Comscore Tracker

5 Tips Mencegah Hewan Peliharaan Merusak Kebun

Aman bagi hewan, subur bagi tanaman

Berkebun memiliki banyak sekali manfaat, sama halnya dengan merawat kucing atau anjing. Dua-duanya bisa membuat kamu bahagia dan sehat. Namun situasi bisa sedikit melelahkan jika kucing atau anjingmu malah ikut masuk dan merusak kebun. Beberapa jenis tanaman juga bisa menganggu kesehatan hewan peliharaan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hewan merusak kebun. Dilansir Housedigest.com, berikut 5 tips mencegah hewan peliharaan merusak kebun.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin Subur

1. Memasang pagar

5 Tips Mencegah Hewan Peliharaan Merusak KebunIlustrasi berkebun (pexels.com/Merilin Kirsika Tedder)

Cara pertama tentu saja dengan memasang pagar ya. Pagar bisa mencegah hewan peliharaan dan hewan-hewan liar lainnya memasuki serta mengobrak-abrik isi halaman. Jenis pagar bisa disesuaikan dengan kesukaan dan biaya yang kamu miliki ya.

Selain itu, jangan lupakan ukuran hewan peliharaan. Anjing berjenis besar seperti Golden Retriever memiliki kekuatan yang mampu merobohkan pagar berbahan bambu. Atau, kucing akan mampu menyelinap ataupun meloncati pagar berjenis apa pun.

Untuk itu, buatlah pagar yang kuat dan kokoh. Jangan lupa melapisi bagian atas dan bawah dengan kawat untuk mencegah anjing menggali bagian bawah, atau kucing yang ahli meloncati bagian atas pagar.

Baca Juga: 5 Bau Pakaian yang Sulit Dihilangkan dan Cara Mencucinya

2. Memasang penyiram otomatis

5 Tips Mencegah Hewan Peliharaan Merusak KebunIlustrasi anjing di kebun (pexels.com/Jack Geoghegan)

Kamu juga bisa memasang penyiram air otomatis yang bisa diaktifkan dengan gerakan. Semburan air yang tiba-tiba mungkin cukup membuat kaget anjing atau kucing, sehingga mundur dari kebun. Selain itu, penyiram otomatis juga bisa membantu kamu untuk mengairi kebun dan mengusir hewan liar.

3. Semprotan merica buatan sendiri

5 Tips Mencegah Hewan Peliharaan Merusak KebunIlustrasi anjing di kebun (pexels.com/Brixiv)

Cara ketiga mencegah hewan peliharaan masuk rumah adalah dengan menyemprotkan merica atau bahan dengan kandungan yang mirip. Seperti yang diketahui banyak orang, sebagian besar hewan termasuk kucing dan anjing, menggunakan indera penciuman untuk mengenali lingkungan. Aroma merica, paprika, atau bahan-bahan lain yang berbau panas tidak disukai hewan. Sehingga bisa mencegah mereka untuk masuk ke kebun.

Untuk membuat semprotan merica, kamu hanya butuh botol semprot, air, dan bahan lain yang bersifat panas. Kamu bisa menggunakan bubuk merica, bubuk cabai, atau bubuk paprika. Campurkan bahan dan semprotkan sesering mungkin ke sekeliling kebun. Hewan peliharaan akan mengendusnya dan mengasosiasikan kebun dengan aroma merica yang tidak menyenangkan.

4. Taburkan ampas atau bubuk kopi

5 Tips Mencegah Hewan Peliharaan Merusak KebunIlustrasi berkebun (pexels.com/Greta Hoffman )

Selain merica, hewan peliharaan juga tidak menyukai aroma pahit dari kopi. Kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk melindungi kebun. Caranya, cukup taburi sekeliling kebun dengan ampas kopi atau campur ke lapisan teratas tanah. Sebagai bonus, tanaman dan tanah juga bisa mendapat manfaat lebih dari ampas kopi.

Namun kamu perlu ingat, bahwa kopi merupakan zat yang bersifat asam sehingga bisa meningkatkan PH tanah. Jangan menambahkan kopi di dekat tanaman yang menyukai tanah basa ya.

5. Menanam tanaman pengusir

5 Tips Mencegah Hewan Peliharaan Merusak KebunIlustrasi kucing di kebun (pexels.com/Alex Bargain)

Terakhir, cara yang aman untuk menjauhkan hewan peliharaan dan kebun adalah dengan menanam tumbuhan yang menghasilkan bau. Beberapa bunga dan tanaman yang tidak disukai oleh anjing adalah marigold, lavendel, tanaman rue, cabai, dan kari. Sementara tanaman yang tidak disukai kucing adalah serai, geranium, dan rosemary.  

Kamu bisa menanam tanaman-tanaman tersebut di beberapa titik sekitar kebun atau setidaknya mengelilingi kebun, terutama dekat pintu masuk. Formasi ini lumayan mampu untuk mengusir kebun binatang peliharaan dari kebun.

Nah, itulah beberapa cara mencegah hewan peliharaan merusak kebun. Cobalah dua atau lebih tips dalam satu waktu agar lebih efektif. Selamat mencoba.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya