Comscore Tracker

5 Dampak Terlalu Mementingkan Pengakuan dari Orang Lain

Belum mendapat pengakuan bukan berarti kamu gagal

Terkadang mendapat pengakuan dari orang lain itu menyenangkan. Kamu merasa orang lain melihat kerja keras, usaha, dan prestasimu. Meski demikian, terlalu mementingkan mendapat pengakuan dari orang lain juga tidak baik.

Berikut di bawah ini adalah lima hal yang akan terjadi jika kamu terlalu mementingkan pengakuan dari orang lain, penasaran? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lain

Baca Juga: 5 Ciri Seseorang Sedang Meremehkanmu, Banyaklah Bersabar

1. Kurang peka melihat situasi

5 Dampak Terlalu Mementingkan Pengakuan dari Orang LainIlustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/George-pak)

Kurang peka melihat situasi menjadi dampak ketika kamu terlalu mementingkan pengakuan dari orang lain. Misalnya, ketika harus mengerjakan tugas kelompok di sekolah. Kamu memilih mengerjakan semuanya sendiri, serta tidak percaya terhadap pekerjaan teman kelompokmu.

Hal itu memang membuatmu otomatis mendapatkan pengakuan. Namun tugas kelompok bukan pekerjaan yang diselesaikan seorang diri. Ada tim yang harus terlibat di dalamnya, dan kamu harus peka dengan hal ini. Sikapmu itu akan membuat teman kelompok kurang percaya diri, karena menganggap pekerjaan mereka tidak diterima.

2. Selalu ingin menjadi pusat perhatian

5 Dampak Terlalu Mementingkan Pengakuan dari Orang LainIlustrasi sedang bekerja (pexels.com/Kampus)

Untuk mendapat perhatian orang lain bisa saja seseorang harus melakukan segala hal. Satu di antaranya membuat dirinya lebih menonjol dalam sebuah lingkungan. Kamu merasa berbeda dari orang lain, serta memiliki kelebihan yang harus dilihat oleh banyak orang.

Hal ini membuat kamu semakin ingin menunjukkan diri. Ini memang bukan hal yang salah. Namun ketika hal itu sampai merugikan orang lain, cobalah untuk mengontrol ambisi kamu kembali.

3. Mudah merasa tersaingi

5 Dampak Terlalu Mementingkan Pengakuan dari Orang LainIlustrasi melihat orang lain (pexels.com/Tima-miroshnichenko)

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang membandingkan diri dengan orang lain, satu di antaranya untuk mendapat pengakuan. Ketika melihat orang yang sukses dan mendapat perhatian lebih banyak, bisa saja membuat seseorang langsung merasa tersaingi.

Kamu yang awalnya percaya diri jika orang lain mengikuti keputusanmu dan menganggap paling hebat, akan merasa tersaingi jika seseorang yang lebih bertalenta masuk ke dalam lingkunganmu. Alhasil kamu akan mulai memandingkan diri dengan orang tersebut.

4. Merasa iri

5 Dampak Terlalu Mementingkan Pengakuan dari Orang LainIlustrasi sedang marah (pexels.com/Liza-summer)

Rasa iri terhadap orang lain memang bukan hal yang baik. Rasa iri menimbulkan banyak pikiran negatif. Perasaan tidak suka terhadap seseorang juga akan semakin besar, terlebih lagi ketika merasa dia lebih unggul.

Mungkin orang tersebut tidak melakukan hal yang salah, namun kamu terlalu terpaku untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Alhasil semua hal yang dilakukan orang tersebut akan kamu anggap tidak lebih baik dari yang kamu lakukan.

5. Merasa tertekan

5 Dampak Terlalu Mementingkan Pengakuan dari Orang LainIlustrasi sedang lelah (pexels.com/Olly)

Kamu akan merasa tertekan ketika terpaku untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Bukan hanya ingin orang lain melihat kinerja dan keunggulan, kamu juga mungkin akan merasa tersaingi oleh orang lain.

Apa yang kamu kerjakan akhirnya semata-mata hanya untuk mendapat pengakuan orang lain. Makanya tak jarang hal itu membuat kamu menjadi lelah sendiri. Alhasil tidak menutup kemungkinan kamu akan merasa tertekan dengan apa yang dikerjakan.

Mendapat pengakuan dari orang lain atas kerja keras memang menjadi kebanggaan tersendiri. Namun gak semua hal harus mendapat pengakuan juga lho.

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya