Comscore Tracker

5 Cara Menambah Energi Tubuh Secara Alami 

Kamu gak harus selalu meminum obat penambah energi ya

Saat kamu ingin lebih bersemangat dan berenergi, biasanya kafein dan minuman manis menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Memang tidak ada yang salah dengan pilihan itu. Hanya saja perlu diingat bahwa minuman tersebut sarat akan gula dan ke depannya bisa menganggu kesehatan. 

Nah, daripada ketergantungan dengan minuman berenergi, kamu bisa lho mencoba cara alami untuk menambah energi tubuh. Bagaimana caranya? Cek yuk di bawah ini cara untuk menambah energi tubuh secara alami. 

Baca Juga: 5 Cara Cek Teman yang Tulus dan Setia

1. Istirahat yang cukup di malam hari

5 Cara Menambah Energi Tubuh Secara Alami ilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Banyak orang yang tidak bisa tidur dengan nyenyak sehingga kemudian mengonsumsi obat-obat tertentu. Tak sedikit juga yang akhirnya menggunakan kafein dan hal-hal manis lainnya sebagai penambah energi.

Cara seperti itu mungkin akan mempan hanya untuk sementara waktu saja. Tapi kenyataannya tidak akan mengubah fakta bahwa tubuh tetap kekurangan waktu tidur sebagaimana yang seharusnya diperlukan.

Kekurangan tidur juga menyebabkan penurunan kadar leptin, hormon yang bertanggung jawab untuk menekan nafsu makan. Kebiasaan bergadang sebaiknya dihindari. Istirahat yang cukup di malam hari tentu sangat tepay untuk menambah energi secara alami. 

2. Belajar mengolah perasaan dan mengatasi depresi

5 Cara Menambah Energi Tubuh Secara Alami ilustrasi meditasi (pexels.com/cottonbro)

Depresi sangat menghancurkan energi. Saat depresi, kamu tidak ingin berada di luar ruangan, atau menghabiskan waktu bersama teman. Motivasi untuk berolahraga pun tidak ada. 

Jika kamu mengalami depresi, pertimbangkanlah untuk melakukan beberapa terapi alami, karena solusi obat-obatan mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan baik untuk tubuh. Apabila kamu harus menggunakan obat-obatan, cobalah untuk meminimalisirnya. 

3. Konsumsi makanan yang kaya zat besi

5 Cara Menambah Energi Tubuh Secara Alami unsplash.com/@yu_salad

Apabila darahmu tidak memiliki cukup zat besi di dalamnya, kamu pasti akan merasa lesu. Ini adalah penyebab umum kelelahan pada sebagian besar perempuan. Kamu dapat memutuskan untuk mengambil beberapa suplemen zat besi sebagai penggantinya. 

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Nutrisi dan enzim akan memudahkan tubuhmu menyerap zat besi. Sadar akan kadar zat besi dalam darahmu sangat penting untuk menjaga energi tetap terdongkrak.

4. Konsumsi air mineral yang cukup

5 Cara Menambah Energi Tubuh Secara Alami ilustrasi minum air (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kelelahan bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Ini juga merupakan gejala pertama dehidrasi. Air meningkatkan kinerja untuk ketahanan tubuh sehingga juga memengaruhi metabolisme.

Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air setiap hari agar kamu tidak dehidrasi. Kamu juga bisa mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air agar tubuhmu tetap sehat dan bisa aktif sepanjang hari.

5. Cobalah untuk memperbaiki gaya hidup

5 Cara Menambah Energi Tubuh Secara Alami ilustrasi makan sehat (pexels.com/Nathan Cowly)

Mengonsumsi makanan yang salah dan terlalu sedikit, bisa menyumbat energimu. Meskipun kamu akan mendapatkan energi dari gula, tapi itu hanya sementara saja. Sama halnya seperti ketika kamu kekuangan tidur. Gula juga mencuri energi jangka panjangmu. 

Sebaliknya, cobalah untuk mengubah gaya hidupmu dan singkirkan makanan yang tidak baik untukmu. Tapi bukan bearti kamu harus meninggalkan makanan favoritmu yang bergizi.

Nah cobalah cara-cara di atas untuk meningkatkan energimu secara alami. Apabila kamu harus menggunakan obat-obatan, terutama untuk hipotiroidisme, anemia atau depresi, maka pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya