Comscore Tracker

Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnis

Setiap proses pasti perlu perjuangan dan keberanian ya

Membangun bisnis termasuk satu upaya yang bagus untuk mendapatkan penghasilan. Baik penghasilan utama maupun tambahan. Hanya saja memang tak semua orang memiliki keberanian untuk mulai berbisnis. Tentunya ada beberapa faktor penyebabnya, termasuk merasa kemampuan diri belum memadai.

Kurangnya pengalaman atau kemampuan untuk membangun sebuah bisnis adalah hal yang wajar. Apalagi jika baru pertama kali dijalankan. Berhasil atau enggaknya bisnis yang akan kamu bangun nantinya, jangan sampai menjadi penghambat untuk memulai sebuah usaha.

Meskipun kemampuan belum mumpuni, tapi gak ada salahnya untuk mencoba. Semua hal memerlukan waktu dan proses, termasuk dalam hal mewujudkan usaha yang ingin kamu capai. Nah bagi kamu yang sudah memiliki ide bisnis, tapi masih takut dan ragu untuk memulainya, berikut beberapa tips untuk menumbuhkan keberanian membangun usaha!

Baca Juga: 9 Desain Laundry Room untuk Rumah Mungil, Cerdas Manfaatkan Lahan!

1. Sadarilah bahwa apapun ide yang kamu punya, ide itu masih bisa dikembangkan lagi

Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnisilustrasi mempunyai ide kreatif (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sudah punya ide berbisnis, tapi merasa kurang percaya diri untuk mewujudkannya? Sadarilah bahwa ide apapun yang kamu punya, masih bisa dikembangkan lagi. Meskipun kamu menganggapnya masih umum dan kemampuan diri belum memadai. Gak perlu rendah diri dan merasa kurang yakin untuk memulai bisnis dari ide yang muncul di pikiranmu.

Ide untuk memulai bisnis gak selalu harus yang paling berbeda dengan yang lainnya. Ide bisnis memang bisa menjadi senjata untuk menarik perhatian banyak orang. Tapi kamu juga perlu tahu bahwa menjual produk atau jasa yang sudah umum dilakukan banyak orang pun, tetap memungkinkan lho untuk sukses.

Hanya saja hal yang perlu dibedakan adalah cara dan strategi dalam memasarkannya. Jadi, jika kamu sudah punya ide, meski itu gak berbeda dengan yang lainnya, tetaplah berani untuk memulai usaha. Kamu bisa menggunakan strategi pemasaran yang unik dan berbeda.

2. Ingatlah bahwa dari modal yang kecil saja, kamu tetap bisa mulai berbisnis

Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnisilustrasi laki-laki memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Membangun sebuah bisnis, gak selalu harus menunggu memiliki modal yang banyak. Modal kecil saja, asalkan kamu niat dan sudah memiliki ide bisnis, itu saja sudah bisa  untuk mulai membangun usaha. Janganlah takut memulai bisnis hanya karena terbatas pada modal. Jika saat ini kemampuan diri belum memadai dan kamu pun ragu karena modal belum cukup, lalu kapan akan berani untuk memulai usaha?

Modal berbisnis memang perlu. Tapi jika saat ini kamu belum memiliki banyak modal, maka tak perlu menjadikan ini sebagai masalah yang membuatmu takut memulai usaha. Beranikan diri untuk mulai berbisnis dengan modal yang sudah kamu miliki saat ini. Nanti secara bertahap, kamu pasti bisa mengembangkannya. Sambil menjalankan usaha, kamu bisa mengumpulkan modal tambahan.

3. Mulailah dulu dengan bisnis yang sederhana

Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnisilustrasi seseorang sedang membuka sebuah usaha (pexels.com/ELEVATE)

Bagi kamu yang ragu memulai sebuah bisnis karena merasa kemampuan belum memadai, maka solusinya agar bisa berani mewujudkannya yaitu dengan memulai bisnis yang sederhana dulu. Sesuatu yang sederhana, jika kamu tekun menjalankannya, nanti juga bisa menjadi sesuatu yang besar dan luar biasa.

Jangan gengsi memulai bisnis yang sederhana. Jika kamu langsung ingin membuka sesuatu yang besar dan mewah, maka itu justru dapat membuatmu semakin takut untuk memulai. Apalagi bagi kamu yang kemampuan berbisnisnya masih belum mumpuni. Coba saja dulu dengan hal-hal yang sederhana. Hal itu akan membuat pemula jadi lebih berani untuk membangun usaha pertamanya.

4. Yakinlah bahwa kamu bisa belajar selama proses menjalankan usaha

Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnisilustrasi belajar (pexels.com/Alena Darmel)

Tips berikutnya untuk menumbuhkan keberanian diri memulai sebuah bisnis, meski kemampuan belum memadai yaitu dengan memiliki keyakinan bahwa kamu masih bisa belajar saat sedang menjalankan usahamu. Membangun usaha memerlukan kemampuan. Tapi jika saat ini kemampuanmu belum mumpuni, maka jangan jadikan itu sebagai rasa takut untuk memulai.

Melakukan pekerjaan apa pun, termasuk dalam hal membuka sebuah bisnis, kamu bisa belajar lagi saat sudah memulainya. Mempelajari cara dan strategi dalam berbisnis, bisa kamu lakukan secara langsung saat sedang berproses. Maka, jangan takut memulai karena merasa kemampuan masih terbatas. Meningkatkan kemampuan berbisnis, bisa kamu praktikan sembari berproses. 

5. Jika terjadi masalah dalam prosesnya, bukan berarti kamu gagal

Tak Ada Modal dan Pengalaman? Ini 5 Tips Biar Berani Mulai Berbisnisilustrasi orang mencari akar permasalahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masalah dan hambatan dalam proses membangun bisnis bisa dialami oleh siapa saja. Maka, jika saat kamu akan memulainya, lalu sudah menemukan masalah, itu bukan berarti bisnismu mengalami kegagalan. Jangan merasa gagal, apalagi jika masih awal, karena itu dapat menurunkan keberanian diri untuk memulai usaha.

Apa pun jenis bisnisnya, baik itu dijalankan oleh seorang ahli atau pun yang masih pemula, pasti akan selalu ada tantangan dan kesulitannya masing-masing. Jadi, masalah pasti tetap ada. Namun jika di awal kamu sudah mengalami masalah dan kendala, bukan berarti ide bisnismu adalah hal yang mustahil untuk dijalankan.

Jangan juga menjadi ragu dengan kemampuanmu. Cobalah berpikir lagi dan temukan solusinya agar permasalahan bisa segera teratasi. Jika kamu mampu mengatasi permasalahan yang muncul di awal, maka akan menjadikan bisnis pertamamu semakin kuat dan mampu bertahan di tengah persaingan.

Hilangkan rasa takut untuk memulai sebuah bisnis hanya karena merasa kemampuan diri belum memadai. Jadikan rasa takutmu sebagai sesuatu yang bisa membuatmu lebih semangat dalam berjuang. Jadi untuk kamu yang sudah punya ide bisnis, tapi masih takut dan ragu mewujudkannya, cobalah lima tips di atas ya. Keberanian berbisnis akan tumbuh saat kamu mau melawan ketakutan dan keraguan. Selamat mencoba ya!

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya