Comscore Tracker

Bali United Andalkan Duet Yabes-Privat Pasca Dua Pemain Cedera

Laga perdana antara Bali United vs Dewa United

Gianyar, IDN Times - Dua penyerang sayap Bali United, M Rahmat dan Irfan Jaya dipastikan absen ketika menghadapi Dewa United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, pada Sabtu (10/9/2022) mendatang. Keduanya harus menjalani proses penyembuhan akibat cedera yang dialami saat menghadapi Persebaya pada pertandingan sebelumnya.

Rahmat mendapatkan cedera bahu. Sementara Irfan Jaya mengalami retak pada tulang fibula. Jadi bisa dipastikan keduanya harus absen selama 3 hingga 8 minggu ke depan.

Kondisi ini membuat pelatih Bali United, Stefano Cugurra, harus menyiapkan pemain pengganti keduanya dan menyusun strategi baru. Ada beberapa pemain dan strategi yang kemungkinan akan diterapkan Stefano Cugurra ketika melawan Dewa United nanti.

Baca Juga: Dua Pemain Bali United Cedera Pasca Lawan Persebaya, Tulang Irja Retak

1. Yabes-Privat sudah turun sebagai starter dalam 4 laga Bali United

Bali United Andalkan Duet Yabes-Privat Pasca Dua Pemain CederaYabes Roni (baliutd.com)

Strategi yang paling mungkin diterapkan Stefano Cugurra akibat cedera dari Rahmat dan Irfan Jaya, yakni dengan memaksimalkan Yabes Roni dan Privat Mbarga. Yabes yang kerap jadi pemain pengganti, akan dipasang menjadi pemain utama di sektor sayap kiri untuk mendampingi Privat yang bermain di sektor sayap kanan.

Keduanya sudah turun sebagai starter dalam 4 laga Bali United musim ini. Keempat laga itu di antaranya saat menghadapi RANS Nusantara FC pada 4 Agustus 2022, melawan Arema FC pada 13 Agustus 2022, melawat ke kandang Persib pada 23 Agustus 2022, dan terbaru, bersua Persebaya pada 2 September 2022 lalu.

Kombinasi keduanya saat turun sebagai starter pun dinilai cukup apik. Dari empat laga tersebut, Bali United mendapat tiga kemenangan dan satu kalah.

Catatan statistik keduanya pun disebut sangat baik. Dari enam laga, Privat telah menyumbang empat gol dan dua assist. Sedangkan Yabes Roni berkontribusi dengan satu assist.

2. Memainkan Hendra Adibayaw dan geser posisi Novri Setiawan

Bali United Andalkan Duet Yabes-Privat Pasca Dua Pemain CederaNovri Swtiawan (baliutd.com)

Opsi lain yang dapat diambil Stefano Cugurra yakni dengan memainkan Hendra Adi Bayauw. Pada musim ini, Hendra baru didatangkan dari Persikabo 1973.

Pemilik nomor punggung 15 itu belum masuk dalam jajaran pemain utama Bali United musim ini. Namun dengan cederanya Rahmat dan Irfan Jaya, kemungkinan Hendra akan mendapat kesempatan menjadi starter saat berjumpa Dewa United FC.

Stefano Cugurra juga masih dapat menempatkan Novri Setiawan di pos sayap kanan. Selain lebih sering beroperasi di bek kanan, ia juga dapat bermain lebih maju ke sektor penyerangan.

"Pilihan manapun nanti yang saya pakai, nanti pemain yang paling siap di latihan pasti akan saya pasang saat pertandingan," jelas Stefano Cugurra, Kamis (8/9/2022).

3. Pertemuan perdana Bali United vs Dewa United

Bali United Andalkan Duet Yabes-Privat Pasca Dua Pemain CederaDias Angga (baliutd.com)

Pertandingan antara Bali United vs Dewa United musim ini, merupakan pertemuan perdana kedua tim. Bali United berstatus sebagai juara bertahan Liga 1 Indonesia. Sementara Dewa United merupakan tim yang baru promosi dari Liga 2.

"Ini menjadi pertemuan pertama antara Bali United dengan Dewa United. Mereka tim baru yang sukses dan terbilang cepat bisa promosi dari Liga 2 ke Liga 1. Kita tahu kompetisi Liga 2 tidak mudah naik ke Liga 1," ujar Stefano Cugurra.

Satu nama pemain yang mencuri perhatian Stefano Cugurra yakni Diaz Angga, yang sebelumnya berseragam Bali United dan saat ini memperkuat Dewa United.

Dias Angga yang bermain untuk Dewa United FC bahkan terpilih sebagai Best XI berkat penampilan apiknya kala menghadapi PSS Sleman pada 4 September 2022 lalu. Sepanjang laga, ia melakukan 42 operan, melepaskan 3 umpan lambung, 2 kali menyapu bola dan intersep, dan dilanggar sebanyak tiga kali.

"Kemudian ada beberapa mantan pemain Bali United (Fahmi dan Dias) yang kini bersama Dewa United. Mereka punya kualitas bagus dan tentu akan kami antisipasi pergerakan mereka nantinya,” jelas Stefano Cugurra.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya