Comscore Tracker

5 Gangguan WhatsApp yang Pernah Terjadi dan Bikin Trending

Sampai-sampai penggunanya lari ke Twitter buat cari jawaban

WhatsApp termasuk aplikasi yang sangat populer saat ini. Hampir setiap orang menggunakan aplikasi chat ini sebagai sarana komunikasi sehari-hari.

Walaupun populer, aplikasi ini juga tidak luput dari gangguan. Selasa (25/10/2022), WhatsApp mengalami gangguan yang membuat penggunanya di seluruh dunia tidak dapat berkirim pesan.

Ternyata tidak hanya kali ini saja mengalami gangguan. Aplikasi besutan perusahaan Meta ini tercatat beberapa kali pernah mengalami gangguan serupa. Berikut gangguan yang pernah dialami WhatsApp.

Baca Juga: Apa Itu Poki Games, Gim Gratis Tanpa Unduh Aplikasi

Baca Juga: Cara Membuka Isi Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Pengirim

1. 25 Oktober 2022

5 Gangguan WhatsApp yang Pernah Terjadi dan Bikin TrendingIlustrasi aplikasi WhatsApp. (unsplash.com/Dimitri Karastelev)

WhatsApp down menjadi topik trending, pada Selasa (25/10/2022). Pengguna tidak dapat berkirim pesan WhatsApp via mobile maupun web.

Dikutip dari laman IDN Times, WhatsApp mulai mengalami gangguan sekitar pukul 15.15 Wita. Lini masa diramaikan oleh WhatsApp yang mengalami gangguan.

Dalam waktu kurang dari dua jam, aplikasi chat ini bisa digunakan kembali. Tentu saja hal ini membuat gembira penggunanya, terlebih gangguan ini terjadi pada saat jam kerja. Tidak hanya di Indonesia, pengguna di negara lain juga mengalaminya.

2. 23 Juli 2022

5 Gangguan WhatsApp yang Pernah Terjadi dan Bikin TrendingIlustrasi aplikasi WhatsApp. (pixabay.com/Webster2703)

Layanan chat Meta ini mengalami gangguan, pada Sabtu (23/7/2022). Gangguan mulai terjadi pada pukul 18.00 Wib, dan sekitar pukul 20.00 Wib layanan sudah berangsur normal.

Namun hanya sebagian pengguna WhatsApp saja yang melaporkan terjadinya gangguan. Gangguan yang dilaporkan adalah WhatsApp hanya menampilkan ikon loading atau tidak bisa dibuka, dan ada juga yang mengeluhkan tidak bisa mengirim gambar seperti biasanya.

3. 4 Oktober 2021

5 Gangguan WhatsApp yang Pernah Terjadi dan Bikin TrendingIlustrasi aplikasi WhatsApp. (pixabay.com/antonbe)

Pada Senin (4/10/2021), WhatsApp mengalami gangguan dari pukul 22.00 Wib, dan berlangsung sampai tengah malam.

Pengguna WhatsApp melaporkan bahwa aplikasi chat ini tidak dapat digunakan untuk mengirim pesan, foto, audio atau video. Tidak hanya WhatsApp, aplikasi Instagram yang sama-sama dimiliki oleh Meta ini juga dilaporkan mengalami gangguan saat bersamaan.

4. 19 Januari 2020

5 Gangguan WhatsApp yang Pernah Terjadi dan Bikin TrendingIlustrasi aplikasi WhatsApp. (pixabay.com/HeikoAL)

Pada Minggu (19/1/2020), WhatsApp mengalami gangguan dimana pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim pesan gambar, video, atau audio/suara. Namun pengguna masih bisa mengirim teks.

Gangguan ini mulai dilaporkan pada pukul 17.44 Wib, dan berangsur pulih pukul 21.43 Wib. Laporan gangguan yang dilaporkan sebanyak 849 laporan, yang dikutip dari situs Downdetector.com.

5. 13 Maret 2019

5 Gangguan WhatsApp yang Pernah Terjadi dan Bikin TrendingIlustrasi aplikasi WhatsApp. (pixabay.com/geralt)

Pada Rabu (13/3/2019), pengguna tidak dapat mengakses WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Gangguan ini tercatat sebagai gangguan terlama yang pernah terjadi, yaitu 12 jam. Gangguan ini dialami oleh sebagian pengguna secara acak di seluruh dunia.

WhatsApp jadi perangkat penting dalam menjalankan bisnis. Jadi berdasarkan catatan di atas, kamu sebaiknya menggunakan aplikasi chat lain untuk menjaga kemungkinan WhatsApp down lagi. Masih ada Telegram yang bisa kamu gunakan.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya