Comscore Tracker

Jangan Asal! 5 Hal yang Harus Dipikirkan saat Milih Destinasi Liburan

Keamanan harus menjadi pertimbangan utama ya

Tugas dan aktivitas yang menumpuk membuat tubuh mudah terasa lelah. Selain itu juga akan berdampak pada sulitnya untuk fokus dan berkonsentrasi. Energi terkuras habis, pikiran maupun fisik akan melemah. Semua itu merupakan tanda bahwa kamu butuh refresing.

Pergi ke tempat destinasi liburan menjadi pilihan yang menyenangkan. Namun, dalam menentukan pilihan yang akan dituju, kadang bukan hal sepele. Sebelum menentukan destinasi mana yang akan dipilih, coba deh pikirkan beberapa hal di bawah ini:

Baca Juga: 5 Tips Liburan Hemat ke Qatar buat yang Mau Nonton Piala Dunia

1. Pilih destinasi yang aman dari kejahatan

Jangan Asal! 5 Hal yang Harus Dipikirkan saat Milih Destinasi Liburanilustrasi dua wanita bepergian (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya tujuan berlibur adalah mencari kesenangan. Maka dari itu banyak hal yang harus dipikirkan sebelum menentukan destinasi liburan. Termasuk jauhi tempat atau destinasi yang rawan kejahatan.

Hal itu sering diabaikan oleh orang-orang yang hendak berlibur. Mereka tidak mencari tahu terlebih dahulu tempat yang ingin dikunjungi. Apakah aman dari tindak kejahatan atau tidak? 

2. Persiapkan budget yang sesuai

Jangan Asal! 5 Hal yang Harus Dipikirkan saat Milih Destinasi Liburanilustrasi menghitung uang (pexels.com/ Karolina Grabowska)

Satu hal yang termasuk pada perhitungan berlibur adalah masalah budget. Perencanaan ini harus dilakukan secara matang. Merinci dana yang dibutuhkan selama berlibur dari berangkat sampai pulang menjadi keharusan. 

Jika tidak dilakukan secara benar, maka bisa jadi kamu akan bermasalah dengan keuangan. Bisa jadi budget yang kamu keluarkan akan over. Akibatnya, liburanmu bakal tidak sesuai dengan estimasi. 

3. Tentukan siapa yang akan diajak berlibur

Jangan Asal! 5 Hal yang Harus Dipikirkan saat Milih Destinasi Liburanilustrasi travelling berdua (pexels.com/mali maeder)

Berlibur bersama orang lain atau teman membuat suasana kian seru. Nah dalam memilih teman juga mesti diperhatikan supaya liburannya membahagiakan. Jangan diabaikan ya hal ini karena teman bisa menentukan kesuksesan dan keseruan liburanmu nantinya. 

Pilihlah teman yang punya frekuensi pemikiran yang hampir sama denganmu. Jika kamu asal pilih teman, kamu bisa saja tidak bahagia selama liburan, karena bisa saja dia justru terlalu merepotkan. 

4. Cari tahu agar bisa eksplore banyak tempat

Jangan Asal! 5 Hal yang Harus Dipikirkan saat Milih Destinasi Liburanilustrasi berkelana (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Biar liburanmu terarah, memang sebaiknya sebelum menentukan pilihan destinasi, riset terlebih dahulu mengenai tempat tersebut. Eksplore tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Cari tahu secara detail mengenai lokasi itu.

Di samping itu, kamu harus memikirkan juga mengenai estimasi perjalanan dan sebagainya karena semua akan saling berkaitan. Tujuannya biar liburan kamu tidak monoton atau hanya berkunjung ke satu tempat saja. Melainkan ada banyak variasi yang bisa dikunjungi. 

5. Pilih waktu yang tepat untuk berlibur

Jangan Asal! 5 Hal yang Harus Dipikirkan saat Milih Destinasi Liburanilustrasi hujan di hutan (pexels.com/David Riaño Cortés)

Hal terakhir yang harus dipikirkan adalah mengenai waktu saat berlibur. Waktu juga akan menentukan berhasil atau tidaknya masa liburan nanti. Pastikan bahwa kamu memilih waktu yang tepat. 

Misalkan pilih waktu yang benar-benar free seperti saat dirimu tidak mempunyai tanggungan apapun. Selain itu, kamu perlu memikirkan musim saat hendak berlibur. Contohnya saat ingin berlibur ke alam jangan di musim hujan agar tidak berbahaya. 

Nah untuk kamu yang akan merencanakan liburan, pastikan harus memikirkan beberapa hal di atas ya. Jangan dianggap sepele ya biar perjalanan kamu lancar dan menyenangkan.

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya