Comscore Tracker

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di Vila

Gak semua tanaman cocok untuk kolam yang penuh klorin

Menyertakan tanaman hias sangat bagus untuk lanskap kolam renang. Selain menghadirkan suasana teduh, tumbuhan hijau juga bisa mempercantik kolam sehingga cocok sebagai spot foto saat berenang ataupun pesta. Karena itu, mulailah merencanakan tanaman apa yang hendak kamu tanam di area kolam.

Pemilihan tanaman tentu juga berpengaruh ya. Karena, tidak semua jenis tanaman cocok untuk situasi kolam yang penuh zat kimia dan klorin. Jangan sampai memilih tanaman yang salah, kemudian mati karena terciprat air kolam. Dilansir Thespruce.com, berikut tanaman yang cocok untuk area kolam renang. Dijamin rumah kamu auto berasa di vila.

Baca Juga: 6 Area di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan, Sarangnya Debu

1. Palem

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi kolam renang (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Pohon palem dikenal sebagai lambang pohon tepi kolam karena membantu menciptakan suasana tropis. Ukurannya yang lumayan besar juga memberikan keteduhan untuk area kolam dan privasi, terutama saat siang hari. Palem termasuk tanaman yang tahan dengan percikan klorin. Hanya saja, palem memiliki daun yang rimbun sehingga butuh lebih banyak waktu untuk membersihkannya.

Kamu bisa memilih Golden Cane Palm. Jenis ini tidak begitu merepotkan karena daunnya tidak cepat rontok. Hanya saja, kamu tidak bisa menanamnya di area yang terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat daunnya terbakar.  Untuk kolam dengan area luas, kamu bisa memilih pohon kelapa.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu Terlelap

2. Bunga kembang sepatu

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi tanaman kolam renang (pexels.com/Engin Akyurt)

Tanaman pertama yang cocok untuk ditanam di pinggir kolam adalah kembang sepatu. Perpaduan yang kontras antara daunnya yang hijau dan bunga berwarna-warni akan memberi sentuhan kolam bergaya Mediterania.

Kembang sepatu menghasilkan kelopak yang beragam, mulai dari warna, bentuk, dan ukuran. Pilih spesies yang kamu sukai dan tanam di area yang mendapat sinar matahari penuh.

Kamu juga bisa menumbuhkan kembang sepatu di pot dan memindahkannya ke bebeberapa area. Namun ingat, bunga yang satu ini membutuhkan banyak air jadi harus sering-sering disiram.

3. Bunga burung cendrawasih (strelitzia reginae)

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi tanaman kolam renang (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Ingin menambahkan suasana tropis ke kolam renang? Maka pilihlah tanaman ini. Disebut burung cendrawasih karena bagian bunganya mirip sekali dengan kepala burung cendrawasih. Sekilas, tanaman asli Afrika Selatan ini berbentuk seperti pohon pisang dan tumbuh tegak, sehingga cocok digunakan untuk pagar di tepi kolam.

Daunnya yang rimbun akan menghadirkan kesan teduh dan tentu saja cukup kuat untuk menahan cipratan air kolam. Tanamlah di area yang terlindungi dari angin karena daun burung cendrawasih cepat robek.

4. Rumput zebra (miscanthus sinensis 'zebrinus')

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi tanaman kolam renang (pexels.com/Thorsten technoman)

Rumput zebra atau yang dikenal dengan nama miscanthus sinensis 'zebrinus' termasuk dalam jenis rumput hias. Memiliki daun hijau segar dan bunga berwarna ungu, tanaman ini sangat rimbun dan mencolok. Memberi kesan eksotis jika disandingkan dengan air kolam. Gerakan tangkainya yang dinamis dan halus saat bergoyang ditiup oleh angin, juga akan menghadirkan sensasi tenang.

Rumput zebra bertahan dengan baik dalam panas dan cahaya yang dipantulkan di sekitar kolam. Merawatnya pun tidak sulit. Rumput ini bisa tumbuh subur di tanah yang berpasir, berkapur, ataupun liat. Rumput zebra tumbuh secara cepat dan mampu menyatu dengan tanaman lain. Pemangkasan diperlukan untuk menjaga bentuknya tetap rapi dan tidak mengotori air kolam.

5. Papirus mesir (papirus cyperus)

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi tanaman kolam renang (pexels.com/Maria Orlova)

Papirus mesir juga disebut alang-alang air dan termasuk tanaman yang hidup di lahan basah. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh rimbun di sekitar kolam dan menghadirkan suasana tropis. Papirus menyukai air sehingga aman jika terkena cipratan kolam.

Selain itu, papirus menyukai kelembapan dan butuh sinar matahari penuh. Untuk tambahan nuansa eksotis pada kolam renang, kamu bisa memadukan papirus dengan tumbuhan paku ekor kuda.

6. Tanaman agave attenuata

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi tanaman kolam renang (pexels.com/anna-m. w.)

Butuh tanaman eksotis lain untuk menghiasi kolam? Maka jawabannya adalah agave attenuata. Jenis ini berasal dari Meksiko dan memiliki varian warna putih, kuning, hingga hijau. Bentuknya unik, berupa daun yang tumbuh menumpuk, rapat, dan membentuk lingkaran. Penampilannya tersebut membuatnya juga disebut sebagai buntut rubah dan ekor singa.

Agave attenuata tumbuh dengan baik di dekat laut serta kolam. Hal yang pasti kamu sukai selain bentuknya yang cantik, agave jenis ini tidak butuh banyak air. Jadi tidak perlu sering-sering disiram. Tanamlah di area yang mendapat sinar matahari penuh agar pertumbuhannya baik.

7. Sukulen echeveria (crassulaceae)

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi sukulen (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Sukulen jenis echeveria sangat populer dan cocok ditanam di dekat kolam renang atau spa, khususnya area yang berbatu. Jika tanahnya cocok, echevaria bisa membentuk rumpun semak, sehingga menghadirkan nuansa yang unik dan eksotik.

Kamu tidak perlu repot-repot menyiram karena seperti sukulen lain, jenis ini tahan terhadap kekeringan. Sukulen memang tidak butuh perawatan khusus agar mau tumbuh dengan baik. Tanamlah di area yang terkena sinar matahari penuh dan kamu akan mendapatkan variasi warna daun yang cantik, mulai dari hijau, merah mudah, merah, hingga kuning.

8. Kamboja

8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di VilaIlustrasi tanaman kolam renang (pexels.com/Sebastian Voortman)

Kamboja atau frangipani tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh. Bunganya yang berwarna putih juga sangat menonjol jika ditanam di kolam. Daunnya berukuran besar sehingga mudah dibersihkan jika terjatuh ke dalam air.

Kamboja akan membantu menjaga kolam, terutama untuk mencegah masalah dengan sistem filtrasi. Akarnya tidak invansif sehingga tidak perlu khawatir merusak pondasi kolam. Kamu bisa menanamnya di samping tembok, pipa, area beraspal, atau di sebelah bangunan.

Sirami kamboja secara teratur ya dan kamu akan bisa merasakan sensasi berenang di hotel-hotel mewah di Bali.

Nah, itulah tanaman yang cocok untuk area kolam renang. Tanamannya mudah dicari di toko tanaman hias atau daring.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya