Comscore Tracker

5 Ide Aktivitas Kreatif untuk Mahasiswa, Bakal Berguna saat Kerja!

Gunakan waktu kamu semaksimal mungkin yuk

Bagi seorang mahasiswa, mengasah kemampuan adalah sebuah keharusan untuk mempersiapkan diri di dunia industri. Sesungguhnya ada banyak program pemerintah dan pihak lembaga swasta yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa.

Tuntutan dan persaingan kerja kini semakin keras. Karenanya mahasiswa pun harus mulai mempersiapkan diri agar nantinya siap menghadapi dunia kerja. Nah agar tidak tertinggal, berikut ide aktivitas yang bisa diikuti oleh mahasiswa untuk mengasah kemampuan. Bakal berguna banget nanti saat kerja ya. 

Baca Juga: 5 Dampak Jika Kamu Sering Diandalkan Teman Kerja

1. Magang bersertifikat

5 Ide Aktivitas Kreatif untuk Mahasiswa, Bakal Berguna saat Kerja!ilustrasi bekerja di depan komputer (Pixabay.com/StartupStockPhotos)

Kegiatan magang pasti sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa. Ya, magang sangat penting sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Magang biasanya disesuaikan dengan latar studi kuliah. Sangat banyak manfaat yang didapatkan dari mengikuti program magang ini lho!

Saat kamu terlibat langsung dalam aktivitas internal di institusi tempat kamu magang, peluang untuk diterima sebagai karyawan tetap di perusahaan magang tersebut juga besar. Selain itu kamu dapat memperluas jaringan dan hubungan di tempat magang dan memiliki pengetahuan tentang praktik di sektor yang kamu minati. Tak kalah pentingnya adalah pengalaman kerja yang berharga sebagai bekal setelah lulus dari perguruan tinggi. 

2. Kompetisi antar mahasiswa

5 Ide Aktivitas Kreatif untuk Mahasiswa, Bakal Berguna saat Kerja!ilustrasi piala (Pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Di masa kuliah tentunya kompetisi antar mahasiswa sangat beragam jenisnya. Ada karya tulis ilmiah, business plan, poster, puisi, dan masih banyak lagi. Nah itu semua dapat diikuti sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Kamu juga bisa mencoba hal baru untuk memberi tantangan pada diri sendiri. Manfaat yang bisa didapat dari mengikuti kompetisi antar mahasiswa ini tentunya sangat banyak.

Dari sisi internal, tentu pengetahuan dan pengalaman yang akan didapat sangatlah beragam. Kemudian dari sisi eksternal, nama kamu akan mulai dikenal dan semakin menambah pertemanan. Nah dari pengetahuan dan juga pengalaman yang didapat selama mengikuti lomba ini, nantinya akan menjadi langkah baru dalam pembentukan karaktermu di dunia kerja nantinya.

3. Penelitian atau riset

5 Ide Aktivitas Kreatif untuk Mahasiswa, Bakal Berguna saat Kerja!ilustrasi penelitian di laboratorium (Pexels.com/Chokniti Khongchum)

Penelitian atau riset juga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dicoba semasa kuliah lho. Banyak manfaat yang didapat dari mengikuti kegiatan penelitian. Kamu mulai belajar beradaptasi dengan orang lain, menemukan permasalahan baru dalam penelitian, mencari solusi yang tepat untuk persoalan penelitian, serta yang tak kalah pentingnya adalah menyusun hasil penelitian menjadi bentuk yang sistematis.

Penelitian dalam jenjang perguruan tinggi sangat banyak ragamnya. Ada yang bekerja sama dengan dosen ataupun lembaga-lembaga terkait yang memang memerlukan tenaga mahasiswa dalam kegiatan penelitiannya. Jadi jika ditawari ikut penelitian, jangan pernah ragu ya untuk mencoba!

4. Pengabdian kepada masyarakat

5 Ide Aktivitas Kreatif untuk Mahasiswa, Bakal Berguna saat Kerja!ilustrasi mengabdikan diri kepada masyarakat (Unsplash.com/Su Nyoto)

Selain merupakan Tri Dharma perguruan tinggi, pengabdian masyarakat sendiri memang memberikan banyak dampak positif bagi mahasiswa. Misalnya, melatih kemampuan mahasiswa dalam hidup bermasyarakat. Kegiatan ini juga menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk dapat mengetahui pola hidup bermasyarakat serta dapat menyumbangkan pemikiran ataupun idenya kepada masyarakat untuk membangun dan menggali potensi masyarakat itu sendiri.

Selain adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kemdikbud selaku pihak yang berwenang dalam pengembangan pendidikan di Indonesia juga turut mencanangkan banyak program pengabdian masyarakat, seperti Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D). Melalui program itu, diharapkan banyak mahasiswa yang tergerak untuk melakukan pengabdian pada desa-desa sekitarnya.

5. Organisasi mahasiswa

5 Ide Aktivitas Kreatif untuk Mahasiswa, Bakal Berguna saat Kerja!ilustrasi diskusi pada organisasi (Unsplash.com/austindistel)

Keberadaan organisasi mahasiswa, tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia perkuliahan. Organisasi mahasiswa tentu banyak jenisnya, mulai dari tingkat terbawah ada himpunan mahasiswa jurusan, kemudian di tingkat fakultas, ada badan eksekutif dan di tingkat universitas ada Presiden Mahasiswa.

Memang mengikuti organisasi mahasiswa cenderung membuat orang menjadi sibuk. Tetapi di balik itu, sangat banyak manfaat yang didapat. Seperti melatih sikap kepemimpinan, etika, berkenalan dengan orang banyak, kedisiplinan, serta memanajemen komposisi kepanitiaan dalam setiap kegiatan. Semua manfaat tersebut akan menjadi bekal awal yang sangat penting dalam memasuki dunia kerja ke depannya.

Nah, itulah lima program yang bisa kamu ikuti saat masa perkuliahan. Aktivitas mana yang paling kamu suka?

Indra Dewangkara Photo Community Writer Indra Dewangkara

God Bless Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya