Comscore Tracker

5 Bahan Dapur yang Ampuh Buat Bersihkan Isi Rumah

Tanpa ribet deh jadinya!

Bahan-bahan yang terdapat di dapur ternyata memiliki beragam manfaat tak terduga lho. Selain untuk kebutuhan masakan, bahan-bahan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan rumah.

Belakangan ini mulai banyak orang yang beralih untuk membuat pembersih sendiri dibandingkan harus membeli. Selain simpel, juga karena tidak memakai bahan kimia yang berbahaya. Lalu apa saja bahan dapur yang bisa digunakan untuk pembersih isi rumah? Simak dulu di bawah ini yuk!

Baca Juga: 5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemon

1. Soda kue

5 Bahan Dapur yang Ampuh Buat Bersihkan Isi Rumahilustrasi soda kue atau baking soda (pixabay.com/NatureFriend)

Baking soda ternyata dapat membantu mengurangi bau tidak sedap dan membantu untuk membersihkan noda pakaian sebagai pengganti deterjen sekaligus memberikan kelembutan pada pakaian. Dikutip dari laman Good House Keeping, soda kue bermanfaat sebagai pembersih dapur.

Caranya cukup siapkan 4 sendok makan soda kue dan 1 liter air hangat, kemudian campur dan gunakan untuk menyemprotkan meja dapur, bagian dalam kulkas, serta mengilapkan wastafel. Sedangkan untuk menghilangkan bau tak sedap, langsung tuangkan soda kue pada tempat yang diinginkan, misalnya tempat sampah.

2. Lemon 

5 Bahan Dapur yang Ampuh Buat Bersihkan Isi Rumahilustrasi lemon (freepik.com/freepik)

Lemon terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, ternyata air lemon sangat bermanfaat untuk membersihkan berbagai peralatan dapur, terutama berbahan kuningan.

Caranya, siapkan air lemon dan sedikit garam, lalu spons yang dibasahi air. Setelah itu, langsung gosokkan pada lapisan benda yang akan dibersihkan, lalu keringkan dengan lap bersih.

3. Garam 

5 Bahan Dapur yang Ampuh Buat Bersihkan Isi RumahIlustrasi garam kasar (pixabay.com/Logga Wiggler)

Garam merupakan bahan yang pasti sudah ada di dalam dapur karena hampir semua masakan membutuhkan garam. Ternyata garam juga bermanfaat untuk membantu membersihkan peralatan rumah lho!

Biasanya garam dapat digunakan sebagai campuran pembersih, seperti perpaduan garam dengan cuka dan garam dengan larutan air lemon. Kegunaan garam untuk menghilangkan karat dan jamur.

4. Cuka 

5 Bahan Dapur yang Ampuh Buat Bersihkan Isi RumahIlustrasi cuka apel (freepik.com/rawpixel-com)

Cuka adalah pembersih alami yang dapat digunakan sebagai pelembut pakaian maupun menghilangkan noda. Jika ingin menghilangkan noda lantai dengan mudah, larutan cuka dapat dijadikan alternatif pembersih alami yang murah.

Cuka juga dapat membersihkan toilet dengan cara mencampurkan soda kue dengan hati-hati sehingga akan menghasilkan busa.

5. Borak

5 Bahan Dapur yang Ampuh Buat Bersihkan Isi Rumahilustrasi borax (smallfootprintfamily.com)

Borak dapat digunakan untuk penghilang noda sekaligus pengganti pemutih pada pakaian. Bahan ini biasanya digunakan sebagai campuran produk pembersih di sektor industri.

Caranya, cukup tuangkan ½ cangkir bubuk boraks, ditambah ½ perasan air lemon. Kemudian gunakan sebagai pembersih alami. Perlu diingat bahwa borak tidak aman untuk peralatan berbahan marmer atau granit.

Berbagai bahan yang ada di dapur ternyata mengandung berbagai jenis manfaat seperti pembersih alami. Namun, perlu diperhatikan tidak semua jenis perabotan rumah tangga dapat dibersihkan dengan bahan-bahan tersebut.

Sebelum meracik bahan dan menggunakannya, coba pada bagian yang tidak terlalu terlihat lebih dahulu untuk percobaan. Selamat mencoba ya.

wulan dari Photo Community Writer wulan dari

Halo Saya Wulandari umur 23 tahun kuliah pada bidang Sastra Indonesia. Sejak lulus saya mendalami dunia jurnalistik baik penulisan artikel maupun tulisan non fiksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya