Comscore Tracker

5 Pencapaian Album Pertama Aespa, Rookie Monsternya SM Entertainment

Padahal #Aespa belum setahun debut. Hebat!

Girl group Aespa, rookie monster jebolan SM Entertainment (SME) ini baru saja mengeluarkan mini albumnya, Savage, Selasa (5/10/2021) lalu. Mereka merilis music video (MV) lagu dengan judul yang sama untuk mengawalinya. Kurang dari 24 jam, banyak pencapaian yang diraih oleh grup beranggotakan Karina, Winter, Giselle, dan Ning Ning ini.

Pencapaian ini patut diacungi jempol, terlebih Aespa adalah grup yang belum setahun debut. Apa saja pencapaian mereka? Berikut ini di antaranya:

1. Pre-order albumnya tembus 400 ribu kopi

5 Pencapaian Album Pertama Aespa, Rookie Monsternya SM EntertainmentGiselle (twitter.com/aespa_official)

Angka penjualan pre-order album Aespa dilaporkan mencapai 400 ribu kopi. Angka yang fantastis untuk grup yang belum setahun debut. Aespa sendiri baru debut November 2020 lalu.

2. Menyapu tangga lagu dunia berkat Savage

5 Pencapaian Album Pertama Aespa, Rookie Monsternya SM EntertainmentKarina (twitter.com/aespa_official)

Setelah dirilis, Savage langsung menduduki peringkat pertama tangga lagu real time chart di Korea Selatan baik Melon, Genie, dan Bugs.

Album mereka juga menduduki peringkat puncak untuk iTunes Top Albums charts di 17  negara antara lain Jepang, Australia, Brazil, Selandia Baru, Rusia, Denmark, Vietnam, Filipina, India, Peru, Malaysia, Oman, Indonesia, Taiwan, Kazakhstan, Laos, dan Mongolia.

Savage juga menduduki puncak real-time chart untuk Korean songs di China’s QQ Music dan real-time chart di Japanese platform AWA.

3. Unique listeners tertinggi di Melon untuk lagu Savage sepanjang tahun 2021

5 Pencapaian Album Pertama Aespa, Rookie Monsternya SM EntertainmentWinter (twitter.com/aespa_official)

Pencapaian Aespa yang lain adalah Lagu Savage memiliki 57.976 unique listeners setelah satu jam pertama muncul di Melon. Itu merupakan pencapaian tertinggi yang diraih Aespa.

4. Peringkat kedua penjualan album fisik tertinggi kategori SME Female Album Sales

5 Pencapaian Album Pertama Aespa, Rookie Monsternya SM EntertainmentNing Ning (twitter.com/aespa_official)

Meskipun belum setahun debut, penjualan album Aespa di hari pertama tidak mengecewakan. Di antaranya SME Female solo/girl group yang menduduki peringkat kedua penjualan album terbanyak pada hari pertama, yaitu 147.195 kopi. Sementara posisi pertama dipegang oleh Red Velvet dengan album yang berhasil terjual sebanyak 150.623 kopi di hari pertama.

5. Mereka menduduki peringkat tiga Hanteo untuk penjualan album debut terbanyak

5 Pencapaian Album Pertama Aespa, Rookie Monsternya SM EntertainmentAespa dan Ae (twitter.com/aespa_official)

Aespa juga menduduki peringkat tiga kategori penjualan album debut terbanyak. Sedangkan peringkat pertama diraih oleh X1, dan peringkat kedua oleh Enhypen. Itulah lima pencapaian Aespa. Selamat ya Karina, Winter, Giselle dan Ning Ning!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya