Comscore Tracker

Penting Disadari! 5 Tanda Kamu Perlu Waktu untuk Sendiri

Jangan paksa dirimu memenuhi keinginan orang lain

Apakah kamu sering mendengar bahwa seseorang tidak akan bisa hidup tanpa kehadiran manusia lainnya? Ya, hal itu memang benar. Namun kamu pun memerlukan waktu untuk dirimu sendiri. Apabila terus menerus hanyut dalam keramaian dan kesibukan tanpa jeda, akan berpotensi memberi pengaruh buruk padamu. 

Selain beristirahat saat waktunya tiba, kamu juga butuh me time. Banyak hal yang tidak bisa kamu pikirkan dalam keramaian. Banyak hal yang kamu rindukan, bisa kamu lakukan sendiri. Kamu perlu waktu bebas tanpa ada komentar dan penilaian dari orang lain. Jika kamu masih saja sulit memahami dirimu sendiri, berikut lima tanda bahwa kamu sangat memerlukan waktu untuk sendiri:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Kurang motivasi

Penting Disadari! 5 Tanda Kamu Perlu Waktu untuk Sendiriilustrasi berpikir (pexels.com/cottonbro)

Mungkin kamu merasa sudah berada di titik terendah. Kamu merasa sudah melakukan segalanya sehingga energimu habis. Bahkan kamu pun tidak sanggup lagi memberi semangat pada dirimu sendiri. Kamu tidak lagi punya kekuatan untuk berbuat lebih.

Ini sebuah pertanda yang sangat jelas bahwa kamu membutuhkan waktu untuk sendiri. Waktu di mana kamu bisa menyandarkan diri dan menutup mata. Menjauhkan pikiran dan telinga dari segala persoalan. Menenangkan diri dalam kesunyian. Kurang motivasi tidak berarti kamu tidak lagi bisa diandalkan, namun kamu hanya perlu mengambil jeda sejenak.

2. Mudah lelah

Penting Disadari! 5 Tanda Kamu Perlu Waktu untuk Sendiriilustrasi sedang berpikir. (pexels.com/Craig Adderley)

Kamu sudah tidur dan makan secara teratur. Namun badanmu masih saja merasa lelah. Ini jelas pertanda, jiwamu jenuh atas rutinitasmu. Bukan tidur dan makanan yang diperlukan oleh jiwa. Namun ia butuh menjauh dari segala hal yang menguras pikiran.

Ya, saatnya kamu menjauh dari segala pekerjaan. Kamu bisa mengambil cuti beberapa hari, tenangkan dirimu. Dan nikmati liburan singkat ke tempat yang membuatmu bebas dan bisa menjadi dirimu sepenuhnya.

3. Lebih sensitif

Penting Disadari! 5 Tanda Kamu Perlu Waktu untuk Sendiriilustrasi sedang melamun. (pexels.com/pixabay)

Kamu merasa ada yang berbeda dalam dirimu. Kamu mudah emosi pada hal-hal kecil. Orang terdekatmu pun merasa dirimu berbeda.

Kamu yang terlihat tegar dan terbuka atas pendapat siapa pun, seketika menjadi pribadi yang justru mudah tersinggung pada masukan-masukan positif orang lain. Nada suaramu meninggi dan tidak lagi peduli dengan perasaan orang lain. 

4. Mudah cemas

Penting Disadari! 5 Tanda Kamu Perlu Waktu untuk Sendiriilustrasi pria sedang bersedih (pexels.com/Anastasia Kolchina)

Kamu mungkin biasanya tenang menghadapi masalah apa pun. Kamu yang biasanya selalu berpikir jernih dengan kondisi apa pun di sekitarmu, tiba-tiba menjadi pribadi yang penuh kecemasan.

Kamu mencemaskan hal-hal yang biasanya kamu anggap biasa. Kamu terus khawatir pada hal-hal yang biasanya dapat kamu hadapi dengan mudah dan penuh ketenangan. Apabila hal itu terjadi, kamu jelas perlu waktu untuk sendiri.

5. Kehilangan minat dan semangat

Penting Disadari! 5 Tanda Kamu Perlu Waktu untuk Sendiriilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Tim Gouw)

Jika pada hari biasanya kamu adalah sosok yang penuh semangat, punya banyak aktivitas di luar rumah, sangat suka berkumpul, lalu tiba-tiba menjadi pendiam dan kehilangan minat pada apa pun. Kamu tidak menyukai siapa pun yang bersamamu. Kamu tidak menyukai semua suasana yang ada di sekitar.

Kehilangan gairah melakukan apa pun, bersama siapa pun. Ini menjadi bukti yang jelas, kamu jenuh pada segalanya. Hal itu pertanda kamu sangat perlu waktu untuk dirimu sendiri. Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja tanda-tanda bahwa saatnya sudah perlu waktu untuk diri sendiri?

Januar Lestari Photo Community Writer Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya