Comscore Tracker

5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya Banyak

Kamu pasti punya kan di rumah?

Mobil kini termasuk kebutuhan, terutama untuk keluarga yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Tak harus yang baru, membeli mobil second hand atau mobil bekas juga bisa jadi pilihan. Apalagi kalau dananya memang terbatas.

Ada beberapa mobil tua yang masih layak digunakan, baik dari segi kualitas maupun desain tampilannya, seperti berikut ini.

Baca Juga: 12 Potret Mobil Accord Maestro di Bali, si Tua yang Masih Menawan

1. Honda Accord Maestro

5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya BanyakKomunitas mobil Honda Maestro. (facebook.com/HMRCindonesia)

Mobil Accord Maestro keluaran Honda ini memiliki tingkat kenyamanan yang sangat baik, bahkan disejajarkan dengan Mercedes Benz E-Class di era tahun 90-an. Interior mobil yang sering disebut dengan nama SM4 atau CB7 ini, terbilang luas dan memiliki body panjang.

Walaupun diproduksi tahun 1990-an, namun peminat mobil sedan ini masih banyak. Dibanderol mulai Rp30 jutaan, mobil ini bisa menjadi pilihan sebagai kendaraan keluarga.

Baca Juga: 5 Keuntungan Bisnis Sewa Mobil, Sangat Menjanjikan

2. Toyota Kijang Super dan Grand

5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya BanyakMobil Toyota Kijang Grand. (instagram.com/toyota_kijang_modification)

Kijang merupakan singkatan Kerja Sama Indonesia Jepang ini adalah merek mobil produksi Toyota, dan tercatat sebagai mobil sejuta umat pada zamannya.

Kijang Super diluncurkan pada tahun 1986, kemudian digantikan oleh Kijang Grand pada tahun 1992. Mobil ini berjumlah penumpang 8 hingga 10 orang. Sebab bagian dalamnya sangatlah luas.

Peminat Kijang Super dan Grand ini masih banyak, karena memiliki kenyamanan dan bisa digunakan untuk keluarga atau memuat barang. Harganya mulai Rp30 jutaan untuk Kijang Super, dan mulai Rp40 juta untuk Kijang Grand.

3. Toyota Great Corolla

5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya BanyakMobil Toyota Great Corolla. (instagram.com/greatcorollaclubindonesia)

Great Corolla adalah generasi ke-7 dari mobil sedan yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini diluncurkan pada tahun 1992.

Mobil yang akrab disebut Greco ini memiliki interior mewah dengan suspensi yang nyaman. Tampilan body Greco terlihat lebih bulat ketimbang pendahulunya, Toyota Twincam. Saingannya di era tahun 90-an adalah mobil Civic Genio dari Honda. Harga mobil ini sekitar Rp30 juta.

4. BMW Seri 3 E36

5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya BanyakMobil BMW Seri 3 E36. (instagram.com/e36.id)

BMW seri 3 E36 termasuk mobil bekas yang terbilang langka dan masih banyak peminatnya. Mobil BMW ini keluaran tahun 1991. Sebagai mobil mewah di kelasnya, tentu saja memiliki body yang compact sehingga terkesan sporty dan elegan, khususnya di bagain interior.

Seri mobil ini memiliki beberapa jenis, sehingga harganya juga beragam. Harganya berkisar Rp50 juta hingga Rp100 jutaan.

5. Isuzu Panther

5 Mobil Tua yang Masih Layak Digunakan, Peminatnya BanyakMobil Isuzu Panther. (instagram.com/udinmuhamad1)

Satu pesaing dari Toyota Kijang untuk jenis minibus adalah Isuzu Panther. Mobil dengan body panjang ini mampu melawan dominasi Kijang.

Isuzu Panther menggunakan bahan bakar solar, sehingga membuatnya lebih irit. Isuzu Panther diproduksi tahun 1991, dengan menggunakan mesin injeksi. Panther terkenal sebagai "rajanya diesel", dan memiliki suspensi yang nyaman untuk mengangkut penumpang maupun barang.

Gimana nih, mau pilih mobil tua yang mana? Untuk memilih mobil tua, sebaiknya kamu wajib mengecek setiap komponen, dan kualitas body agar tidak ada yang keropos. Kamu juga bisa ikut dalam wadah perkumpulan mobil tua. Karena berguna untuk bertukar informasi mengenai cara perawatan dan pembelian onderdil.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya