Comscore Tracker

Punya Pesan Mendalam, 5 Film Animasi yang Membahas Self Love

Kita juga bisa belajar banyak dari film lho!

Siapa yang suka nonton film animasi? Mungkin ada anggapan bahwa film animasi lebih cocok untuk anak-anak, tapi sebenarnya film animasi juga cocok menjadi tontonan untuk usia dewasa. 

Dalam film animasi juga terdapat pesan mendalam yang bisa dipelajari dalam menjalani kehidupan ini. Ada juga lho film animasi yang secara langsung maupun tidak langsung mengajarkan pentingnya self love. Nah, berikut lima film animasi yang membahas tentang self love:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Belajar menghargai diri sendiri dari Encanto (2021) 

Punya Pesan Mendalam, 5 Film Animasi yang Membahas Self Lovetokoh film Encanto (movies.disney.id)

Secara garis besar, Encanto mengisahkan tentang kehidupan keluarga besar Madrigal yang memiliki kekuatan magis untuk mendukung kehidupan di Desa Encanto. Nah, bagi kamu yang sudah menonton film ini, pastinya tahu dengan tokoh bernama Mirabel. Ia merupakan tokoh utama dalam film ini yang juga digambarkan berbeda di antara tokoh-tokoh lainnya dalam keluarga Madrigal. Mirabel tidak memiliki kekuatan apa pun.

Melalui karakter Mirabel dalam film yang disutradarai oleh Byron Howard dan Jared Bush ini, kita diajarkan untuk mencintai diri sendiri. Meskipun Mirabel tidak memiliki kekuatan apa pun, ia senantiasa menghargai diri sendiri sebagaimana adanya dan menerima apapun yang menjadi kekurangannya.

Meskipun di beberapa kondisi ia mengelak akan takdirnya, tetapi pada akhirnya ia mampu menerima dengan lapang dan mencoba untuk berdamai dengan keadaan. Padahal, Mirabel bukan tidak memiliki kekuatan sama sekali lho. Jika diperhatikan sebenarnya kekuatan dia yang paling besar karena menjadi pemersatu dan penasihat keluarga.

2. Belajar memperjuangkan impian dari Luca (2021) 

Punya Pesan Mendalam, 5 Film Animasi yang Membahas Self Lovetokoh film Luca (disneyphile.fr)

Luca adalah film produksi Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures yang disutradarai oleh Enrico Casarosa. Film ini mengisahkan tentang persahabatan dua monster laut, yakni Luca dan Alberto. Perjuangan mereka dalam meraih impiannya dikemas dalam persahabatan yang hangat dan indah, diselingi dengan beberapa konflik yang membuat hubungan mereka menjadi lebih bermakna.

Dari Luca, kita belajar untuk memperjuangkan impian dan berani keluar dari zona nyaman. Ia mengawali petualangan musim panasnya di dunia manusia yang berada di atas permukaan laut. Selain itu, tokoh Luca juga membuat kita menyadari bahwa dibutuhkan keberanian untuk meraih apa yang kita impikan dan cita-citakan.

3. Pentingnya mencari jati diri dari film Soul (2020) 

Punya Pesan Mendalam, 5 Film Animasi yang Membahas Self Lovetokoh film Soul (movies.disney.id)

Siapa yang sudah menonton film ini? Soul merupakan film animasi produksi Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures yang disutradarai oleh Pete Docter dan Kemp Powers. Film ini menceritakan tentang petualangan seorang musisi sekaligus guru musik bernama Joe Gardner yang memiliki impian untuk tampil di atas panggung. Tetapi ia terjatuh ke dalam lubang dan menemukan dirinya telah meninggal, sebelum sempat tampil di penampilan pertamanya.

Melalui tokoh Joe Gardner, kita kembali disadarkan bahwa penting mencari jati diri agar dapat memahami diri sampai kemudian mampu mencintai diri sendiri. Pencarian jati diri tidak hanya berlaku bagi mereka yang berusia muda saja, tetapi juga bagi mereka yang telah dewasa, seperti halnya tokoh Joe Gardner. Joe telah memberikan pandangan baru untuk kita mengenai makna hidup dan kebahagiaan yang sesungguhnya.

4. Belajar untuk berani berkembang dari Onward (2020) 

Punya Pesan Mendalam, 5 Film Animasi yang Membahas Self Lovetokoh film Onward (syarif.id)

Onward mengisahkan tentang dunia sihir yang mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Secara spesifik, film ini bercerita tentang petualangan Ian dan Barley, sepasang adik kakak, yang mencari keajaiban sihir demi bertemu kembali dengan ayahnya yang telah meninggal. Meskipun pertemuan itu dikisahkan hanya dapat berlangsung satu hari sebelum matahari terbenam.

Kita bisa belajar banyak dari film produksi Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios ini, terlebih dari tokoh Ian. Melalui karakter Ian dalam film yang disutradarai oleh Dan Scanlon serta C S Anderson, kita diajarkan untuk berani menghadapi perubahan dan berani berkembang. Sebelumnya, tokoh Ian digambarkan sebagai sosok yang pemalu dan penakut, hingga pada akhirnya (setelah petualangan dan pengalaman yang dilewatinya) Ian menjadi sosok yang pemberani dan mau membuka diri dengan lingkungan sosialnya.

5. Belajar untuk berani menjadi diri sendiri dari Ferdinand (2017)

Punya Pesan Mendalam, 5 Film Animasi yang Membahas Self Lovetokoh film Ferdinand (flicks.co.nz)

Ada yang sudah menonton film animasi ini? Ferdinand merupakan film animasi bergenre petualangan dan komedi asal Amerika yang disutradarai oleh Carlos Saldanha dan ditulis oleh Munro Leaf. Secara garis besar, Ferdinand bercerita tentang petualangan seekor banteng bernama Ferdinand yang mencari kebebasan. Pada dasarnya, Ferdinand merupakan film anak yang mengajak anak-anak untuk menyayangi hewan. Namun, ada juga pesan tersirat dan dalam yang bisa kita petik dari film ini, yakni tentang mencintai diri sendiri.

Melalui tokoh Ferdinand, kita belajar untuk mencintai diri sendiri dengan berani menjadi diri sendiri. Diceritakan bahwa umumnya banteng adalah hewan yang dilahirkan untuk bertarung dalam sebuah stadion pertempuran serta menyukai perkelahian ataupun kekerasan. Namun, berbeda dengan Ferdinand, ia justru lebih suka mencium bunga dan mencintai kedamaian sehingga benci berada di arena. Ia berani menjadi dirinya sendiri, terlepas dari identitas banteng sebagai banteng bullfighting.

Nah, dari kelima film animasi yang disebutkan ini, mana nih film yang sudah kamu tonton? Setiap film tentu memuat pesan dan nilai kehidupan yang bisa kita petik, karena di samping bersifat rekreatif, film juga menjadi media edukasi.

Riani Shr Photo Community Writer Riani Shr

Menulis adalah salah satu upaya menyembuhkan yang ampuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya