Comscore Tracker

Viral Bonsai Melayang di Bali, Terinspirasi dari Film Avatar

Wah, keren sih ini!

Badung, IDN Times - Pohon bonsai milik seorang warga Banjar Pande, Desa Mengwi, Kabupaten Badung mendadak viral di media sosial (Medsos). Beda dari yang lain, bonsai itu dibuat seakan-akan melayang dengan rantai besi sebagai penopangnya.

Pengonsepnya memberinya nama Bonsai Avatar. Karena bentuknya menyerupai sebuah pulau melayang dalam serial film Avatar. Berikut fakta-fakta unik bonsai melayang di Bali.

Baca Juga: 4 Bait Tembang Bali yang Menyelipkan Pesan Kehidupan, Biar Bijaksana

1. Terinspirasi dari film Avatar

Viral Bonsai Melayang di Bali, Terinspirasi dari Film AvatarZizuhotel.ru

Kreator konsep Bonsai Avatar, Kadek Sudima Yasa, menggarapnya bersama teman-teman karena terinspirasi dari kegemarannya menonton film Avatar. Dalam film itu, ia melihat pulau kecil yang melayang. Dari sanalah ia berinisiatif membuat bonsai yang bisa melayang.

"Saya berusaha membuat semirip mungkin, agar sesuai dengan cerita di film Avatar. Kalau saya lihat, ada pulau yang melayang di film Avatar, seperti bonsai ini," ungkap Sudima Yasa, Jumat (3/9/2021).

2. Ide ini sudah digagas sejak dua tahun lalu

Viral Bonsai Melayang di Bali, Terinspirasi dari Film AvatarDok.IDN Times/Istimewa

Yasa mengaku sudah menggagas konsep tersebut sejak dua tahun lalu. Butuh waktu lama untuk membentuk pohonnya. Namun pengerjaan rantai penyangganya sendiri hanya memakan waktu lima hari.

"Sebenarnya Bonsai Avatar ini sudah yang ketiga. Sementara yang keempat masih 30 persen rampung," ungkapnya.

Rencananya, Sudima akan membuat enam Bonsai Avatar. Lalu selanjutnya ia akan mengkreasi bonsainya dengan konsep lain.

"Kalau Bonsai Avatar ketiga dan keempat pakai rantai penopangnya. Nanti yang kelima, kami rencanakan seakan-akam bonsainya ditopang oleh air," jelasnya.

3. Perlu kesabaran dan ketekunan untuk berkreasi dengan bonsai

Viral Bonsai Melayang di Bali, Terinspirasi dari Film AvatarDok.IDN Times/Istimewa

Yasa menggeluti seni bonsai sejak 20 tahun lalu. Menurutnya bonsai tidak sekadar hobi. Tetapi juga sebagai media untuk menjaga kesabaran dan ketekunan.

"Sebenarnya tidak ada kesulitan merawat bonsai, asal kita sabar dan tekun. Semakin tekun, semakin bisa bisa berhasil berkreasi pada bonsai," katanya.

Ia pun berpesan agar jangan pernah takut dan ragu untuk membuat kreasi bonsai.

"Risiko selalu ada, tapi jangan pernah takut. Berkreasilah sampai benar-benar berhasil menciptakan konsep bonsai yang diinginkan."

Baca Juga: 7 Doa Agama Hindu Supaya Mendapatkan Kedamaian Hidup

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya