Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Menghargai Diri Sendiri

Semuanya berawal dari dalam diri

Memberikan penghargaan dan penghormatan kepada orang lain adalah sesuatu yang wajar dilakukan. Tetapi sebelum menghargai orang lain, apakah kamu sudah menghargai diri sendiri? Terkadang kamu lupa bahwa diri sendiri juga perlu dihargai karena terlalu sering memikirkan orang lain.

Nah agar tidak malah merugikan diri sendiri, simak yuk di bawah ini cara-cara sederhana untuk menghargai diri sendiri yang mungkin bisa kamu terapkan:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Istirahatkan tubuhmu jika lelah

5 Cara Sederhana Menghargai Diri Sendiriilustrasi wanita kelelahan (pexels.com/Marcus Aurelius)

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghargai diri sendiri adalah mengistirahat tubuh jika mulai terasa lelah. Setiap orang tentu perlu istirahat. Apabila kamu terlalu memaksakan tubuhmu, maka kamu pun akan sakit. Bagaimana bisa kamu memikirkan orang lain, tetapi tak pernah memikirkan dirimu sendiri?

Istirahatkan lah tubuh sejenak dari segala kegiatan saat kamu mulai merasakan kelelahan. Jangan porsir diri untuk melakukan kegiatan terus menerus tanpa jeda. Tubuhmu juga butuh asupan tidur dan istirahat untuk mengisi kembali tenaga agar bisa beraktivitas.

2. Banggalah pada diri sendiri

5 Cara Sederhana Menghargai Diri Sendiriilustrasi rasa bangga (pexels.com/Moose Photos)

Kamu pasti sering sekali merasa kagum pada seseorang karena prestasi yang ia dapatkan. Tetapi pernahkah kamu merasa bangga pada diri sendiri atas suatu pencapaian yang sudah kamu dapatkan?

Bangga lah pada diri sendiri saat kamu berhasil melakukan sesuatu. Dengan rasa bangga yang kamu berikan pada diri sendiri, maka akan membuatmu menghargai dirimu dengan cara yang simpel.

3. Akui bahwa dirimu tak sempurna

5 Cara Sederhana Menghargai Diri Sendiriilustrasi wajah polos wanita (pexels.com/Vitaly)

Menjadi sempurna tentu adalah impian semua orang. Mereka yang kesannya sempurna tanpa sedikit celah kekurangan, akan membuatmu tampak sangat istimewa di depan banyak orang. Akhirnya kamu berusaha melakukan segala cara agar terlihat sempurna di depan orang lain. Lalu, saat kamu tak bisa menjadi sempurna, tentunya akan sangat kecewa pada diri sendiri.

Sadarkah kamu bahwa tak ada manusia yang sempurna? Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelemahannya masing-masing. Hanya saja, ada yang mampu menerima kekurangan itu, sehingga ia bisa memperbaikinya. Maka akui bahwa dirimu tak sempurna. Inilah cara sederhana agar kamu bisa menghargai dirimu sendiri.

4. Tenangkan dirimu jika emosimu tak stabil

5 Cara Sederhana Menghargai Diri Sendiriilustrasi wanita di alam (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Emosi bagian dari hidup, rasa sedih, kecewa, marah, maupun bahagia. Segala emosi itu adalah hal yang akan selalu terjadi dalam dirimu. Namun, mungkin kadang kamu terlalu memaksakan diri untuk menahan atau malah terlalu mengeluarkan banyak emosimu.

Kalau kamu merasa sedang tidak baik, berikan waktu untuk dirimu sendiri. Ruang dan waktu untuk menenangkan diri sangat diperlukan saat kondisi emosimu tak stabil. Jangan sampai dirimu berhasil dikendalikan emosi sehingga emosi itu justru memakan dirimu. Setelah emosi menguasai dirimu, bukan hanya kamu yang akan dirugikan. Tetapi juga orang-orang di sekitarmu.

5. Hargai segala usaha dan kerja kerasmu

5 Cara Sederhana Menghargai Diri Sendiriilustrasi cara menghargai kerja kelompok (pexels.com/fauxels)

Cara sederhana menghargai diri sendiri juga adalah dengan menghargai segala usaha dan kerja kerasmu. Kalau kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik, walaupun kamu tak bisa mencapai hasil yang diinginkan, jangan terlalu bersedih.

Tidak masalah kalau kamu gagal, tidak masalah pula kalau kamu harus kalah. Terpenting adalah kamu sudah berusaha yang terbaik. Jika kamu tak bisa menghargai usaha maupun kerja kerasmu dan hanya memikirkan kemenangan, maka hanya ada ambisi di situ.

Banyak cara sederhana untuk menghargai diri sendiri. Sayangilah dirimu, akui bahwa dirimu berharga. Berikan kasih sayang tak hanya untuk orang terdekatmu, tetapi berikan juga pada dirimu sendiri.

Airani Listia Photo Community Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya