Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain Ubud

Cocok banget nih untuk healing

Daerah tujuan wisata di Bali yang terkenal satu di antaranya adalah Kabupaten Gianyar. Kabupaten ini memiliki beragam obyek wisata. Kawasan Ubud termasuk yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. 

Nah bagi kamu yang sudah pernah ke Ubud dan ingin mengunjungi objek wisata lainnya, gak perlu risau ya. Selain Ubud, kamu masih bisa mengunjungi tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya dari Ubud.

Sebagian besar objek wisata di Gianyar memang bernuansa alam dan sangat cocok untuk healing dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Berikut 6 rekomendasi tempat wisata di Gianyar selain Ubud ya:

Baca Juga: 10 Potret Gianyar Tempo Dulu, Kini Berusia 251 Tahun

1. Bersantai dan menikmati segarnya air sungai di Sanggraloka Farm 

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain UbudSuasana kolam yang berada di pinggir aliran sungai di Sanggraloka Farm. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Sanggraloka Farm ini merupakan tempat wisata alam terbuka yang menyuguhkan pemandangan unik di tebing, di atas aliran sungai. Lokasi tempat wisata ini berada di pinggiran Ubud, tepatnya di Jalan Raya Bersela.

Di tempat ini kamu bisa menikmati suasana alam yang sangat indah sambil menyantap menu yang disediakan. Kamu wajib membawa pakaian untuk berenang ya, karena kamu bisa menikmati segarnya aliran sungai yang berada di bawah Sanggraloka.

Tepat di pinggir sungai, terdapat kolam buatan, di mana airnya berasal dari mata air yang keluar dari dinding tebing. Dari tempat utama Sanggraloka Farm, kamu diajak berolahraga untuk menuruni 204 anak tangga untuk sampai ke area sungai.

2. Menikmati alam di Desa Taro 

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain UbudSemara Ratih Delod Sema Village. (dok. Desa Taro)

Desa Taro sangat populer di Gianyar. Lokasinya berada di antara Kintamani dan Ubud. Di desa wisata ini, kamu bisa menikmati beberapa objek wisata yang tentunya memiliki konsep alam ya.

Beragam aktivitas bisa kamu lakukan di Desa Taro, dari bersepeda, menelusuri alam pedesaan dengan berjalan kaki, hingga menikmati segarnya air sungai di Desa Taro. Kamu juga bisa melihat objek konservasi lembu putih yang sangat disakralkan oleh warga setempat, mengunjungi taman kunang-kunang, dan bersantai di Kampung Asri Delod Sema sambil menikmati beragam menu makanan dan merasakan suasana alam di sekitarnya.

Apabila kamu ingin bermalam di desa ini, kamu bisa memilih beragam akomodasi dari vila hingga rumah warga yang disulap menjadi guest house.

3. D'Tukad River Club, healing dengan suasana air terjun 

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain UbudD'Tukad River Club. (instagram.com/riverclubbali)

Bersantai di beach club yang ada di pinggir pantai tentu sudah biasa. D'Tukad River Club meniru pola beach club, namun dengan suasana pemandangan alam dan sungai. Tempat wisata yang terletak di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar ini berada satu lokasi dengan air terjun Blangsinga atau juga disebut dengan air terjun Tegenungan. Jadi, di tempat ini sambil bersantai menyantap aneka kuliner kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah.

Tempat ini memiliki fasilitas kolam renang dan kamu bisa mencoba wahana ayunan atau swing yang cukup menantang. Selain menikmati suasana di River Club, kamu juga bisa menikmati indahnya desa di sekitarnya dengan menggunakan sepeda.

4. Berpetualang di Hidden Canyon Guwang, Sukawati

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain UbudHidden Canyon Guwang. (instagram.com/hiddencanyonbejiguwang)

Obyek wisata alam yang eksotik ini berada di wilayah Desa Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tempat wisata alam ini berada di ngarai (canyon) yang merupakan lembah yang dalam dan sempit dengan lereng bebatuan yang dibentuk akibat erosi aliran sungai.

Hal ini memberikan kesan artistik pada setiap dinding-dinding tebing sepanjang aliran sungai Beji Guwang. Bagi kamu yang suka berpetualang, lokasi ini sangat cocok karena kamu bisa menyusuri sepanjang aliran sungai dengan pemandangan yang sangat eksotik.

Namun, untuk berkunjung ke objek wisata ini, tidak dianjurkan untuk pengunjung yang berusia lanjut, memiliki luka serius, memiliki riwayat sakit asma dan jantung, karena membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang fit.

5. Menikmati suasana sawah terasering yang indah di Alas Harum Agrotourism Tegalalang 

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain UbudAlas Harum Agrotourism Tegallalang. (alasharum.com)

Alas Harum termasuk objek wisata agrotourism yang cukup populer. Objek wisata alam ini berada di Jalan Lunga, Desa Tegallalang, di sebelah utara pusat wisata Ubud. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa sawah berundag atau terasering khas Desa Tegallalang.

Ada spot foto yang menarik yaitu patung kepala gorila dan badan manusia (Pekak Brayut) yang berada di terasering sawah. Selain untuk berswafoto, pengunjung bisa mencoba beberapa wahana seperti extreme swing, sky bike, dan flying fox.

6. Berswafoto dengan akar kayu yang unik di Munduk Asri 

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Selain UbudMunduk Asri dengan akar pohon taep yang sangat indah. (kerta.desa.id)

Objek Wisata Munduk Asri berada di pinggir Jalan Raya Payangan, Desa Kerta, Payangan, Gianyar. Tempat ini menawarkan keindahan dari akar pohon taep yang berumur tua dengan bentuk yang sangat indah.

Setelah melewati gapura yang terbuat dari akar tanaman, pengunjung akan melewati area kebun jeruk di mana saat musim buah, pengunjung diberi kesempatan untuk memetik jeruk tersebut. Kamu akan dibuat takjub akan keindahan bentuk-bentuk akar pohon taep yang tertata apik di pinggir tebing. Lokasi ini sangat cocok untuk kamu yang suka berswafoto.

Selain akar pohon yang indah, ada juga sebuah bangunan unik yang terbuat dari bambu dan akar kayu. Tempat ini memiliki bentuk seperti bale bengong yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat.

Nah, bagaimana, sudah siap liburan? Kamu bisa memilih beberapa lokasi untuk dikunjungi agar liburanmu memiliki kesan yang tak terlupakan. Jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan momen liburan dan jangan lupa untuk mengunggahnya di akun media sosialmu ya.

Saat liburan ke tempat wisata bernuansa alam terbuka, ingat selalu jaga kebersihan dan keasrian tempat tersebut ya. Jangan sampai buang sampah sembarangan. Selamat liburan!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya