Comscore Tracker

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas Udayana

Mimin doain gak ada yang sakit ya sewaktu liburan ke Bali

Layanan kesehatan menjadi sektor yang cukup krusial dalam kehidupan masyarakat. Terlebih untuk daerah yang menjadi pusat destinasi wisata dunia. Bali bahkan pernah menggaungkan ide medical tourism, dengan harapan Pulau Dewata menjadi pusat pengobatan di tingkat nasional maupun internasional. 

Lalu seperti apa saat ini pelayanan rumah sakit di Bali, khususnya Kabupaten Badung? Berdasarkan data terkini yang tercatat di laman Badan PPSDM Kesehatan, Informasi SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, bppsdmk.kemkes.go.id, berikut daftar rumah sakit di Kabupaten Badung:

Baca Juga: Daftar Harga Rumah di Badung Bali, Mulai Rp375 Jutaan

1. Rumah Sakit Khusus Bedah BIMC

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaBIMC Hospital Kuta. (instagram.com/bimchospital.kuta)

Rumah Sakit Khusus Bedah BIMC berdiri tahun 1998, terletak di area Simpang Siur, Kuta, Kabupaten Badung. Lokasi yang strategis ini memudahkan para pasien di seluruh wilayah Bali untuk berobat, baik terkait tindakan emergency maupun lainnya. 

Layanan yang disediakan oleh Rumah Sakit Khusus Bedah BIMC di antaranya laboratory, Radiology Imaging/Multi Slice CT Scan/USG/Echocardiography/X-ray, dan home care. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan layanan medical evacuation, travel medicine, dan ambulans.

Alamat: Jalan By Pass Ngurah Rai No.100X, Kuta, Kabupaten Badung                             
Nomor telepon: 0361-761263                                                                                           
Website: www.bimcbali.com

Baca Juga: Sejarah Kabupaten Badung, Pernah Menjadi Pusat Perdagangan Budak

2. RS Umum Daerah Kabupaten Badung Mangusada

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaRSUD Mangusada, Badung. (instagram.com/rsdmangusada)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mangusada awalnya merupakan Klinik Dharma Asih yang dikelola oleh Yayasan Hindu Rsi Markandya. Kemudian pada September 1998, diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Badung. Namanya pun diganti menjadi Poliklinik Rumah Bersalin Çura Dharma Asih.

Setahun berikutnya dilakukan perluasan area dan gedung rumah sakit mulai dibangun. Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Badung diterbitkan pada 30 April 2002.

Pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum diberikan mulai 22 Agustus 2002, namun baru dibuka secara resmi oleh Bupati Badung, AA Ngurah Oka Ratmadi SH pada 4 September 2002. Pelayanan yang disediakan di antaranya Poliklinik, Unit Gawat Darurat (UGD), dan Rawat Inap dengan fasilitas 25 tempat tidur.

Alamat: Jalan Raya Kapal Mengwi, Kabupaten Badung                             
Nomor telepon: 0361-9006812                                                                                           
Website: rsudmangusada.badungkab.go.id

3. Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Kedonganan

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaKasih Ibu Hospital. (instagram.com/kasihibuhospital)

Sebelum resmi menjadi Rumah Sakit Kasih Ibu, awalnya adalah sebuah klinik bersalin yang didirikan oleh dr Suanda Duarsa SpOG dan Ibu Asmariani Duarsa. Klinik tersebut beroperasi di Jalan Teuku Umar Denpasar mulai Oktober 1987. Seiring waktu, akhirnya pada tahun 1989 klinik tersebut menjadi Rumah Sakit Bersalin dengan kapasitas 18 tempat tidur. Lalu secara resmi menjadi Rumah Sakit Umum Kasih Ibu pada tahun 1991. 

Saat ini Kasih Ibu Hospital Group mengoperasikan empat rumah sakit umum dan dua klinik yang tersebar di wilayah Denpasar, Tabanan, Kedonganan dan Gianyar. RS Umum Kasih Ibu Kedonganan berdiri tahun 2006.

Alamat: Jalan Uluwatu No. 69 Kedonganan, Kabupaten Badung                             
Nomor telepon: 0361-703270                                                                                           
Website: kih.co.id

4. Rumah Sakit Umum Siloam Bali

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaRS Umum Siloam Bali. (instagram.com/siloambali)

Siloam Hospitals Group (Siloam) adalah jaringan rumah sakit swasta di Indonesia. Satu di antaranya ada di Bali. Tim medis Siloam terdiri dari 2.700 dokter umum dan dokter spesialis, serta 10.000 perawat dan staf pendukung lainnya dan telah melayani hampir 2 juta pasien setiap tahunnya.

RS Umum Siloam Bali dilengkapi dengan unit penanganan trauma dan evakuasi medis seperti layanan Rumah Sakit Keliling, hemodialisis, dan kemoterapi sehari. Rumah sakit sudah mendapat akreditasi KARS dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Alamat: Jalan Sunset Road No. 818 Kuta, Kabupaten Badung                             
Nomor telepon: 0361-779900                                                                                          
Website: www.siloamhospitals.com

5. Rumah Sakit Umum Surya Husadha Nusa Dua

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaSurya Husadha Nusa Dua. (facebook.com/suryahusadhanusadua)

Rumah Sakit Umum Surya Husadha Nusa Dua bermula dari Rumah Bersalin Nusa Dua di Jalan Siligita yang operasionalnya diresmikan pada 3 November 2006. Statusnya meningkat menjadi Rumah Sakit Umum Surya Husadha Nusa Dua pada 24 Februari 2014.

Pelayanan yang tersedia di antaranya fasilitas UGD, rawat jalan, rawat inap, laboratorium, rontgen yang dilengkapi dengan alat USG, IPAL, TPS infeksius dan non infksius, advance ambulance dan jaringan in house clinic di beberapa hotel berbintang di sekitarnya.

Alamat: Jalan Siligita Blok I No 14, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung                             
Nomor telepon: 0361-775827                                                                                          
Website: www.suryahusadha.com

6. Rumah Sakit Umum Bali Jimbaran

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaRumah Sakit Bali Jimbaran. (instagram.com/rsbalijimbaran)

Rumah Sakit Bali Jimbaran merupakan rumah sakit swasta yang berdiri sejak tahun 2015 di bawah badan hukum PT. Jimbaran. Hingga tahun 2019, RS Bali Jimbaran memiliki layanan yang diunggulkan yakni layanan Kesehatan Ibu dan Anak. Rumah sakit ini memiliki 8 dokter spesialis kandungan dan kebidanan serta 5 dokter spesialis anak.

Selain itu, Rumah Sakit Bali Jimbaran juga menyediakan alat ABVS yang menjadi moda skrining tumor payudara sampai dengan pelayanan persalinan dengan tanpa rasa nyeri. Fasilitas bayi tabung termasuk satu-satunya layanan IVF di Badung Selatan dengan teknologi terbaru yaitu sex determined.

Alamat: Jalan Kampus Unud No. 52, Kabupaten Badung                             
Nomor telepon: 0361-4725123                                                                                          
Website: www.rsbalijimbaran.com

7. Rumah Sakit Universitas Udayana

Daftar Rumah Sakit di Badung, Ada yang Milik Universitas UdayanaRSPTN Unud memiliki gedung baru perawatan pasien COVID-19. (DokIDN Times/Istimewa)

Rumah Sakit Universitas Udayana bernaung di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2010. Rumah sakit ini didirikan untuk memenuhi keperluan Pendidikan Dokter bagi Mahasiswa Kedokteran Universitas Udayana dan tenaga kesehatan lainnya di lingkungan Universitas Udayana.

Pembangunan Rumah Sakit Universitas Udayana menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan pembiayaan multi years. Sejak mulai beroperasi pada tahun 2013, dalam perjalanannya, pada tahun 2018 rumah sakit ini meningkatkan status operasional menjadi Rumah Sakit Tipe C dengan pelayanan empat besar di antaranya obgyn, anak, bedah, dan interna.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof H Mohamad Nasir PhD Ak meresmikan Rumah Sakit Universitas Udayana pada 29 September 2018.    

Alamat: Jalan Rumah Sakit Universitas Udayana. No.1, Jimbaran, Badung                             
Nomor telepon: 0361-8953670                                                                                         
Website: rs.unud.ac.id

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya