Comscore Tracker

5 Alasan Gak Boleh Memandang Rendah Hidup Orang Lain

Kamu tidak sesempurna itu untuk merendahkan orang

Mudah sekali untuk memandang rendah orang lain saat hidupmu dipenuhi kelimpahan. Namun di sisi lain, mudah sekali membandingkan hidup dengan orang lain saat kamu mengalami kekurangan. Walau tahu sikap seperti itu tidak benar, rasanya sulit untuk menumbuhkan kepercayaan diri yang sehat tanpa harus menghakimi orang. Iya gak?

Namun tahukah kamu, sikap arogan merupakan manifestasi yang muncul akibat perasaan rendah diri. Kamu terlalu takut orang lain akan mencapai kesuksesan terlebih dulu, sehingga kamu menjatuhkan mereka. Padahal kalau terus dilakukan, dapat menghasilkan dampak buruk bagi kamu sendiri, lho!

Inilah 5 alasan kamu gak boleh memandang rendah hidup orang lain:

Baca Juga: 5 Cara Melawan Kesendirian dan Kesepian, Jangan Sedih Ya

1. Setiap orang memiliki kisahnya masing-masing

5 Alasan Gak Boleh Memandang Rendah Hidup Orang Lainilustrasi merenung (pexels.com/Whicdhemein One)

Apa yang kamu lihat di luar hanya sebagian kecil dari kisah hidupnya. Kamu tidak tahu apa yang telah atau pernah ia lewati, perjalanan hidupnya, isi hatinya, hingga pergumulan hidupnya. Jangan sampai menyesal karena terus menilai orang dari kaver luar. Kamu sendiri juga tidak mau diperlakukan seperti itu, bukan?

Baca Juga: 5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari Kamu

2. Ingatlah bahwa setiap orang bisa berubah

5 Alasan Gak Boleh Memandang Rendah Hidup Orang Lainilustrasi (pexels.com/Zhanna Fort)

Hidup gak akan stagnan di satu titik. Mungkin hari ini kamu berada di atasnya. Hari ini kamu bisa beria-ria oleh jabatan dan prestasi. Namun, bagaimana 10 tahun ke depan? Bagaimana bila posisimu dengan dia ditukar, atau bahkan dia ditempatkan lebih tinggi darimu? Bukan hanya menyesal, kamu pun akan merasa malu karena telah merendahkan orang itu.

3. Tidak akan ada yang mau menjadi temanmu

5 Alasan Gak Boleh Memandang Rendah Hidup Orang Lainilustrasi tidak punya teman (pexels.com/Keira Burton)

Tidak enak berteman dengan orang arogan, orang yang hanya mau membicarakan tentang dirinya, prestasinya, dan kesukaannya. Saat sifatmu suka memandang rendah hidup orang, tanpa sadar pun kamu akan memandang rendah hidup teman-temanmu. Apa akibatnya? Yups, tentu mereka akan merasa tidak nyaman dan meninggalkanmu—cepat atau lambat.

Berbeda dengan orang yang percaya diri dan rendah hati, mereka tahu kualitas diri tanpa perlu harus pengakuan orang. Orang-orang seperti itulah yang mudah disenangi oleh teman, rekan kerja, bahkan atasannya.

4. Ingat bahwa roda kehidupan akan terus berputar

5 Alasan Gak Boleh Memandang Rendah Hidup Orang Lainilustrasi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Bisa jadi hari ini kamu masih memiliki kekuasaan, kekayaan, dan tampang yang bisa dibanggakan. Namun, kamu gak tahu kapan semua ini akan dipercayakan padamu. Bisa jadi lima atau sepuluh tahun ke depan, seluruh hal baik tersebut hanya menjadi kenangan. Ingatlah pula bahwa apa yang kamu lakukan pada orang, akan dibalas juga padamu.

Saat kelak kamu berada di titik terendah kehidupan, siapa yang bisa menolongmu?

5. Kamu tidak sesempurna itu untuk bisa merendahkan orang

5 Alasan Gak Boleh Memandang Rendah Hidup Orang Lainilustrasi wanita (pexels.com/Vlada Karpovich)

Yakin kamu lebih baik dari dia? Memang, setinggi apa kepercayaan dirimu sampai berani memandang rendah orang lain? Ingatlah kesalahanmu, orang-orang yang dulu juga ikut berjuang dalam hidupmu. Tanpa mereka, kamu juga tidak akan bisa mencapai posisi seperti ini. Namun kini, bak kacang lupa kulit, kamu dengan angkuh memandang rendah orang-orang di sekitarmu. Tidakkah itu keterlaluan?

Itulah lima alasan kamu gak boleh memandang rendah hidup orang lain. Mulai saat ini, yuk belajar rendah hati!

Caroline Graciela Harmanto Photo Community Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya