Comscore Tracker

5 Tips Mengelola Pikiran Bawah Sadar, Pengaruhnya Besar Lho!

Apakah kamu sudah mencoba?

Pikiran adalah kunci penting bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tak hanya pikiran sadar, pikiran bawah sadar juga memainkan peranan penting lho. Terutama untuk kesehatan mental dan fisik.

Pikiran bawah sadar ini memiliki andil terhadap kondisi psikologis seseorang. Apabila cenderung mengarah ke hal yang negatif, maka itu juga tidak akan sehat untuk mental seseorang. Nah, demi kebaikan diri sendiri, berikut beberapa tips untuk mengelola pikiran bawah sadar:

Baca Juga: 8 Cara Tetap Tenang dalam Tekanan, Jangan Panik Dulu Ya!

1. Latih dan ulangi kalimat bermakna positif 

5 Tips Mengelola Pikiran Bawah Sadar, Pengaruhnya Besar Lho!pexels/Andrea Piacquadio

Meyakinkan diri sendiri bahwa kamu mampu melakukan sesuatu dengan baik bisa jadi awalnya sulit untuk dilakukan. Namun coba mulai sugesti dan latih dirimu untuk mengatakan kalimat yang positif setiap harinya. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu pasti bisa dan mampu melakukan sesuatu. 

Pemikiran yang positif secara tidak sadar akan menjadikanmu sosok yang optimistis. Dengan begitu, kamu akan percaya diri untuk menghadapi tantangan dan tidak mudah putus asa. Hal ini bisa menjadi batu loncatan menuju kesuksesan lho. 

2. Alihkan pandangan negatif 

5 Tips Mengelola Pikiran Bawah Sadar, Pengaruhnya Besar Lho!pexels/Andrea Piacquadio

Lanjutan dari poin sebelumnya, pemikiran dan emosi negatif dapat membuatmu menjadi rendah diri atau minder. Hal ini membuatmu merasa tidak percaya diri dalam memulai sesuatu. Akibatnya kamu akan merasa takut dan membayangkan hal buruk.

Padahal cara utama agar bisa sukses adalah berani mencoba. Bagaimana kamu bisa tahu apa yang akan terjadi jika kamu saja belum mencoba? Jadi alihkan pikiran negatif yang mulai masuk dengan hal-hal menyenangkan lain, seperti membaca buku atau membayangkan mimpi yang indah.

3. Lakukan self-healing 

5 Tips Mengelola Pikiran Bawah Sadar, Pengaruhnya Besar Lho!pexels/Alexey Demidov

Memberi jeda pada diri sendiri penting supaya kamu tidak merasa kelelahan secara mental maupun fisik. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu merasa sedih atau lesu setelah hal-hal kurang mengenakkan terjadi.

Untuk itu, kamu disarankan untuk bersantai sejenak sambil tetap menghibur diri dengan pikiran yang positif. Misalnya dengan menghargai diri sendiri atas usaha apapun yang telah kamu lakukan. Emosi yang stabil bisa membuatmu bekerja lebih baik ke depannya.

4. Berimajinasi tentang hal-hal yang menyenangkan 

5 Tips Mengelola Pikiran Bawah Sadar, Pengaruhnya Besar Lho!pexels/Katii Bishop

Membayangkan hal-hal yang indah tentu akan membuat mood jadi baik. Berekspektasi positif tentang cita-cita dan masa depan dapat melatih alam bawah sadarmu. Kamu akan percaya bahwa hal-hal baik itu sangat mungkin terjadi.

Dengan begitu, kamu bisa lebih semangat dalam meraih dan mengerjakan sesuatu. Percayalah bahwa semangat yang positif apabila dipadu dengan rasa optimis, bisa mendatangkan kesuksesan.

5. Percaya pada diri sendiri 

5 Tips Mengelola Pikiran Bawah Sadar, Pengaruhnya Besar Lho!pexels/Andrea Piacquadio

Kamu adalah sosok yang paling mengenal dirimu sendiri dibandingkan dengan orang lain. Oleh sebab itu, coba ingat kembali kemampuan dan hal-hal kecil serta positif yang bisa kamu lakukan.

Percaya pada diri sendiri artinya memberikan diri kamu sendiri kesempatan untuk mencoba dan belajar hal baru. Percaya diri juga membuatmu yakin dalam melakukan sesuatu tanpa memaksa semuanya harus berjalan dengan sempurna. Ingatlah bahwa mempelajari kesalahan kecil bisa membantumu untuk sukses di masa depan lho.

Nah itu beberapa tips untuk mengelola pikiran bawah sadar. Apakah menurutmu sulit untuk dilakukan?

Marcella Photo Community Writer Marcella

Just an ordinary girl who loves to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya