Comscore Tracker

5 Cara Mendetoks Pikiran dari Pengaruh Negatif, Mudah Kok!

Membangun mindset positif itu mudah lho

Pikiran adalah sumber kekuatan utama seseorang di dalam hidup. Kekuatan pikiran itu luar biasa, kamu bisa melakukan hal yang tak terduga, begitu juga sebaliknya. Pastikan kamu selalu menjaga pikiran agar tetap fokus dan berada dalam track yang seharusnya. Karena kalau tidak, kamu pasti akan kewalahan dengan pikiranmu sendiri.

Karena itu, kamu bisa mencoba lima cara mendetoks pikiran dari pengaruh negatif. Kamu perlu mendetoksifikasi pikiran agar tetap stay positive. Yuk, cari tahu apa saja di bawah ini!

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Teman Suka Mengatur, Tak Segan Rampas Kebebasan

1. Jadilah selektif dalam setiap hubungan sosial

5 Cara Mendetoks Pikiran dari Pengaruh Negatif, Mudah Kok!ilustrasi memilih teman (unsplash.com/brookecagle)

Kamu adalah cerminan dari pergaulan yang kamu pilih. Hal ini tidak hanya berlaku dalam dunia nyata, bahkan dunia maya sekalipun. Kamu harus bisa menentukan dengan siapa bergaul agar bisa membangun banyak hal positif dalam hidup.

Kamu tidak boleh membebani pikiran dengan orang yang membuatmu banyak merasa rendah diri. Secara berkala mulailah membatasi pertemanan yang tak memberimu hal bermanfaat.

Baca Juga: 5 Hal yang Memicu Tujuan Hidupmu Tidak Tercapai

2. Berhenti menghabiskan waktu di media sosialmu

5 Cara Mendetoks Pikiran dari Pengaruh Negatif, Mudah Kok!ilustrasi bermain media sosial (unsplash.com/austindistel)

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi diri di media sosial. Kamu tidak bisa terus menerus ‘memberi makan’ pikiranmu dengan rasa iri melihat orang lain. Media sosial bisa menjadi sangat toksik jika kamu tidak bisa mengendalikan diri.

Kamu mungkin akan terus membandingkan dirimu dengan orang lain yang terlihat lebih hebat segalanya darimu. Jadi, bijaklah dalam bermedia sosial!

3. Melakukan meditasi

5 Cara Mendetoks Pikiran dari Pengaruh Negatif, Mudah Kok!ilustrasi orang sedang meditasi (unsplash.com/jaredrice)

Meditasi bisa menjadi cara yang cukup efektif dalam membangun pola pikir positif. Kamu bisa menjadi fokus terhadap suatu hal, mencegah pikiran buruk dan negatif hadir di pikiranmu.

Kamu juga bisa mengendalikan diri dengan membuang semua pengaruh tidak baik yang mencoba mengusikmu. Kamu akan memiliki mindfulness, meningkatkan kemampuan untuk fokus terhadap hal yang banyak membutuhkan perhatian.

4. Katakan tidak ketika kamu memang tidak siap

5 Cara Mendetoks Pikiran dari Pengaruh Negatif, Mudah Kok!ilustrasi sebuah penolakan (unsplash.com/isaiahrustad)

Jangan merasa sungkan dan tidak enakan terhadap orang lain ketika kamu memang memang tidak siap. Kamu yang lebih mengetahui kesiapan dirimu dan bagaimana perasaanmu. Kamu bukan orang yang bertugas untuk selalu bisa membantu dan menyenangkan orang lain.

Jika benar-benar peduli pada diri sendiri, kamu harus berani untuk berkata tidak. Karena kamu punya hak atas dirimu sendiri.

5. Temukan kekuatan dari ‘berhenti sejenak’ dan fokus

5 Cara Mendetoks Pikiran dari Pengaruh Negatif, Mudah Kok!ilustrasi fokus terhadap sebuah objek (unsplash.com/pawelskor)

Setiap orang butuh waktu untuk berhenti sejenak dalam mengejar apa pun di hidupnya. Kamu butuh sesekali memikirkan strategi yang telah dibuat, apakah berjalan sesuai tujuan atau tidak. Kamu butuh waktu untuk mengatur ulang pikiran agar selalu jernih dan fokus terhadap hal-hal yang harus dikerjakan selanjutnya. Tak apa ketinggalan beberapa langkah untuk bisa berlari beribu-ribu langkah.

Itulah lima cara mendetoks pikiran dari pengaruh negatif agar kamu selalu fokus untuk berpikiran positif. Selain baik bagi dirimu, juga baik untuk masa depan.

It's Me, Sire Photo Community Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya