Comscore Tracker

Semangat Yuk! 5 Manfaat Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Kamu bakal punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan diri lho!

Apakah bangun pagi bisa digolongkan sebagai bagian dari gaya hidup? Ada orang yang memiliki kebiasaan bangun lebih awal di pagi hari. Namun ada juga orang yang baru bisa bangun saat sudah jelang siang hari. Biasanya mereka yang bangun terlambat, hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan diri menghadapi hari baru. 

Lalu bagaimana dengan kamu? Bangun lebih pagi ternyata bisa memberi banyak manfaat positif lho. Simak yuk di bawah ini manfaat bangun lebih awal di pagi hari:

Baca Juga: 5 Cara Mengawetkan Bunga, Bikin Cantiknya Lebih Tahan Lama

1. Menjadi lebih siap mengawali hari

Semangat Yuk! 5 Manfaat Bangun Lebih Awal di Pagi Hariilustrasi sebuah harapan (pexels.com/Cliford Mervil)

Bangun lebih pagi artinya bersiap lebih awal dalam memulai hari. Sama seperti ketika kita berangkat sekolah atau berangkat kerja. Ketika kita bisa menyiapkan segalanya lebih awal, akan lebih banyak waktu yang tersedia untuk melakukan hal-hal lainnya.

Hal itu akan berbanding terbalik apabila kamu bangun kesiangan. Dengan bangun kesiangan, kamu melewatkan banyak waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk bersiap. Efeknya adalah kamu akan tergesa-gesa dan harimu jadi berantakan tanpa rencana yang jelas.

2. Tubuh terasa lebih sehat dan segar

Semangat Yuk! 5 Manfaat Bangun Lebih Awal di Pagi HariIlustrasi Berolahraga di Gym (Pexels.com/Ivan Samkov)

Dengan bangun lebih pagi, maka kamu mendapatkan kesempatan untuk menghirup udara bersih yang segar di pagi hari. Udara pagi hari sebelum pukul 05.00, dinilai memberikan lebih banyak kesegaran dan kesehatan karena kandungan oksigennya masih bersih.

Selain itu, dengan bangun lebih pagi, maka kamu punya waktu untuk mulai melakukan peregangan otot dan berolahraga. Dengan olahraga, tubuh kamu akan menjadi lebih sehat dan bugar.

3. Suasana hati jadi lebih bergairah

Semangat Yuk! 5 Manfaat Bangun Lebih Awal di Pagi HariIlustrasi Kebebasan (Pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Bangun pagi membuat suasana hatimu menjadi lebih baik, segar, dan gembira. Hal ini karena suasana pagi hari yang masih asri dan damai. Selain itu, udaranya juga masih fresh. Kamu akan mendapat kesempatan untuk melihat indahnya pergantian langit malam ke pagi hari pada pukul 4.30 hingga 5.00. Hal ini ditandai dengan matahari yang mulai terlihat dari arah timur.

Suasana hati yang baik inilah yang kemudian akan membuat suasana harimu juga menjadi lebih baik. Kamu akan lebih bersemangat, gembira, dan bergairah untuk melanjutkan hari-harimu. Selanjutnya kamu akan lebih siap untuk menjalani segala aktivitasmu. 

4. Hidup menjadi lebih terencana

Semangat Yuk! 5 Manfaat Bangun Lebih Awal di Pagi Hariilustrasi konsep (pexels.com/Startup Stock Photos)

Mengawali hari lebih awal di pagi hari, membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih terencana. Kamu akan memiliki arah dan rencana yang jelas, serta fokus menyelesaikan satu per satu tugas yang harus dikerjakan. Kamu sudah tahu akan melakukan apa dan ke mana tujuan berikutnya. Hidupmu akan benar-benar terencana.

Perencanaan yang baik membutuhkan konsentrasi. Fokus itu akan kamu dapat saat memulai harimu lebih awal. Kuncinya adalah waktu. Semakin banyak waktu untuk bersiap lebih awal, maka akan semakin matang rencanamu dan tertata pelaksanaannya.

5. Menjadi pribadi yang lebih produktif

Semangat Yuk! 5 Manfaat Bangun Lebih Awal di Pagi HariIlustrasi Belajar via Daring (Pexels.com/Julia M Cameron)

Bangun lebih pagi akan memacumu untuk lebih produktif. Karena telah bersiap lebih awal, kamu akan memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai hal. Semakin banyak waktu yang tersedia, maka semakin banyak pekerjaan yang akan terselesaikan. 

Bangun pagi juga membuatmu lebih bisa untuk mengatur waktumu menjadi lebih efektif. Kamu akan bisa menyelesaikan pekerjaanmu lebih cepat dengan alokasi waktu yang tepat. Semakin banyak pekerjaan yang terselesaikan, semakin produktif lah dirimu.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat bangun lebih awal di pagi hari? Selamat mencoba ya dan lebih semangat lagi yuk!

Mohammad Heru Wiranto Photo Community Writer Mohammad Heru Wiranto

Penulis usia 20 tahun, yg suka coklat panas. IG @me.athlas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya