Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Kelemahan dalam Diri, Jangan Minder Dulu Ya! 

Fokus saja mengembangkan potensi kamu ya

Setiap orang pasti memiliki titik kelemahan dan kelebihan di dalam dirinya dan itu adalah hal yang wajar. Jadi kamu tak perlu memusingkan kekurangan dalam diri. Kelemahan bukanlah hal yang menghalangi keberhasilan. Mengapa demikian? Sebab kelebihan akan mampu menyeimbangkannya.

Bagi kamu yang merasa bingung dan minder dengan kelemahan dalam diri, cobalah untuk fokus pada pemaksimalan kelebihan diri. Tonjolkan sisi lebihmu, sehingga titik lemah tak akan berpengaruh pada perjalananmu dalam memperjuangkan keberhasilan di masa depan. Nah berikut cara mengatasi kelemahan dalam diri! Ingat jangan minder dulu ya. 

Baca Juga: 5 Tips Mendamaikan Rekan Kerja yang Berkonflik

1. Tetaplah berpikir secara positif 

5 Cara Mengatasi Kelemahan dalam Diri, Jangan Minder Dulu Ya! ilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Titik lemah diri bukanlah hal yang negatif. Maka tetaplah berpikir positif tentang kekurangan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki pemikiran yang positif terhadap kekuranganmu, maka itu gak akan mampu melemahkanmu dalam menghadapi segala sesuatu dalam hidup ini.

Berpikir negatif kepada diri, meski itu terhadap sisi lemahmu, justru akan membuat kekurangan diri menjadi sulit untuk diatasi. Maka dari itu, siasatilah dengan selalu menjaga pola pikirmu agar positif sepanjang waktu, terutama terhadap diri sendiri.

2. Hindari ketakutan berlebihan terhadap sesuatu

5 Cara Mengatasi Kelemahan dalam Diri, Jangan Minder Dulu Ya! ilustrasi orang merasa takut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap manusia wajar jika memiliki rasa takut akan suatu hal, termasuk tentang kelemahannya. Namun, janganlah takut terhadap sesuatu hanya karena kamu merasa kurang mampu. Ketakutanmu yang disebabkan karena titik lemah di dalam diri, hanya akan memperbesar kelemahan itu sendiri. 

Maka dari itu, beranilah untuk menghadapi sesuatu, meski hal tersebut adalah bagian yang menjadi kelemahanmu. Jika kamu berani, maka kamu gak akan terjebak dalam kelemahan. Justru, apa yang selama ini kamu anggap kurang, apabila berani untuk mencoba melakukannya, titik lemahmu yang akan berkurang. Dengan demikian, bisa saja akan memunculkan kelebihan baru yang justru berasal dari kelemahanmu dulu.

3. Cari kelebihanmu dan fokuslah untuk mengembangkannya

5 Cara Mengatasi Kelemahan dalam Diri, Jangan Minder Dulu Ya! ilustrasi mengembangkan potensi diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menyiasati titik lemah yang ada di dalam diri, juga bisa kamu lakukan dengan cara mencari kelebihan dan potensi diri, lalu fokus untuk mengembangkannya. Terkadang, seseorang memang lebih mudah untuk mengetahui kekurangannya, hingga merasa tak percaya diri.

Namun, janganlah fokus pada kekuranganmu, itu hanya akan membuatmu semakin rendah diri. Bahkan lebih parahnya nanti kamu bisa mengabaikan potensi yang sudah ada. Sadarilah, bahwa setiap manusia punya kelebihan, termasuk dirimu. Maka, temukanlah sisi lebihmu dan fokus dalam mengembangkannya supaya titik lemah tak akan lebih besar daripada kelebihanmu.

4. Tetap bersyukur dan hilangkan rasa iri

5 Cara Mengatasi Kelemahan dalam Diri, Jangan Minder Dulu Ya! ilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Terlalu memikirkan kelemahan diri, hanya akan membuatmu semakin iri nantinya. Apalagi ketika kamu melihat orang lain mampu melakukan atau meraih sesuatu. Maka dari itu, berusahalah untuk lebih bersyukur atas segala sesuatu yang sudah kamu miliki. Kemudian, hilangkan segala rasa iri hati ketika ada orang lain yang mampu melakukan sesuatu.

Rasa syukur akan membuatmu bisa menerima diri secara apa adanya. Kamu pun gak merasa iri melihat orang lain yang lebih mampu. Justru kamu akan semakin bersemangat untuk bisa melakukannya juga, pastinya dengan pola pikir yang positif. Maka, saat kamu mengetahui orang lain lebih mampu, cobalah untuk melihat sisi baiknya dan belajarlah dari dia.

5. Tetap yakin dengan diri sendiri

5 Cara Mengatasi Kelemahan dalam Diri, Jangan Minder Dulu Ya! ilustrasi orang menatap masa depan dengan penuh keyakinan (pexels.com/Mike Jones)

Kelebihan dan kekurangan adalah dua hal yang pasti ada dalam setiap diri manusia. Setiap orang juga memiliki tujuan dan strategi yang berbeda dalam menggapai cita-cita impian di masa depan. Maka, apa pun yang menjadi titik lemah dan titik lebihmu, tetaplah yakin dan percaya diri dengan segala hal yang kamu miliki.

Keyakinan yang kamu miliki, akan menjadi kekuatan yang mendorongmu untuk terus maju, hingga akhirnya berhasil meraih apa yang menjadi tujuan hidupmu. Setiap orang juga memiliki perjalanannya masing-masing. Fokus saja pada arah perjalananmu, tak perlu membandingkannya dengan jalan hidup orang lain.

Ketika kamu melihat ada teman-teman sebayamu sudah berhasil meraih cita-citanya. Sedangkan, kamu masih memperjuangkannya, itu gak berarti kamu sangat lemah dan gagal. Teruslah berusaha yang terbaik, jangan mudah menyerah. Yakinlah, ini hanya soal waktu saja.

Menerima dan mencintai diri dengan segala kelebihan maupun kekurangannya adalah kunci. Untuk kamu yang saat ini masih merasa bingung harus bagaimana mengatasi kekurangan dalam diri, cobalah terapkan lima cara mengatasi kelemahan dalam diri sebagaimana diulas di atas. Secara bertahap, kamu pasti akan berkembang. Bahkan, terkadang titik-titik lemah yang ada, bisa memunculkan kelebihan yang baru dari dalam dirimu.

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya