Comscore Tracker

Kalah Penalti, Bali United Gagal Melangkah ke Semi Final Piala Menpora

Batal berikan hadiah Hari Raya Galungan bagi semeton dewata

Klungkung, IDN Times - Bali United gagal melangkah ke semi final Piala Menpora 2021 setelah takluk adu penalti melawan PSS Sleman dengan skor akhir 4-2, pada Senin (12/4/2021) malam. Kegagalan pada kompetisi pra musim ini menjadi catatan penting bagi manajemen, jelang dimulainya Piala AFC dan Liga 1 Indonesia 2021.

Baca Juga: Akhirnya Piala Menpora Dimulai, Catat Jadwal Lengkap Laga Bali United

1. Kedua tim bermain ketat sejak babak pertama

Kalah Penalti, Bali United Gagal Melangkah ke Semi Final Piala MenporaJalannya pertandingan Bali United vs PSS Sleman, Senin (12/4/2021) malam. (DokIDNTimes/Bali United)

Pertandingan antara Bali United vs PSS Sleman berlangsung ketat sejak menit pertama. Kedua tim saling jual-beli serangan untuk mendapatkan satu tempat di babak semi final Piala Menpora 2021.

Tendangan bebas dilepaskan Stefano Lilipaly pada menit 3 menuju gawang Ega Rizky yang disambut Pacheco. Namun bola mampu diantisipasi penjaga gawang PS Sleman. Beberapa kali aksi Yabes Robi, bolanya juga berhasil dihalau kiper PSS Sleman, Ega Rizky.

Pada menit 22, giliran Super Elja melalui Irfan Jaya melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola dengan mudah berada di jangkauan Wawan Hendrawan.

Bali United kembali mendapat sepak pojok pada menit 28. Kali ini Lilipaly selaku eksekutor melepaskan tendangan lambung yang diterima Pacheco melalui sundulan. Namun bola masih melebar di atas gawang Ega Rizky.

Menit 39 Nico Velez melepaskan tembakan keras di luar kotak penalti yang masih berada di atas gawang Bali United. Kemudian menit 44, giliran Ricky Fajrin membuka peluang tembakan luar kotak penalti lawan. Namun sayang, bola masih melebar di atas gawang PS Sleman.

Beberapa kali, tersaji duel antara striker Bali United, Ilija Spasojević, dan bek tangguh PSS Sleman, Fabiano. Hingga pluit akhir babak pertama dibunyikan, skor masih imbang tanpa goal.

2. Kedua tim bermain hati-hati di babak kedua untuk mendapatkan peluang memperlebar keadaan

Kalah Penalti, Bali United Gagal Melangkah ke Semi Final Piala MenporaAndihika Pratama, pemain yang mendapatkan kartu merah kala pertandingan Bali United vs PSS Selaman, Senin malam (12/4/2021). (Dok.IDNTimes/Bali United))

Memasuki babak kedua, tampak kedua tim bermain hati-hati untuk mendapatkan peluang memperlebar keadaan. Pada menit 59, Bali United menarik Rizky Pellu digantikan Lerby Eliandry dan Yabes Roni digantikan Rahmat. Kedua pemain pengganti ini diharapkan mampu menambah daya gedor Serdadu Tridatu.

Strategi ini pun terbilang berhasil. Pada menit 61, kerja sama Rahmat, Spasojevic, dan Lilipaly hampir mengubah keadaan depan gawang Ega Rizky. Sayang bola melemah saat dilesatkan Lilipaly dan mudah ditangkap penjaga gawang PS Sleman.

Pada menit 63, giliran Lerby Eliandry hampir membawa bola masuk ke gawang PS Sleman usai menerima umpan crossing sisi kiri Ricky Fajrin. Sayang bola masih berada di tiang kiri gawang PS Sleman.

Pada menit 68 kerugian bagi Bali United. Andhika Wijaya diganjar kartu merah usai menghalau bola saat melakukan pertahanan. Teco pun mengubah taktik untuk bisa melawan skuad full tim lawan. Usai cooling break, Spasojevic ditarik keluar, digantikan Dias Angga Putra. Lalu Fadil keluar digantikan Sidik Saimima.

Penghujung babak kedua, Samuel Reimas masuk gantikan Wawan Hendrawan. Hingga peluit panjang babak kedua, belum ada gol tercipta dan dilanjutkan pada babak adu penalti.

3. Dua pemain Bali United gagal eksekusi penalti

Kalah Penalti, Bali United Gagal Melangkah ke Semi Final Piala MenporaPelatih Bali United, Stefano Cugurra. (Dok.IDNTimes/Bali United)

Pada babak adu penalti, Bali United gagal melepaskan dua tembakan dari empat penendang yang ada. Tendangan Dias Angga melayang jauh dari gawang. Sementara tendangan Willian Pacheco berhasil dijangkau tangkapan Ega Rizky. Sedangkan dua tendangan dari Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry berhasil masuk ke dalam gawang PS Sleman.

Keempat penembak PS Sleman, yaitu Irfan Jaya, Kim Jefry, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta berhasil memasukan bola ke gawang Samuel Reimas. Skor 4-2 dalam drama adu penalti pun menjadi skor penutup yang mematahkan peluang Serdadu Tridatu menuju babak Semi Final Piala Menpora 2021.

"Di babak kedua saya melihat Bali United mampu tampil dominan dan permainan kami sudah lebih bagus dari babak pertama. Sayangnya kami ada kartu merah. Setelah kartu merah itu, pertandingan berjalan lebih susah bagi kami," ujar Pelatih Bali United, Stefano Cugurra menanggapi pertandingan tersebut.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya