Comscore Tracker

5 Tips Biar Gak Bimbang saat Akan Menentukan Pilihan

Sering bingung ketika menghadapi beberapa pilihan?

Apakah kamu pernah merasa bingung ketika menghadapi beberapa pilihan, namun harus segera mengambil keputusan? Mengalami kebimbangan saat akan menentukan pilihan memang adalah sesuatu yang wajar. Bahkan ada yang sampai merasa buntu dan tidak tahu harus memilih yang mana.

Hati masih ragu untuk memilih satu dari beberapa pilihan yang ada, tapi waktu terasa terus menerus memburu. Nah bagi kamu yang sering mengalami hal ini, tetap tenang dan jangan panik ya. Pasti selalu ada cara dan solusi dalam mengatasi kebimbangan itu. Berikut lima tips biar kamu gak bimbang dalam menentukan pilihan:

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Sering Chat Kamu, Coba Tetap Jaga Jarak

1. Pahami dulu situasi dan kondisi yang sedang kamu alami saat ini

5 Tips Biar Gak Bimbang saat Akan Menentukan Pilihanilustrasi orang mengamati situasi dan kondisi (pexels.com/Ron Lach)

Tips pertama bagi kamu yang kerap merasa bimbang dan ragu saat akan menjatuhkan pilihan yang tepat yaitu cobalah pahami situasi dan kondisi yang sedang kamu alami saat ini. Dengan memahami situasi dan kondisinya terlebih dulu, maka kamu akan bisa lebih mudah dalam memikirkan dan mempertimbangkan beberapa pilihan yang ada.

Ketika kamu mampu memahami situasi dan kondisi yang sedang dihadapi, kamu akan menjadi lebih fokus dan terarah saat akan menjatuhkan pilihan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan. Pemahaman akan situasi dan kondisi memang sangat berkaitan dengan proses menentukan pilihan dengan menyesuaikan kondisi diri sendiri. Hal ini dapat mengurangi kebimbangan yang kamu alami dan mampu mengarahkanmu menuju satu pilihan yang sesuai dengan tujuan hidup.

2. Analisis beberapa pilihan yang ada

5 Tips Biar Gak Bimbang saat Akan Menentukan Pilihanilustrasi orang sedang menganalisis suatu hal (pexels.com/cottonbro)

Tips selanjutnya, agar kamu gak terjebak dalam kebimbangan dalam proses memilih beberapa hal, coba lakukanlah analisis terhadap beberapa pilihan tersebut. Cobalah kamu cari sisi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan tersebut. Setelah itu, sesuaikan dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Dalam proses menganalisis, kamu juga bisa mengembangkan beberapa pilihan yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Saat sedang melakukan analisis, kamu akan semakin terarahkan karena kamu dapat melihat mana pilihan yang paling sesuai dengan tujuan. Tentu saja cara ini dapat mengurangi keraguan di hati yang sebelumnya membuatmu bimbang dalam menjatuhkan pilihan.

3. Pertimbangan secara lebih matang berdasarkan risiko dari beberapa pilihan yang ada

5 Tips Biar Gak Bimbang saat Akan Menentukan Pilihanilustrasi berpikir (pexels.com/SHVETS production)

Langkah selanjutnya dalam mengatasi kebimbangan saat akan menjatuhkan pilihan yaitu mempertimbangkan beberapa pilihan yang telah kamu kembangkan tadi secara lebih terperinci lagi. Lakukan pertimbangan secara lebih matang berdasarkan risiko dari beberapa pilihan tadi. Dalam tahap ini, ada baiknya kamu membuat tabel agar lebih mudah dalam mempertimbangkannya.

Cara ini memudahkanmu dalam mengamati pilihan-pilihan mana yang paling dekat dan sesuai dengan tujuan. Kamu menjadi lebih mengetahui secara lebih pasti dan sesuai, karena kamu juga sudah mempertimbangkan berbagai risiko yang akan dihadapi dari beberapa pilihan tadi. Maka, perlu kesabaran dan kecermatan dalam pertimbangan yang kamu lakukan, agar nantinya bisa menjatuhkan pilihan yang tepat.

4. Menentukan pilihan yang tepat dan sesuai

5 Tips Biar Gak Bimbang saat Akan Menentukan Pilihanilustrasi percaya diri dalam memilih tujuan hidup (pexels.com/Gustavo Fring)

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan pilihan yang tepat. Ketika kamu sudah melakukan beberapa langkah di atas, maka kini saatnya menjatuhkan pilihan. Gak perlu bimbang dan ragu lagi karena kamu sudah semakin terarahkan dan mengobservasi beberapa pilihan tadi secara lebih cermat.

Percaya diri dan yakinlah, tak ada yang perlu kamu bimbangkan lagi karena beberapa tahap sebelumnya sudah mengarahkanmu ke sebuah pilihan yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Jadi, tentukan pilihan berdasarkan beberapa tahapan analisis dan pertimbangan sebelumnya. Saat sudah memilih, maka selanjutnya jalani apa yang menjadi pilihanmu.

5. Lakukan yang terbaik dari apa yang sudah menjadi pilihanmu

5 Tips Biar Gak Bimbang saat Akan Menentukan Pilihanilustrasi melakukan yang terbaik dari pilihan yang diambil (pexels.com/Mikhail Nilov)

Setelah mantap dan yakin menjatuhkan satu pilihan untuk kamu jalani, maka selanjutnya lakukan yang terbaik dari apa yang menjadi pilihanmu. Berjuanglah dan bertahanlah pada pilihan yang sudah dipilih berdasarkan beberapa analisis dan pertimbangan. Jika sudah sampai tahap ini, maka seharusnya kamu tak perlu bimbang lagi. Kamu hanya perlu meningkatkan kepercayaan diri untuk menjalani pilihan ini.

Jangan lupa untuk tetap melakukan evaluasi terhadap pilihan yang sedang dijalani agar kamu dapat mengetahui perkembangan dari pilihan tersebut terhadap kemajuan dalam hidupmu. Perbaiki hal-hal yang masih kurang dan maksimalkan apa yang sudah berhasil dari pilihan tersebut. Segala pilihan pasti mengandung risiko, tapi paling enggak, risiko saat ini sudah lebih kecil karena telah melalui berbagai tahap analisis dan pertimbangan.

Nah untuk kamu yang kerap ragu dalam menjatuhkan pilihan hidup, entah dalam karier, kehidupan, maupun asmara, cobalah terapkan beberapa tips di atas ya. Semoga kamu bisa semakin yakin dan terarahkan menuju satu pilihan yang tepat dan benar-benar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan diri sendiri.

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya