudah besar hendak menolong anak (korban meninggal) yang masih tertidur, tidak bisa dilakukan,” ungkap Teguh.

2. Bangunan terbuat dari kayu dan triplek

Anak 9 Tahun Jadi Korban Kebakaran Usaha Sanggah di BadungLokasi kebakaran di tempat usaha pembuatan sanggah (Dok.IDN Times/istimewa)

Saksi lain yang berdekatan dengan lokasi kemudian membantu memadamkan api menggunakan selang. Sekitar pukul 08.30 Wita, pemadam kebakaran tiba di lokasi, dan berupaya memadamkan api di rumah yang memiliki 4 kamar tersebut.

“Rumah tersebut terdiri dari 4 kamar berbentuk L terbuat dari kayu dan triplek, serta beratap seng,” jelas Teguh.

Kamar pertama sebagai lokasi awal kebakaran merupakan kamar orangtua, dan istri Kadek Budi Adnyana. Kamar kedua merupakan kamar korban meninggal dan Kadek Budi Adnyana. Kamar ketiga ditempati oleh pekerja. Sedangkan kamar keempat ditempati oleh anak Kadek Budi Adnyana, yang saat itu sedang ke pasar.

3. Penyebab kebakaran masih diselidiki

Anak 9 Tahun Jadi Korban Kebakaran Usaha Sanggah di Badungilustrasi api (pexels.com/Jens Mahnke)

Selain korban jiwa, bangunan kamar sebanyak 4 unit, mobil Xenia, dan tiga unit sepeda motor ludes terbakar. Peristiwa ini masih dalam penyelidikan Unit Ident Polres Badung dan Bidlabfor Polda Bali.

“Penyebab kebakaran masih kami lakukan penyelidikan, dan olah TKP,” kata Teguh.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya