Comscore Tracker

5 Cara Menjadi Leader yang Tegas dan Bersahabat   

Bagaimana dengan gaya kepemimpinan kamu?

Leader merupakan seorang penanggung jawab yang memimpin jalannya suatu organisasi atau perusahaan. Menjadi leader tidaklah mudah, sebab selain dituntut mampu meningkatkan kualitas diri sendiri, ia juga harus memimpin rekan-rekannya.

Setiap orang yang ditunjuk untuk mengemban amanah sebagai leader, tentunya ingin menjadi contoh yang baik ya. Nah berikut beberapa tips untuk menjadi leader yang tegas sekaligus bersahabat:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Bersikap yang tenang dan positif

5 Cara Menjadi Leader yang Tegas dan Bersahabat   Pemimpin dengan sikap positif (pixabay/goumbik)

Seorang leader akan lebih dihargai jika mereka memiliki sikap yang lebih tenang dan positif sehingga bisa membantu tim agar tidak panik dalam menghadapi masalah yang mungkin muncul. Di sinilah seorang pemimpin diuji untuk bisa tegas mengambil keputusan. Namun di saat yang bersamaan menjadi sahabat yang menenangkan timnya.

Jika kamu tidak bisa memberikan rasa tenang dan membuat tim takut, maka artinya kamu gagal menjadi pemimpin yang baik. 
Jadi pastikan timmu segan ya, bukan karena takut padamu.

2. Jalin komunikasi yang baik

5 Cara Menjadi Leader yang Tegas dan Bersahabat   diskusi pengembangan (pixabay/mwiit1337)

Komunikasi merupakan aspek penting dalam kehidupan sosial. Menjadi leader yang baik artinya dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada rekan-rekan nya.

Komunikasi juga mampu menginspirasi dan memotivasi tim dengan maksimal. Apabila komunikasi buruk, maka koordinasi dalam menjalankan sesuatu untuk mencapai tujuan pun akan kacau balau. 

3. Biasakan mengayomi bukan memerintah

5 Cara Menjadi Leader yang Tegas dan Bersahabat   Diskusi (pixabay/stocksnapstartup)

“Be a leader, not a boss” merupakan ungkapan yang tepat untuk menggambarkan hubungan antara atasan dan timnya. Seorang leader akan mengayomi dan memimpin.

Leader memberikan contoh bagaimana sesuatu berlangsung dan diselesaikan. Sedangkan bos, hanya mau menerima beresnya saja dan tidak peduli dengan proses yang dilakukan oleh timnya. 

4. Selalu motivasi tim

5 Cara Menjadi Leader yang Tegas dan Bersahabat   Kerja tim (Pixabay/Mohamed_Hasan)

Salah satu cara menjadi leader yang baik adalah selalu memberikan motivasi kepada para rekannya. Memberikan motivasi kepada rekan tentu tidak mudah. Namun hal ini penting dilakukan agar semangat kerja timmu tidak goyah. 

Apabila pemimpin saja tidak bersemangat, maka timnya pun akan kehilangan arah untuk melangkah. Nahkoda yang oleng, tentunya juga akan membuat perahu tak sampai di tujuan. Jadi memberikan motivasi satu sama lain sangatlah penting.

5. Berani mengakui kesalahan

5 Cara Menjadi Leader yang Tegas dan Bersahabat   Diskusi dengan tim (pixabay/startupstockphotos)

Sebagai manusia, seseorang tak pernah luput dari kesalahan. Hal ini berlaku juga bagi seorang leader. Namun tak sedikit orang yang enggan untuk mengakui kesalahannya atas nama gengsi belaka. Hindari hal ini apabila kamu ingin dikenal sebagai leader yang baik.

Pemimpin yang bersahabat tidak akan hanya mau menang sendiri. Dia bakal melakukan introspeksi diri jika ada hal-hal tidak benar yang dilakukannya. 

Nah itu beberapa cara menjadi leader yang tegas sekaligus bersahabat. Apakah ada cara lainnya? Tulis di kolom komentar ya. 

eriana Widya Photo Community Writer eriana Widya

The best of people among you are those who benefit others the most (H.R. Bukhari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya