Comscore Tracker

Cedera Kambuh, Pemain BU Andhika Wijaya Operasi saat Kompetisi Terhenti

Pertumbuhan tulang tak normal di pergelangan kaki kanan

Gianyar, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari pemain Bali United, I Made Andhika Wijaya. Di sela kompetisi dihentikan akibat tragedi Kanjuruhan, Andhika Wijaya menjalani operasi pada pergelangan kaki kanannya.

Ia memilih operasi setelah berkonsultasi dengan dokter karena mengalami cedera yang kerap kambuh. Andhika Wijaya menjadi pemain Bali United yang menyusul beberapa rekan-rekannya yang lebih dulu menjalani operasi karena cedera, seperti Gunawan Dwi Cahyo, Kadek Agung Widnyana Putra, dan Sidik Saimima. Bek kanan Bali United itu harus menepi 6 sampai 8 minggu untuk pemulihan.

Baca Juga: Mengenal Blind Semeton Dewata, Suporter Setia Bali United 

1. Cedera yang dialami sudah dirasakan sejak Piala Presiden tahun 2019

Cedera Kambuh, Pemain BU Andhika Wijaya Operasi saat Kompetisi TerhentiAndhika Wijaya (baliutd.com)

Made Andhika Wijaya menjelaskan cedera yang dialaminya sebenarnya sudah dirasakan sejak Piala Presiden tahun 2019. Sempat sembuh, namun pada laga-laga musim ini cedera itu kembali kumat. Hal ini juga menganggu penampilannya pada musim ini.

Setelah diperiksa, ternyata ada tulang tumbuh pada bagian tulang pergelangan kaki kanan yang sebelumnya mengalami cedera.

"Cedera sudah sempat hilang tapi ternyata masih kambuh lagi. Setelah berkonsultasi dengan dokter, jalan terbaik adalah melakukan operasi agar membersihkan tulang yang tumbuh di bagian pergelangan kaki kanan ini,” ungkap Andhika Wijaya, Sabtu (5/11/2022).

2. Keputusan baik saat kompetisi terhenti

Cedera Kambuh, Pemain BU Andhika Wijaya Operasi saat Kompetisi TerhentiAndhika Wijaya (baliutd.com)

Dokter Bali United, dr Ganda Putra, menilai pilihan Andhika Wijaya menjalani operasi saat ini merupakan keputusan yang tepat. Terlebih mengingat kompetisi Liga 1 Indonesia harus terhenti sementara di pekan ke 11 akibat dari tragedi Kanjuruhan.

“Andhika ada sedikit masalah di bagian tulang engkel depannya, di sana ada penumbuhan tulang sehingga terjadi tabrakan atau gesekan antar tulang," ujar dr Ganda Putra.

Menurutnya itu merupakan cedera lama yang kerap kambuh. Karenanya operasi merupakan tindakan terbaik agar Andhika menemukan kembali penampilan terbaiknya.

"Sehingga lebih baik memang dilakukan operasi dengan tujuan memperbaiki tulang tersebut. Ini juga menjadi langkah baik agar nantinya tidak ada lagi gesekan antar tulang di daerah engkelnya tersebut,” jelas Ganda Putra.

3. Masa penyembuhan 6 sampai 8 minggu

Cedera Kambuh, Pemain BU Andhika Wijaya Operasi saat Kompetisi TerhentiAndhika Wijaya (baliutd.com)

Dokter Bali United, dr Ganda Putra, juga menjelaskan Andikha Wijaya setelah menjalani operasi kemungkinan harus absen dari lapangan hijau selama 6 sampai 8 minggu untuk masa penyembuhan. 

Jika kompetisi Liga 1 Indonesia kembali bergulir bulan November, putra dari pesepakbola Bali Made Pasek Wijaya ini kemungkinan akan absen hingga awal bulan Desember.

Made Andhika merupakan pemain Bali United keempat yang memutuskan operasi untuk memulihkan cedera. Sebelumnya Gunawan Dwi Cahyo, Kadek Agung Widnyana Putra, dan Sidik Saimima juga memutuskan operasi untuk memulihkan cedera yang dialaminya.

Andhika hingga pekan ke-11 di Liga 1 2022/2023 baru tampil sebanyak 7 kali, baik sebagai starter maupun masuk dari bangku cadangan. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya