Comscore Tracker

Bali United Kembali Wakili Indonesia Arungi Piala AFC

Sebelumnya kejuaraan AFC terhenti karena pandemik

Bali United secara resmi kembali menjadi klub yang mewakili Indonesia untuk mengarungi kompetisi AFC Club Competition musim 2022. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Bali United untuk mewakili Indonesia karena bersatus juara Liga Indonesia tahun 2019, sementara PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia 2019.

Manajemen Bali United sudah menerima surat dari PSSI terkait hal ini beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 10 Potret Aksi Spaso Top Skor Sementara Liga 1 2021, Debut dari Bali

1. Tertundanya kompetisi karena pandemik menjadi alasan Bali United untuk kembali mewakili Indonesia ke Piala AFC 2022

Bali United Kembali Wakili Indonesia Arungi Piala AFCPemain Bali United Stefano Lilipaly (kedua kanan) berupaya menghindari pemain PSM Makassar Beny Wahyudi dalam pertandingan Liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (1/8/2019). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Bali United dalam laman resminya memberikan beberapa alasan. Klub berjuluk Serdadu Tridatu itu kembali mewakili Indonesia dalam ajang AFC karena pertimbangan seperti berhentinya kompetisi musim 2020 karena pandemik COVID-19, masih berjalannya musim kompetisi 2021/2022 yang dimulai sejak Juli 2021 dan akan berakhir pada April 2022, serta mempertimbangkan hasil Club Licensing Cycle 2021.

Baca Juga: Coach Teco Beberkan Alasan Datangkan Privat Mbarga ke Bali United

2. PSSI telah bersurat ke AFC terkait keikutsertaan Bali United

Bali United Kembali Wakili Indonesia Arungi Piala AFCPesepak bola Barito Putera Chris Rumbiak (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United Michael Orah (kanan) pada lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Sabtu (11/9/2021). (ANTARA FOTO/Fauzan)

PSSI telah bersurat kepada AFC selaku organisasi sepak bola Asia, yang menyatakan Bali United kembali mewakili klub dari Indonesia untuk berkompetisi di Asia Tenggara. Kedua tim yang mewakili Indonesia ini pun telah diterima oleh AFC.

"Bali United dipilih berdasarkan status juara domestik Liga 1  2019 yang belum tergantikan, dan skuat Serdadu Tridatu akan ditemani tim PSM Makassar selaku juara Piala Indonesia," ungkap CEO Bali United, Yabes Tanuri, dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga: Profil Privat Mbarga, Striker Baru Bali United Pengganti Melvin  

3. Bali United kali ketiga mengikuti ajang AFC

Bali United Kembali Wakili Indonesia Arungi Piala AFCPersib vs Bali United. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc).

Kompetisi Piala AFC kali ini merupakan kesempatan ketiga Bali United untuk mengikuti kompetisi klub-klub terbaik di Asia Tenggara. Bali United bertekad menorehkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Bali United pertama kali mengikuti Piala AFC pada tahun 2018 silam. Kemudian pada musim 2020, klub kebanggaan Semeton Dewata ini kembali melakoni beberapa pertandingan di Asia Tenggara, namun harus ditunda.

Pada musim 2021, kabar lanjutan Piala AFC akan kembali diadakan. Namun yang terjadi adalah resmi dibatalkan karena situasi pandemik yang belum pulih.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya