Comscore Tracker

Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari 

Semoga perekonomian Bali tidak tumbang lagi ya

Denpasar, IDN Times - Tingginya capaian vaksin booster menciptakan suasana yang nyaman, aman, dan kondusif bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berlibur ke Pulau Dewata pun kini semakin meningkat. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, melalui rilis tertulisnya pada Kamis (16/6/2022).

Kenaikan kunjungan ini juga disebut karena dipengaruhi oleh beberapa kebijakan. Pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu, pintu masuk wisatawan mancanegara telah dibuka. Selain itu, pada 31 Mei 2022 telah diberlakukan kebijakan baru yaitu tanpa karantina dan fasilitas Visa on Arrival (VoA) untuk 72 negara, serta diterapkan kebijakan bebas tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes Antigen sebelum keberangkatan ke Bali.

Baca Juga: Perekonomian Terpuruk, Bali Luncurkan 6 Konsep Ekonomi Kerthi Bali

1. Pada bulan Mei 2022, rata-rata 4.191 orang per hari tiba di Terminal Internasional

Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari Situasi Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. (IDN Times/Ayu Afria)

Koster mengungkapkan bahwa data menunjukkan jumlah penerbangan internasional dan jumlah kunjungan wisatawan domestik serta mancanegara ke Bali terus mengalami peningkatan.

Pada Mei 2022, terdapat 19 maskapai yang melayani penerbangan internasional ke Bali. Jumlah penerbangan internasional ke Bali pada bulan tersebut mencapai 539 pesawat, dengan total penumpang wisatawan mancanegara sebanyak 129.920 orang.

"Rata-rata sebanyak 4.191 orang per hari," ungkapnya.

2. Kedatangan internasional pada Juni 2022 meningkat 41 persen

Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari Situasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Senin, 13 Juni 2022. (IDN Times/Ayu Afria)

Sedangkan pada Juni 2022, dari rentang waktu tanggal 1 sampai 13 Juni 2022, tercatat jumlah penerbangan internasional ke Bali mencapai 351 pesawat, dengan total jumlah penumpang wisatawan mancanegara sebanyak 76.770 orang. Dari jumlah tersebut rata-rata melayani hampir 6 ribu orang atau tepatnya 5.905 orang per hari.

"Jika dilihat dari jumlah rata-rata per hari, kedatangan wisatawan mancanegara dari bulan Mei sampai dengan pertengahan bulan Juni 2022, meningkat sebanyak 41 persen," jelasnya.

Sementara itu jumlah penerbangan domestik ke Bali dari tanggal 1 sampai 13 Juni 2022 terdapat 1.200 pesawat dengan total penumpang sebanyak 145.254 orang. Dari data tersebut jumlah rata-rata kedatangan wisatawan domestik ke Bali ada sebanyak 11.173 orang per hari.

3. Berlakukan VoA bagi 72 negara untuk mempermudah kunjungan

Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari Situasi Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. (IDN Times/Ayu Afria)

Kebijakan tanpa karantina dan Visa on Arrival (VoA) di Provinsi Bali mulai berlaku sejak tanggal 7 Maret 2022 dan awalnya hanya untuk 23 negara. Kemudian ada penambahan sesuai dengan kebijakan dari Kemenhumkam, yakni pada 9 April 2022 menjadi 43 negara dan mulai 27 April 2022 menjadi 60 negara.

"Pada tanggal 31 Mei 2022 bertambah menjadi 72 negara. Hal ini merupakan momentum pemulihan pariwisata Bali yang harus dijaga agar pemulihan pariwisata terus berlanjut sebagai upaya pemulihan perekonomian Bali secara keseluruhan, setelah mengalami keterpurukan selama lebih dari dua tahun sejak bulan Maret 2020," terang Koster.

Dalam rangka percepatan pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali tersebut, Koster mengundang para wisatawan domestik dari berbagai daerah di Indonesia. Ia juga mengajak wisatawan mancanegara untuk datang ke Bali dengan berbagai kemudahan kebijakan yang telah diterapkan tersebut.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya