Comscore Tracker

Resep Membuat Chips Kelapa, Gurih dan Renyah

Ini resep karyanya Kelompok Wanita Tani Banyu Segara lho

Tabanan, IDN Times - Dua tahun lalu, buah kelapa di Desa Gadung Sari, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan sangat berlimpah namun harga jualnya murah. Ibu-ibu yang bergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Banyu Segara kemudian mengubahnya menjadi penghasilan tambahan. 

Mereka mengolahnya menjadi camilan berupa chips kelapa yang rasanya gurih dan renyah. Akhirnya pendapatan mereka bertambah, dan akan terus memperluas pasar. Kini, KWT Banyu Segara bergabung bersama Lumbung Rasa Pondok Indi, yang sudah menaungi beberapa KWT di Kabupaten Tabanan, dalam membantu pemasarannya.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Laundry di Bali dengan Modal Rp15 Juta

1. Berawal dari harga jual kelapa yang murah

Resep Membuat Chips Kelapa, Gurih dan RenyahIlustrasi Kelapa (IDN Times/Sunariyah)

Pemilik Lumbung Rasa Pondok Indi sekaligus Pembina di Dinas Ketahanan Pangan Tabanan, Indiani, mengatakan awal ide pembuatan chips kelapa tersebut muncul dua tahun lalu. Harga jual kelapa yang berlimpah di Desa Gadung Sari dianggap murah. Hal ini memicu ide ibu-ibu yang bergabung ke dalam KWT Banyu Segara untuk membuat camilan dari kelapa, bernama chips kelapa.

"Pembuatan chips ini sudah sejak dua tahun lalu. Selain untuk mengolah kelapa menjadi lebih berdaya jual, juga sekaligus menambah pendapatan," ujar Indiani, Kamis (24/3/2022).

Seperti pebisnis pada umumnya, ibu-ibu di KWT Banyu Segara mendapatkan hambatan dalam pemasaran. Mereka masih berjualan di sekitaran rumah dan dititipkan di warung-warung.

"Kemudian bergabung di Lumbung Rasa Pondok Indi untuk dibantu diperluas pemasarannya," katanya.

Baca Juga: Tabanan Dibanjiri Daging Ayam dari Jawa

2. Sekali produksi dapat menghasilkan 30 bungkus chips kelapa

Resep Membuat Chips Kelapa, Gurih dan Renyahchips kelapa (Instagram.com/chips.kelapa)

Chips kelapa biasanya diproduksi tiga hari sekali atau jika ada pesanan. Sekali produksi dapat menghasilkan 30 bungkus chips kelapa. Tiga puluh bungkus ini bisa menghabiskan empat butir kelapa yang besar, atau enam butir kelapa ukuran kecil. Kelapanya dipetik langsung dari kebun.

Lumbung Rasa Pondok Indi kini berusaha memperluas pasar dengan memperkenalkan produk chips kelapa ke masyarakat. Harganya cuma Rp10 ribu per bungkus.

"Misalnya ada pertemuan, kami pesankan ke ibu-ibu KWT Banyu Segara. Kalau sudah ada yang merasakan enaknya, akan lebih banyak yang mempromosikan. Rasa chips kelapa ini gurih dan enak," ungkap Indiani.

3. Cara membuat chips kelapa

Resep Membuat Chips Kelapa, Gurih dan Renyahchips kelapa (Instagram.com/chips.kelapa)

Meskipun berdagang, namun Indiani bersedia membocorkan cara membuat chips kelapa. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kupas kulit kelapa lalu dagingnya diparut
  2. Setelah itu sangrai hingga berubah warna cokelat keemasan. Saring
  3. Hancurkan kelapa tersebut hingga menjadi tepung
  4. Campurkan tepung kelapa dengan singkong matang yang sudah dihaluskan, Tambahkan sedikit tepung beras, gula halus, dan sedikit garam. Adonan diuleni menggunakan air matang
  5. Setelah itu giling adonan tersebut setipis mungkin. Taburkan wijen di atasnya dan digiling lagi supaya menyatu.

"Bahan kemudian dipotong, dibentuk sesuai selera, dan dijemur supaya kering. Setelah kering, baru digoreng," terang Indiani.

Simpel dan mudah ya. Ada yang mau coba?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya