Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 5 Cara Merawat Kesehatan Mental

Gak hanya kesehatan fisik yang penting lho!

Kesehatan mental sangat penting diperhatikan dalam menjalani kehidupan ini. Seiring bertambah dewasa, seseorang semakin banyak dihadapkan pada tuntutan hidup yang harus dicapai. Mulai dari sekolah, kuliah, maupun bekerja, dan bahkan menikah. Berbagai ekspektasi dari diri sendiri maupun lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Memang kadang ada hari yang menyenangkan, namun kadang ada juga hari yang menyedihkan. Bagaimana kita mengelola emosi tersebut untuk menjaga kesehatan mental, merupakan hal yang paling penting. Dilansir dari kanal YouTube  Psych2go, berikut 5 cara terbaik untuk merawat kesehatan mental:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Ambil jeda istirahat dari rutinitas

Sering Diabaikan, 5 Cara Merawat Kesehatan Mentalilustrasi istirahat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Istirahat sangat penting di sela kesibukan aktivitas sehari-hari. Selain untuk menjaga kesehatan fisik, istirahat juga dapat meningkatkan produktivitas, energi, motivasi, bahkan konsentrasi dalam bekerja.

Saat istirahat, usahakan fokus untuk merilekskan badan, karena memang tubuh dan jiwamu memerlukan istirahat. Jangan kamu sesekali mencampurinya dengan urusan pekerjaan. 

2. Biasakan mempunyai waktu untuk me time

Sering Diabaikan, 5 Cara Merawat Kesehatan Mentalilustrasi me time (pexels.com/Karolina Grabowska)

Me time penting disempatkan setiap hari walaupun hanya bisa dilakukan beberapa menit saja. Mudah saja, me time dapat dengan hanya mengambil waktu sendiri, ambil napas panjang dan menikmati momennya.

Cara ini akan membantumu meregulasi emosi dan tubuh sebagai relaksasi dan refleksi setiap harinya.

3. Luangkan waktu untuk mengatasi hal yang mengganggu

Sering Diabaikan, 5 Cara Merawat Kesehatan Mentalilustrasi curhat dengan teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Bagaimana kamu merespons masalah yang terjadi merupakan bagian yang esensi dalam keseharian. Entah itu hal yang menggangu diri sendiri atau dari lingkungan, perlu kita mengelolanya dengan cara yang sehat dibandingkan menyalahkan keadaan.

Contohnya dengan journaling, menggambar, atau curhat dengan seseorang yang kamu percaya. Hal tersebut akan membantumu berdamai dengan keadaan.

4. Menyendiri tetapi bukan berarti kesepian

Sering Diabaikan, 5 Cara Merawat Kesehatan Mentalilustrasi jogging sendiri (pexels.com/Pixabay)

Menyendiri maksudnya menikmati waktu kita sendiri. Konteksnya hampir sama seperti me time. Kita menyadari terkadang butuh waktu sendiri untuk mengenali diri kita sendiri.

Hal tersebut akan membantu mengurangi distraksi, menambah pengalaman baru, bahkan meningkatkan kreativitas dan kemandirian.

5. Percaya pada proses

Sering Diabaikan, 5 Cara Merawat Kesehatan Mentalilustrasi berproses kerja (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Penting bagi kita percaya bahwa kita selalu berproses lebih baik dari kemarin dan mampu untuk melakukan hal yang kita targetkan. Dengan percaya pada proses, akan membantumu terus konsisten.

Ini juga akan membantu memvalidasi setiap proses yang kita capai dalam kehidupan sehingga tidak terlalu memaksakan diri dalam memenuhi target yang kita buat.

Nah, itu 5 tips untuk merawat kesehatan metal kita. Percayalah setiap orang mempunyai caranya masing-masing. Yuk jaga kesehatan mental, bukan hanya untuk kita sendiri, tetapi juga untuk memberikan lebih banyak hal positif bagi sekitar kita.

Siti Nur Holifah Photo Community Writer Siti Nur Holifah

Mahasiswa yang mulai dan sedang mengembara di quarter life of crisis, ingat kata Youngk harus stay healthy and stay happy!!! Semangat kawan!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya