Bali United Kerja Sama dengan Specs, Jersey Penuh Filosofi

Bali United mengutamakan kerja sama dengan brand lokal

Klungkung, IDN Times -  Bagi klub sepak bola, jersey adalah identitas. Selain itu, jersey atau seragam pemain juga menjelma jadi fashion di kalangan fans.

Gak heran, apparel klub selalu menjadi perhatian fans setiap musim baru kompetisi, termasuk Bali United. Para pendukung Bali United ini selalu memantikan yang rilisan jersey karena dianggap kaya akan filosofi yang berkaitan dengan Bali.

Bali United mempercayai jersey resminya ke brand lokal berpengalaman, yakni Specs. Kerja sama Bali United dengan Specs sudah berlangsung selama 2 musim terakhir. 

Bali United menjadikan Specs sebagai official apparel partner sejak musim 2022/2023 dan berlanjut musim 2023/2024. Hal yang menarik dari rilisan Bali United dan Specs ini, yakni jersey yang penuh filosofi dengan mengangkat akar budaya Bali. 

“Semua orang pastinya mengetahui kualitas dari Specs. Kami dari Bali United memilih Specs sebagai bagian dari official partner kami karena brand ini telah ada puluhan tahun dalam mendukung olahraga di Indonesia," kata Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri, seperti dikutip dari laman resmi klub saat rilisan jersey baru Bali United pada tahun 2023 lalu.

1. Bali United percayakan jersey ke brand lokal selama 3 musim belakangan

Bali United Kerja Sama dengan Specs, Jersey Penuh FilosofiJersey Bali United. (Instagram.com/baliunitedstore)

Saat wabah COVID-19 melanda, kompetisi sempat terhenti sehingga sangat berdampak penjualan marchendise dan ticket klub. Sehingga Bali United memutuskan menjalin kerjasama dengan brand apparel, untuk mendongkrak pendapatan klub.

"Saat menjalin kerja sama dengan apparel, tentu ada diskusi panjang. Nego harga segala macam, jadi itu tambahan pemasukan sponsorship ke klub," ujar Vice President of Sales & Marketing Bali United FC, Deasy Nathalia, Jumat (5/4/2024).

Pilihan kemudian jatuh pada Specs, dengan segala pertimbangannya. Jersey resmi Bali United pun bisa dipasarkan langsung di Bali United store yang berlokasi di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Specs merupakan perusahaan perlengkapan olahraga asal Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Pada saat awal peluncurannya, Specs menjadi perusahaan asli dari Indonesia yang memproduksi perlengkapan olahraga berkualitas untuk para atlet.

Kehadiran Specs yang selama ini identik dengan merek sepatu, ternyata juga menghasilkan beberapa perlengkapan olahraga, yakni jersey untuk tim yang berlaga pada kompetisi olahraga di Indonesia.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepatu Bola Specs Terbaik, Murah dan Keren!

2. Jersey Bali United yang memiliki filosofi akar budaya Bali

Bali United Kerja Sama dengan Specs, Jersey Penuh FilosofiJersey Bali United. (Instagram.com/baliunitedstore)

Jersey Bali United buatan Specs erat kaitannya dengan akar budaya Bali. Seperti yang dihadirkan pada apparel resmi Bali United musim ini yang diperkenalkan bulan Juni 2023.

Jersey musim ini masih menggunakan warna sakral bagi masyarakat Bali, yaitu tridatu--  kombinasi tiga warna sesuai yang selama ini melekat dengan Bali United. Untuk warna dasar, klub kebanggaan masyarakat Pulau Dewata tetap menggunakan warna merah (home), putih (away), dan hitam (alternatif).

"Jersey Bali United mengakar pada identitas budaya Bali. Identitas budaya Bali yang dimaksud adalah kombinasi jersey yang kali ini berisikan motif kain rangrang dan kain poleng di jersey Bali United," kata Direktur Marketing Bali United, Putri Sudali.

Poleng merupakan simbol dari penghayatan Rwa Bhineda sebagai konsep keseimbangan hidup bagi masyarakat di Bali, seperti baik-buruk, atas-bawah, kanan-kiri yang memiliki motif kotak-kotak berwarna hitam dan putih. 

Kain rangrang merupakan kain tenun yang berasal dari Nusa Penida, yang memiliki motif geometris zigzag, belah ketupat, dan lajur vertikal dengan warna-warni yang terang terinspirasi motif berasal dari keadaan geografis Nusa Penida yakni daerah pegunungan dan perbukitan. 

Kain ini semula amat sakral karena hanya digunakan untuk upacara keagamaan, namun  kini telah menjadi identitas fashion dan dikenakan untuk acara-acara sosial. 

3. Fans berharap harga jersey Bali United bisa menjangkau semua kalangan

Bali United Kerja Sama dengan Specs, Jersey Penuh FilosofiJersey Bali United. (Instagram.com/baliunitedstore)

Apparel official Bali United selama ini selalu menjadi daya tarik fans, seperti yang diungkapkan seorang fans dari Semeton Dewata Klungkung, Komang Sanjaya. Ia mengaku tidak pernah melewatkan rilisan apparel resmi Bali United, khususnya jersey. 

"Selalu ada makna dan filosofi Bali yang terkandung dalam jersey Bali United. Itu daya tariknya, selain memang saya pecinta Bali United," ujar Komang Sanjaya, Jumat (5/4/2024).

Namun ada beberapa masukan yang ia lontarkan. Misalnya, kata dia, jersey yang dirilis masih terlalu banyak gambar atau atribut sponsor. 

"Walaupun sponsor itu penting karena kaitannya dengan pendapatan klub, tapi mungkin bisa diatur lagi agar penempatannya lebih elegan. Tentu tetap pertahankan identitas lokal," ungkap dia.

Ia juga berharap harga jersey Bali United yang original bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga fans dari semua kalangan bangga dan menggunakan jersey original.

"Tentu harga juga agar bisa dijangkau semua kalangan, mungkim dibuat dengan berbagai kualitas. Ada yang mahal yang bagus, dan ada yang standar lebih terjangkau. Ini juga bisa mengurangi kemungkinan fans membeli jersey KW," jelas Sanjaya.

Baca Juga: Ribuan Seniman di Bali Bakal Meriahkan Event Naluriku Menari

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya