Comscore Tracker

Demi Kesehatan Mental, Disarankan Nonton Drama Maksimal Empat Jam

Hayo siapa yang nontonnya sampai berjam-jam?

Apakah kalian suka berlama-lama menghabiskan waktu untuk menonton drama kesayangan? Terutama di masa pandemik ini. Rasanya ingin menghabiskan semua seri drama dalam sehari bukan? Apalagi drama asal negeri Gingseng yang selain berhasil menggaet perhatian para kawula muda, juga mampu membuat emosi penontonnya terbawa suasana.

Eits, tahu gak sih, kalau nonton drama itu ada lama waktu yang disarankan? Supaya kesehatan mental dan fisik kita juga terjaga. Berikut ini penjelasan psikolog sekaligus founder Pradnyagama, Retno IG Kusuma kepada IDN Times belum lama ini terkait dengan hobi menonton drama atau film lainnya. Simak ya!

1. Berdampak buruk jika dilakukan terlalu berlebihan

Demi Kesehatan Mental, Disarankan Nonton Drama Maksimal Empat Jammydramalist.com

Retno menjelaskan menghabiskan waktu untuk menonton drama atau film, ada batasannya. Pasalnya kegiatan pasif ini justru berdampak buruk jika dilakukan terlalu berlebihan. Misalnya menghabiskan waktu untuk menonton hingga 20 jam lamanya, sementara tubuh hanya diistirahatkan selama 4 jam saja.

“Kalau kita mau berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental ya. Mungkin untuk kegiatan yang pasif-pasif begitu deh maksimal dalam sehari itu dilakukan maksimal 4 jam ya,” ungkapnya pada Kamis (11/6).

2. Memberikan efek dalam kehidupan kita

Demi Kesehatan Mental, Disarankan Nonton Drama Maksimal Empat Jamallkpop.com

Ditanyai terkait pengaruh drama atau film yang ditonton terhadap kehidupan kita, Retno kemudian menjelaskan bahwa apa yang kita masukkan dalam tubuh kita artinya yang kita lihat, dengar, bahkan yang kita baca memberikan efek sudut pandang dalam kehidupan kita. Simpelnya mempengaruhi pikiran kita.

Contohnya saja pola kehidupan bintang film yang kita sukai. Mulai dari cara berpakaian, gaya bicara dan lain sebagainya, maka membuat kita cenderung mengikuti gayanya. Tak jarang ditemui seseorang yang berusaha mengikuti gaya idolanya sehingga tidak bisa menjadi diri sendiri.

“Ada pepatah dan sudah banyak jurnal kalau dibuka-buka banyak banget bahwa apa yang kamu lihat, apa yang kamu dengar itu akan mempengaruhi pikiran kamu. Dan akan mengubah dan mempengaruhi hidup kamu,” terangnya.

3. Lakukan aktivitas yang memerlukan banyak gerak

Demi Kesehatan Mental, Disarankan Nonton Drama Maksimal Empat JamGoogle

Selain itu, menurutnya jika lama waktu kita beraktivitas dalam 24 jam adalah 15 jam. Maka, setelah dikurangi waktu untuk menonton drama atau film lebih baik beraktivitas yang memerlukan banyak gerak. Misalnya dengan berolahraga yang bisa dilakukan antara 1-2 jam dalam sehari.

Selanjutnya sisanya digunakan untuk melakukan hal yang berkaitan dengan hobi, berkaitan dengan perawatan lingkungan, dan perawatan diri. “Terutama perawatan lingkungan itu yang penting banget. Nah ini semua aspek ini yang nanti akan saling mendukukung untuk kesehatan mental kita atau kita sering sebut sebagai quality of life kita,” ungkapnya.

Sebenarnya banyak kebiasaan yang bisa dilakukan terutama oleh seorang perempuan untuk kesehatan mental dan fisik saat stay at home. Selain menanam tanaman, kebiasaan lain di antaranya memasak dan menyulam.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya