Comscore Tracker

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindari

Menjaga kesehatan mental sama halnya dengan kesehatan fisik

Isu kesehatan mental sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang penting dan perlu mendapat perhatian yang serius. Banyak orang mengalami berbagai masalah kesehatan karena kondisi mental mereka terganggu. Berawal dari pikiran, kemudian berpengaruh pada fisik. 

Sesungguhnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi itu terjadi. Nah berikut ini beberapa hal yang seharusnya segera dihindari untuk menjaga kesehatan mental agar tidak terganggu:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Jangan berekspektasi yang berlebihan

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi ekspektasi(pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Berekpektasi tidaklah salah, namun jangan berlebihan. Ekpektasi yang berlebihan justru akan menimbulkan kekecewaan. Saat sesuatu tidak berjalan sesuai dengan apa yang kamu ekspektasikan, maka akan merasakan kesedihan, bahkan sangat mungkin bakal menjadi marah.

Jika sikap ini tidak segera kamu hindari, tentunya berdampak buruk untuk kesehatan dan mental. Karenanya, agar mental tetap sehat, kamu perlu mengurangi kebiasaan selalu berekspektasi tinggi.

Cobalah untuk berpikir realistis sebab hal itu dapat membantu kamu untuk menerima kenyataan yang ada. Selain itu, kamu juga bakal mengurangi perasaan kecewa jika ada sesuatu hal yang tidak sesuai harapan. 

2. Kebiasaan membandingkan diri 

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi diskusi(pexels.com/ Tirachard Kumtanom)

Jika ingin mental kamu tetap sehat, hilangkan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Kamu tidak akan pernah sama dengan orang lain. Semakin membandingkan diri dengan orang lain, hanya akan membuat kamu menjadi pribadi yang tidak pandai bersyukur.

Ingatlah, setiap orang punya kemampuan dan pencapaian yang berbeda-beda. Untuk itu, cobalah belajar bersyukur dengan apa yang kamu miliki. Itu adalah cara terbaik agar kamu tidak lagi membandingkan diri dengan orang lain.

3. Kebiasaan bergantung pada orang lain

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi tenggelam(pexels.com/Luca Nardone)

Hindarilah kebiasaan untuk bergantung pada orang lain jika kamu ingin menjaga kesehatan mental. Cobalah untuk belajar madiri dan tidak bergantung pada orang lain. Andalkan diri kamu sendiri dalam melakukan berbagai hal.

Dengan menjadi pribadi yang mandiri, akan membuat kamu terhindar dari rasa kecewa dan sakit hati. Rasa kecewa dan sakit hati ini biasanya muncul saat kamu mengharapkan bantuan orang lain, namun ternyata orang itu tidak bisa membantu kamu.

Oleh sebab itu, agar mental kamu tetap sehat dan terhindar dari rasa kecewa maupun sakit hati, hindari kebiasaan bergantung pada orang lain dan belajarlah mengandalkan diri sendiri.

4. Menjalani hidup dengan standar orang lain

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi berbelanja(pexels.com/Gustavo Fring)

Jangan pernah menjadikan gaya hidup orang lain sebagai patokan untuk hidup kamu. Hidup dengan standar orang lain akan membuat kamu tidak bebas, lelah, bahkan mungkin tidak bahagia.

Kamu tidak akan bebas melakukan apa yang kamu inginkan. Kamu juga tidak akan bebas mengekspresikan diri kamu yang sebenarnya. Hal ini karena standar hidup yang kamu gunakan membuat takut dianggap berbeda dari orang lain.

Kamu juga akan lelah jika hidup dengan standar orang lain sebab demi terlihat sama dengan mereka, kamu pasti akan terus berusaha mengejar standar yang ada. Walaupun mungkin kemampuan kamu terbatas, kamu tidak peduli itu. Kebiasaan seperti ini, jika dibiarkan terus menerus akan sangat berbaya bagi kesehatan mental kamu.

5. Menuntut diri untuk selalu sempurna

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi berkaca(pexels.com/Ivan Oboleninov)

Pernahkah menuntut diri kamu untuk mampu melakukan segala hal tanpa ada kesalahan sedikitpun? Jika iya, berarti kamu adalah seseorang yang mempunyai sifat perfeksionis. Sikap di mana kamu dituntut untuk terlihat sempurna dalam berbagai hal.

Sifat perfeksionis perlu kamu hindari jika ingin menjaga kesehatan mental. Sikap ini tanpa disadari memaksa kamu mempunyai standar yang tinggi dalam segala hal. Hal itu justru akan membuat kamu lelah.

6. Hal-hal yang terjadi di masa lalu

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi foto masa lalu(pexels.com/Lisa Fotios)

Jangan terus menerus terjebak pada masa lalu jika kamu ingin mental tetap sehat. Sadarilah bahwa kamu hidup untuk saat ini, bukan untuk masa lalu.

Semakin kamu terjebak dan mengingat-ingat hal yang terjadi di masa lalu, akan semakin membuat kamu takut menghadapi kenyataan yang ada saat ini dan yang akan datang.

Sadarilah bahwa kamu tidak akan pernah mengubah masa lalu. Tapi masa lalu dijadikan sebagai pelajaran hidup untuk menghadapi masa depanmu.

7. Orang-orang yang toxic

Demi Kesehatan Mental, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Hindariilustrasi toxic people(pexels.com/ Liza Summer)

Toxic people adalah orang-orang yang mempunyai perilaku negatif dan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kamu. Berada di lingkungan orang yang toxic bisa juga dapat menganggu kesehatan mental.

Menjauhlah jika di sekitar kamu ada orang-orang yang toxic. Hal ini agar kamu tidak terkena dampak negatif mereka yang dapat menganggu kesehatan mental kamu.

Kesehatan mental adalah hal penting untuk diperhatikan. Hindari hal-hal yang dapat menganggu mental kamu agar bisa lebih bahagia dalam menjalani kehidupan ini.

Rina DA Photo Community Writer Rina DA

Masih belajar dan maaf jika ada kesalahan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya