Comscore Tracker

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Malas

Yuk bisa yuk! 

Rasa malas pasti pernah menghampiri siapa saja ya. Termasuk bagi orang-orang yang selama ini dikenal sangat disiplin. Namun pasti ada momen tertentu yang di mana dia merasa sangat malas untuk melakukan sesuatu. Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? 

Tapi tenang saja ya. Seseorang bisa menjadi malas karena mungkin dalam menjalankan rencana yang telah dibuat, muncul rintangan dan hambatan, atau bisa jadi karena kondisinya memang sedang tidak stabil. 

Hanya saja tentunya rasa malas itu akan berbahaya jika terus menerus dibiarkan ya. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut lima tips untuk mengatasi rasa malas. 

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Semangat Bekerja 

1. Tentukan tujuan yang sesuai kemampuan

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Malasilustrasi membuat tujuan (pexels.com/Marko Klaric)

Tetapkan tujuan yang ingin kamu lakukan. Tapi jangan terlalu banyak membuat tujuan hanya karena kamu mempunyai angan-angan yang banyak. Tetapkan tujuan yang bisa kamu lakukan saja ya, walaupun itu adalah hal yang kecil.

Dilansir dari Healthline, menetapkan tujuan yang tidak realistis dan mengambil terlalu banyak dapat menyebabkan kelelahan. Jadi buatlah dan tetapkan tujuan yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu ya.

2. Cari teman yang sama-sama produktif

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Malasilustrasi belajar di taman (pexels.com/Armin Rimoldi)

Kalau kamu tipikal orang yang tidak bisa mengerjakan sesuatu dengan sendiri dan tidak disiplin, sebaiknya carilah teman yang bisa mengingatkan dan membantu kamu jika sedang dalam keadaan malas.

Jika perlu, carilah teman yang sedikit galak atau teman yang menuntut kamu sehingga bisa membuat kamu menjadi lebih disiplin.

3. Hindari berbagai gangguan yang ada

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Malasilustrasi mengerjakan tanpa gangguan (pexels.com/Thirdman)

Semua orang pasti memiliki gangguannya sendiri-sendiri. Baik gangguan dari media sosial, gangguan dari suatu keadaan sekitar, maupun yang lainnya.

Temukan cara agar kamu bisa menghilangkan gangguan itu, seperti mengerjakan tugas di tempat yang tenang dan sepi atau jauhkan gadget untuk sementara waktu.

4. Ubahlah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Malasilustrasi orang yang produktif (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu sudah berusaha, tapi belum juga ada kemajuan, maka mungkin ada yang salah pada caramu. Apabila ada yang salah, kamu harus perlu mengenali apa yang mungkin memengaruhi ketidakmampuan kamu untuk mencapai tujuan itu. 

Cari tahu apa yang membuat kamu merasa kurang produktif. Jadi bentuklah kebiasaan baru dalam mencapai tujuanmu dan singkirkan kebiasaan lama yang tidak mendukung.

5. Beri apresiasi terhadap diri sendiri jika mencapai suatu keberhasilan

5 Tips untuk Mengatasi Rasa Malaspexels.com/@cottonbro

Memberi apresiasi terhadap diri sendiri jika sudah mencapai suatu keberhasilan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengatasi rasa malas. 

Sekecil apapun keberhasilan itu sangat penting untuk dihargai. Cara ini bukan hanya akan mengatasi rasa malas kamu, tapi bisa juga untuk membangun motivasi dalam mencapai hal yang kamu inginkan.

Mungkin tidak mudah untuk mengatasi rasa malas ini, perlu niat dan tekad yang kuat agar kamu bisa menghilangkannya. Tapi yakin saja semua hal yang dilakukan dengan usaha, pasti bisa digapai. 

Nah itu lima cara untuk mengatasi rasa malas. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu ya. 

Dyah Sekar A Photo Community Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya