Comscore Tracker

Dilirik Petani, Setangkai Bunga Sedap Malam Dijual Rp1000

Bisnis ini ternyata cukup menjanjikan. Kamu berminat?

Tabanan, IDN Times - Bunga sedap malam kini menjadi tanaman bunga hortikultura yang mulai dilirik para petani. Kabupaten Tabanan sendiri ada 6 hektare budidaya bunga sedap malam yang berlokasi di Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan. Rata-rata harga jualnya antara Rp1.000 sampai Rp2.000 per tangkai berdasarkan kualitas. Kamu berminat menekuni bisnis ini? Simak dulu ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Subak Asah Dapat Bantuan Mesin Penggiling Senilai Rp400 juta

1. Bunga sedap malam di Desa Tunjuk tidak cepat layu dan lebih harum

Dilirik Petani, Setangkai Bunga Sedap Malam Dijual Rp1000Budidaya bunga sedap malam di Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. (Dok.IDN Times/Ketut Suparianto)

Para petani di Desa Tunjuk telah menjalankan budidaya bunga sedap malam ini hampir lima tahun belakangan. Melihat adanya peluang yang menjanjikan, 22 petani di desa tersebut mendirikan Kelompok Bunga Kota Harum Sari. Kini, mereka memiliki luas lahan sekitar 6 hektare.

Ketua Kelompok Bunga Kota Harum Sari di Desa Tunjuk, I Ketut Suparianto, mengatakan kualitas bunga sedap malam yang ditanam oleh kelompoknya tidak cepat layu, lebih harum, dan kelopak bunga lebih kaku. Kualitas tersebut paling disukai oleh pencinta bunga sedap malam.

Suparianto turut membudidaya bunga sedap malam di atas 30 are. Satu are membutuhkan biaya produksi sebesar Rp1 juta, mulai dari tanam hingga tanaman berbunga. Satu meter persegi berisi 9 tanaman. Dalam seminggu, Suparianto bisa dua kali panen. Namun tangkai bunga yang dipanen tergantung dari cuacanya.

"Apabila cuaca sedang hangat, maka banyak bunganya. Jika dingin, lebih sedikit. Kalau saya di luas 30 are kadang bisa memanen 600 sampai 1.500 tangkai bunga sekali panen," ujarnya, Senin (15/8/2022).

Bunga sedap malam ini ternyata membutuhkan peremajaan tanaman setiap 2,5 sampai 3 tahun sekali.

"Kalau baik pemeliharaannya, bisa tiga tahun sekali peremajaannya," lanjutnya.

2. Bunga sedap malam dijual mulai Rp1.000 sampai Rp2.000 per tangkai

Dilirik Petani, Setangkai Bunga Sedap Malam Dijual Rp1000Bunga sedap malam (Dok.IDN Times/Ketut Suparianto)

Bunga sedap malam biasanya dibeli oleh florist, beberapa warga juga datang langsung untuk membeli sendiri sambil foto-foto di antara bunga. Suparianto belum berani menawarkan ke hotel karena harus menyediakannya secara kontinyu. Sedangkan panennya saat ini masih tergantung dari cuaca.

"Kadang banyak, kadang sedikit. Jadi lewat florist saja. Mereka yang biasanya menyalurkan ke hotel," jelas Suparianto.

Harga rata-rata bunga sedap malam di tingkat petani adalah Rp1.000 sampai Rp2.000 per tangkai, tergantung dari grade atau kualitas bunganya. Sehingga dalam sekali panen, Suparianto bisa mengantongi pendapatan Rp600 ribu sampai Rp1,5 juta.

"Rata-rata hasil panennya terserap habis meski ada beberapa yang di-reject karena kualitasnya tidak sesuai dengan permintaan," ungkapnya.

3. Meskipun budidaya ini menggiurkan, namun para petani di Desa Tunjuk harus menghadapi permasalahan cuaca dan pupuk yang masih mahal

Dilirik Petani, Setangkai Bunga Sedap Malam Dijual Rp1000ilustrasi sedap malam (pixabay.com/suvajit)

Salah satu hambatan dalam budidaya bunga sedap malam ini kata Suparianto bersama kelompoknya harus menghadapi cuaca. Turun hujan selama satu minggu berturut-turut saja dapat merusak kualitas bunga. Ujung bunganya jadi menghitam dan tangkai banyak yang bengkok.

Selain cuaca, kelompoknya tidak dapat mengembangkan bisnis bunga sedap malam karena kurangnya bantuan pupuk subsidi dari pemerintah. Pupuk tanpa subsidi dijual Rp300 ribu sampai Rp800 ribu per sak. Sedangkan pupuk subsidi harganya Rp130 ribu per sak.

"Harapannya ya dapat bantuan pupuk subsidi," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Tabanan, I Made Subagia, menyadari bunga sedap malam sekarang ini banyak difungsikan oleh masyarakat, di antaranya sebagai dekorasi di hotel, kuliner, hingga persembahan. Untuk itu pihaknya mencari berupaya mencari anggaran ke pusat untuk pembibitan hingga perawatan tanaman bunga hortikultura, seperti bunga sedap malam.

"Kami dari Dinas Pertanian Tabanan sendiri akan membantu petani di Tabanan mencari celah anggaran pengembangan," terangnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya