Comscore Tracker

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan Metaverse

Fiturnya lengkap dan populer di kalangan anak desain

Dunia desain digital kiini kembali naik daun setelah populernya Non-Fungible Token atau NFT. Dalam dunia NFT, para seniman bisa menjual hasil karyanya secara lebih luas.

Karya-karya yang banyak diperjualbelikan di marketplace NFT adalah digital painting dan desain 3 dimensi atau 3D. Karya-karya 3D dipastikan akan banyak dicari, karena hasil karyanya akan diintegrasikan ke dalam dunia digital yang disebut dengan Metaverse.

Nah, jika ingin mengembangkan skill desain tiga dimensi, kamu bisa mencoba 6 software 3D gratisan berikut ini.

Baca Juga: 10 Potret Karya NFT Seniman Bali, Ada Monez hingga Raka Jana

1. Meshmixer

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan MetaverseTampilan Meshmixer. (dok. Fileeagle.com)

Meshmixer adalah aplikasi untuk desain produk 3D yang dibikin oleh Autodesk. Program gratis ini kompatibel untuk pengguna Windows dan macOS.

Meshmixer biasanya digunakan untuk memperbaiki atau mengoptimalisasi produk 3D models yang sudah dibuat dengan aplikasi lain. Aplikasi ini memiliki tools modelling yang bagus dan bisa digunakan untuk sculpting.

Sculpting atau sculpt modelling sering juga disebut dengan teknik polygonal. Disebut sculpting karena hasil pemodelan 3D menyerupai hasil pahatan. Teknik ini paling sering digunakan karena mudah dipelajari.

Baca Juga: Raup Belasan Juta, Seniman di Bali mulai Lirik NFT untuk Jual Karya

2. SculptGL

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan MetaverseTampilan ScultGL. (stephaneginier.com)

SculptGL adalah aplikasi 3D online yang dapat diakses secara gratis. Aplikasi 3D ini berbasis browser open source. Melalui aplikasi online ini, kamu bisa melakukan sculpting dengan tools yang disediakan.

Kamu akan disuguhkan oleh sebongkah tanah liat digital yang dapat dibentuk dan dibuat sesuai keinginan, menggunakan tools hingga brush yang tersedia. Aplikasi ini juga bisa melakukan texture imports hingga rendering.

3. Magicavoxel

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan MetaverseVoxel. (unclekick.com)

Apa itu Voxel Art? Voxel mirip dengan pixel atau piksel, namun berbentuk tiga dimensi. Voxel Art atau produk Voxel dibentuk dari piksel-piksel tiga dimensi, mirip seperti pembuatan lego.

Kalau pernah memainkan Minecraft, kamu akan melihat objek-objek Voxel di dalam game tersebut. Voxel Art ini cukup populer di kalangan desainer 3D.

Satu aplikasi untuk membuat objek Voxel adalah Magicalvoxel. Meskipun gratisan, namun aplikasi 3D ini memiliki sistem render yang sangat bagus, di mana memiliki basis render GPU yang sangat kuat.

Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan rendering yang sangat bagus dengan pencahayaan dan efek material. Aplikasi ini dibuat oleh Ephtracy.

4. Leopoly

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan MetaverseLeopoly. (leopoly.com)

Leopoly mirip dengan SculptGL, yang sama-sama merupakan aplikasi online. Aplikasi ini sering digunakan untuk proyek digital art, animasi 3D, maupun game design.K

Kamu bisa melakukan 3D sculpting, customizing, hingga 3D painting. Menariknya, kamu tidak harus mendaftar sebagai pengguna di situs ini untuk membuat proyek 3D.

Ketika akan memulai proyek, kamu akan disuguhi bola tanah liat digital yang bisa langsung kamu pahat (Sculpting). Selain itu, kamu juga bisa memilih bentuk dasar seperti tubuh atau wajah manusia.

5. Vectary

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan MetaverseTampilan Vectary. (vectary.com)

Vectary juga merupakan aplikasi 3D berbasis online melalui situs atau website. Jika tertarik dengan dunia desain Augmented Reality (AR), situs ini sangat cocok untukmu.

Pengguna dapat membuat atau mendesain produk 3D sekaligus AR. Vectary juga bisa digunakan untuk pemodelan produk 2D. Selain itu, aplikasi online ini memiliki spesialisasi pada proses rendering karena memang ditargetkan untuk desain grafis, produk, dan game.

6. Blender

6 Software 3D Gratisan, Cocok Buat NFT dan MetaverseTampilan aplikasi Blender. (blender.org)

Dalam dunia desain 3D, aplikasi ini sangat populer. Walaupun Blender adalah aplikasi gratisan, namun fiturnya sangat lengkap untuk keperluan 3D modelling. Melansir dari halaman situs Blender, aplikasi ini mengumumkan dirinya sebagai open source 3D cration suite.

Kamu bisa membuat karya tiga dimensi dengan berbagai bentuk. Keunggulan lain yang membuatnya populer adalah aplikasi ini bisa digunakan di berbagai platform sistem operasi Windows, macOS, hingga Linux.

Fitur utama Blender adalah 3D modelling, rigging, keyframe animation, photorealistic rendering, dan video editing. Tools yang ada di Blender sangat banyak, jadi kamu perlu waktu untuk mempelajarinya.

Jika kamu memang ada bakat di dunia desain, sebaiknya mulai upgrade skill ke arah desain 3D. Hal ini agar kamu bisa mengambil peluang yang terbuka lebar, terutama selama teknologi Metaverse masih populer. Semoga daftar software 3D gratisan di atas bisa jadi referensi ya.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya