Comscore Tracker

5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemon

Lemon gak hanya bermanfaat untuk kesehatan lho!

Lemon yang dikenal memiliki cita rasa asam, barangkali bukan buah yang jadi pilihan banyak orang. Namun buah lemon memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh lho.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga lho. Apa saja perabotan yang bisa dibersihkan dengan lemon? Simak yuk di bawah ini:

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Prasangka Buruk Terhadap Pasangan

1. Talenan kayu

5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemonilustrasi talenan kayu (thedaringkitchen.com)

Bagaimana cara membersihkan talenan kayu? Pertama potong lemon menjadi dua bagian. Kemudian taburkan garam pada talenan, lalu letakkan lemon di atas talenan menghadap ke bawah. Kemudian gosok talenan dengan lemon, peras sedikit lemon untuk memberikan aroma segar.

Setelah menggosok seluruh bagian talenan, diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah 15 menit, bilas talenan menggunakan air hangat. Terakhir lap talenan dengan kain atau tisu dapur dan wadah talenan kayu milikmu akan kembali bersih.

2. Microwave

5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemonilustrasi membersihkan microwave (allrecipes.com)

Membersihkan microwave seringkali dilupakan. Microwave mudah dibersihkan dengan menggunakan air lemon. Kamu hanya perlu menyiapkan dua bahan yaitu lemon dan air.

Pertama, potong lemon menjadi dua bagian, masukkan satu bagian ke dalam wadah tahan panas yang berisi air. Kemudian masukkan wadah ke dalam microwave, lalu panaskan sekitar lima menit hingga air mendidih. Terakhir, tunggu hingga microwave sedikit dingin sekitar lima menit, lalu buka microwave dan lap dengan tisu dapur atau kain mikrofiber yang bersih.

3. Lantai

5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemonilustrasi membersihkan lantai (thespruce.com)

Lemon memiliki asam sitrat yang tinggi sehingga ia menjadi bahan pembersih yang baik karena memiliki pH yang rendah dan sifat antibakterial. Lemon juga memiliki aroma yang harum dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada lantai.

Saat membersihkan lantai, kamu hanya perlu mencampurkan jus lemon, cuka, dan air ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan cairan ke noda yang ada di lantai dengan menggunakan spons atau kain pel, lalu bersihkan dengan air bersih.

4. Jendela dan kaca

5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemonilustrasi membersihkan jendela (treehugger.com)

Jendela juga bisa dibersihkan dengan menggunakan lemon. Tak perlu bingung, membersihkan jendela dengan lemon sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan air dan perasan jeruk lemon.

Caranya, tuangkan perasan jeruk lemon ke dalam wadah semprot, kemudian tambahkan air hingga wadah penuh. Semprotkan larutan lemon ke permukaan jendela dan lap dengan koran agar jendela lebih bersih dan mengkilau. Koran akan menyerap debu yang ada di jendela dan kaca sehingga jendela akan lebih cepat bersih.

5. Parutan keju

5 Perabotan Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Lemonilustrasi membersihkan parutan keju (goodhousekeeping.com)

Setelah kita menggunakan parutan keju, tak jarang masih ada sisa keju yang menempel. Membersihkannya dengan air kadang tidak cukup menghilangkan noda yang menempel. Solusi untuk menghilangkan nodanya, kamu bisa menggunakan lemon.

Pertama, potong lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan lemon pada parutan keju. Peras sedikit lemon untuk mengeluarkan noda pada celah yang sulit dijangkau. Terakhir, cuci parutan keju seperti biasanya dan bilas menggunakan air bersih. 

Ternyata lemon tak hanya bermanfaat untuk kesehatan kan? Lemon juga bisa untuk membersihkan rumah, lebih praktis dan pastinya terjangkau. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera bersihkan perabotan rumah tangga kamu dengan lemon.

Izam Lisa Photo Community Writer Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya