Comscore Tracker

10 Lagu Tema Guru, Menyentuh Hati

Ada lagu Bahasa Bali, cocok dinyanyikan pada Hari Guru

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Pada hari ini mengingatkan kita semua tentang jasa-jasa para guru.

Mereka memikul tanggung jawab yang besar untuk mencerdaskan bangsa. Ada baiknya juga kita mendengarkan lagu-lagu tema tentang guru. Apa saja? Langsung disimak ya.

Baca Juga: 10 Istilah Penting yang Berhubungan dengan Guru

Baca Juga: 7 Puisi Bahasa Bali Tema Guru dan Terjemahannya

1. 'Guru Oemar Bakrie' - Iwan Fals

https://www.youtube.com/embed/8aSclF7GeJg

Lagu lawas ciptaan Iwan Fals ini berisi sindiran tentang sosok guru yang tidak diperhatikan oleh pemerintah. Oemar Bakrie adalah sosok guru yang mendapatkan penghasilan tidak setara dengan beban tanggung jawabnya.

2. 'Catur Guru' - Nyanyian Dharma

https://www.youtube.com/embed/G3ZzvyIlxwo

Lagu Bahasa Bali "Catur Guru" bercerita tentang empat guru yang dikenal dalam ajaran Agama Hindu yaitu Guru Swadyaya, Guru Wisesa, Guru Pengajian, dan Guru Rupaka. Lagu ini diciptakan untuk memperkuat fondasi kita dalam menghargai dan melaksanakan berbagai anjuran bimbingan dari para guru dalam menjalankan kehidupan.

3. 'Suksma Bapak Ibu Guru' - Gek Angel

https://www.youtube.com/embed/-FSxhaNsm5Y

"Suksma Bapak Ibu Guru" dalam Bahasa Indonesia artinya terima kasih bapak ibu guru. Lagu ini dinyanyikan oleh Gek Angel, berkisah tentang murid yang berterima kasih kepada gurunya karena telah diberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk masa depannya.

4. Suksma Guru Sunari Loka

https://www.youtube.com/embed/EMV5tqp8wuU

Lagu berbahasa Bali ini dibintangi oleh artis nasional Nova Eliza. "Suksma Guru (terima kasih guru)" adalah lagu slow rock namun enak didengar dengan lirik yang sangat menyentuh. Berisi ucapan terima kasih kepada guru karena telah mengubah setiap orang yang berawal dari kosong, diisi ilmu pengetahuan oleh kemudian menjadi orang berguna.

5. 'Terima Kasihku' - Gita Gutawa

https://www.youtube.com/embed/E0nhRc_jmWU

Gita Gutawa membawakan kembali sebuah lagu nasional yang berjudul "Terima Kasihku". Lagu ciptaan Sri Widodo merupakan sebuah ungkapan terima kasih kepada guru yang telah tulus memberikan ilmu. Musik dan liriknya sangat menyentuh dengan alunan orkestra.

6. 'Jasamu Guru' ciptaan M. Isfanhari

https://www.youtube.com/embed/n6ys9WUUrqE

Lagu "Jasamu Guru" diciptakan untuk mengingatkan setiap orang bisa menguasai ilmu pengetahuan karena jasa seorang guru yang selalu membimbing selama di sekolah. Guru seperti pelita yang menerangi dalam gulita.

7. 'Guruku Tersayang' ciptaan Melly Goeslaw

https://www.youtube.com/embed/4V8vkJrHFfA

"Guruku Tersayang" adalah lagu tentang guru yang sangat populer. Lagu ini mengungkapkan rasa terima kasih kepada guru yang telah membimbing dengan tulus. Walaupun murid sering membuat gurunya marah, namun selalu memaafkan perbuatan tersebut.

8. Simfoni Buat Guru

https://www.youtube.com/embed/Vc_vhM6kcdk

Lagu "Simfoni Buat Guru" dibawakan oleh SMKN 1 Paguyaman untuk memperingati Hari Guru Nasional. Lagu ini diciptakan oleh Ervan Lubis S Pd. Lagu ucapan terima kasih untuk guru atas pengabdian luhurnya dan lantunan doa agar berlimpah rahmat dari Tuhan Yang Esa.

9. 'Pahlawanku' - Naailatun Nadwa

https://www.youtube.com/embed/qTnMdVCqhZo

Lagu "Pahlawanku" mengisahkan tentang guru yang telah membimbing tanpa lelah dan tulus. Karena hal ini, guru juga layak disebut pahlawan dalam kehidupan ini.

10. 'Guruku' - dinyanyikan oleh Aisyah Istri Rasulullah

https://www.youtube.com/embed/StoPv2YGkSE

Lagu ini mengisahkan murid yang berpisah dengan gurunya setelah menyelesaikan masa sekolahnya. Ucapan terima kasih dialunkan karena selama belajar telah dibekali banyak ilmu dan selalu dibimbing untuk menjadi murid yang baik.

Gak cuma Bahasa Indonesia, lagunya ada juga yang menggunakan Bahasa Bali hasil karya seniman musik dari Bali. Apa pun bahasanya, lagu-lagu di atas mengingatkan kita akan jasa-jasa para guru dan tak lupa untuk mengucapkan terima kasih. Selamat Hari Guru Nasional!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya