Comscore Tracker

Berbahagialah, 5 Alasan Kamu Tak Perlu Menyesal Jadi Ibu Rumah Tangga

Banggalah jadi mama-mama muda di rumah, asalkan...

Menjalani bahtera rumah tangga memang gampang-gampang susah. Apalagi jika kamu memutuskan jadi seorang istri dan meninggalkan karier yang sedang bagus-bagusnya.

Apakah kamu menyesal telah memilih keputusan itu? Tenang saja, untuk kamu yang rela mengorbankan karier demi keluarga. Alasan di bawah ini akan membuatmu semakin yakin sama pilihanmu.

1. Peranmu bukan peran yang mudah dilakukan

Berbahagialah, 5 Alasan Kamu Tak Perlu Menyesal Jadi Ibu Rumah Tanggadramabeans.com

Baca Juga: Duh Seram, Begini Sikap 5 Zodiak Cewek Ketika Emosi Parah!

Ketahuilah, menjadi seorang istri dan ibu bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain harus rela melepas kehidupanmu yang bebas sebelum menikah, kamu pun rela membagi waktu dan perhatianmu untuk keluarga.

Mengurus rumah, mendukung suami dan mengasuh anak bukanlah hal yang mudah. Pekerjaan ini tidak ada waktu pasti kapan kamu harus memulai dan kapan kamu harus berhenti. Bahkan jika memang harus, waktu istirahat pun seolah sangat langka kamu dapatkan.

Mungkin bukan karier yang mapan yang kamu beratkan. Tapi omongan di luar sana yang seolah menyudutkan bahkan menyalahkan keputusanmu. Tapi tenang saja. Kamu tidak salah. Tidak ada yang salah dengan keputusan menjadi ibu rumah tangga. Pekerjaanmu sama beratnya dengan mereka yang tetap memilih berkarier di luar rumah.

2. Kamu tak hanya mengurus rumah dan seisinya

Berbahagialah, 5 Alasan Kamu Tak Perlu Menyesal Jadi Ibu Rumah Tanggain.pinterest.com/zoegamez

Berada di rumah bukan berarti yang kamu lakukan hanya berhubungan dengan seisi rumah saja. Mengurus anak bukan lagi perkara mudah. Kamu harus selalu meningkatkan ilmu, agar apa yang kamu ajarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan buah hati. Kamu akan selalu membutuhkan ilmu baru yang bisa kamu pelajari dari mana saja.

Ya, benar memang. Mengurus rumah dari urusan memasak, membersihkan seisi rumah, mencuci dan kegiatan ibu rumah tangga lainnya memang harus kamu lakukan. Namun jangan berkecil hati. Di sela waktu istirahatmu, kamu tetap bisa melakukan hobimu dan menimba ilmu yang kamu butuhkan.

3. Kebahagiaan keluarga adalah anugerah terindahmu

Berbahagialah, 5 Alasan Kamu Tak Perlu Menyesal Jadi Ibu Rumah Tanggadramabeans.com

Ada banyak alasan saat seorang perempuan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Padahal karier yang ia bangun sedang berada di puncak. Satu di antaranya menjadi bagian dari kebahagiaan sebuah keluarga. Bahkan jika ditanya apa yang paling membuat seorang istri dan ibu itu bahagia, jawabannya mungkin satu, yaitu melihat keluarganya bahagia.

Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menyediakan waktu kapan saja untuk suami dan anak-anak. Mulai dari mengurus mereka, bermain bersama mereka hingga menjadi tempat bercerita bagi mereka.

Ibu adalah rumah ternyaman yang bisa kita tuju saat lelah di luar rumah. Jangan bersedih saat kamu tidak lagi berkegiatan di luar rumah. Karena di dalam rumah, pun kamu bisa meraih bahagiamu sendiri.

4. Menemani anak tumbuh dan menyaksikan suksesnya mereka

Berbahagialah, 5 Alasan Kamu Tak Perlu Menyesal Jadi Ibu Rumah Tanggahellokpop.com

Bayangkan kamu adalah orang yang bisa menemani anakmu tumbuh dan berkembang dengan baik. Kamu bisa melihat masa di mana mereka bisa berjalan, memanggilmu "Mama", bisa membaca, bersekolah hingga berprestasi. Bukankah itu sangat membanggakan? Tentu saja. Terlebih kamu ada di setiap tahapan dan kesuksesan dia dalam melalui setiap fase di hidupnya.

Bukannya mereka yang bekerja dan tidak bisa menyaksikan tumbuh kembang anaknya adalah suatu kesalahan. Hanya saja, setiap perempuan yang telah menikah berhak untuk memilih dan menentukan bagaimana hidupnya akan dibagi-bagi. 

Mereka tetaplah ibu yang sangat bahagia melihat kondisi dan prestasti anaknya. Bahkan sekadar telah berhasil melalui perlombaan mewarnai di taman kanak-kanaknya.

5. Kamu tetap bisa mengembangkan potensi diri

Berbahagialah, 5 Alasan Kamu Tak Perlu Menyesal Jadi Ibu Rumah Tanggadramabeans.com

Baca Juga: Hati-hati Ya, 6 Pertanyaan Ini Bisa Ungkap Kalau Kamu Lagi Tak Bahagia

Meski di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa berkembang dan menjalani hobimu. Kamu harus tetap mengembangkannya dari rumah supaya tetap kreatif dan produktif. Kamu juga bisa mengikuti perkumpulan atau komunitas untuk meningkatkan skillmu, dan menciptakan karya tanpa meninggalkan rumah, kan?

Kamu tetap bisa menjadi istri dan ibu yang siaga untuk keluarga. Walaupun itu tak mudah dilakukan, tapi pengorbananmu wajib diperjuangkan. Dapatkan dukungan dari suami dan seluruh anggota keluarga.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nelsi di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Kamu Gak Perlu Menyesal Fokus Menjadi Ibu Rumah Tangga

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya