Comscore Tracker

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala Dunia

Akankah muncul kuda hitam di perempat final nanti?

Piala Dunia 2022 di Qatar telah menyelesaikan babak 16 besar. Tim-tim terbaik siap berlaga di babak perempat final yang jadwalnya dimulai, Jumat (9/12/2022).

Kedelapan tim yang tempur di babak perempat final adalah Inggris, Portugal, Belanda, Argentina, Prancis, Kroasia, Brasil, dan Maroko. Berikut statistik negara yang lolos perempat final Piala Dunia 2022, melansir Foxsports.com dan Fifa.com.

Baca Juga: 10 Theme Songs Sepak Bola, Beat Penuh Energik

Baca Juga: 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

1. Inggris

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Inggris. (Fifa.com)

Timnas Inggris diasuh oleh pelatih Gareth Southgate yang tergabung di Grup B bersama Iran, Amerika Serikat, dan Wales. Dalam babak penyisihan grup, Inggris berhasil menjadi yang terbaik di Grup B dengan mengumpulkan 7 poin dari dua kali menang dan sekali seri.

Dalam babak 16 besar, The Three Lions berhasil menggulung Senegal 3-0. Harry Kane dan kawan-kawan hingga babak 16 besar berhasil mengoleksi 12 gol, serta hanya kemasukan 2 gol.

Raihan 12 gol tersebut membuat Inggris bersama Portugal menjadi timnas paling produktif di gelaran Piala Dunia 2022 hingga berakhirnya babak 16 besar. Rekor Inggris di Piala Dunia adalah menjadi juara Piala Dunia tahun 1966 di Inggris.

2. Portugal

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Portugal. (Fifa.com)

Timnas Portugal bergabung di Grup H bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan. Berada dib awah asuhan Fernando Santos, Portugal tercatat sebagai timnas paling produktif dengan raihan 12 gol, dan kemasukan 5 gol dari 4 pertandingan.

Dalam penyisihan grup, Christiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil memuncaki Grup H dengan raihan 6 poin dari dua kali menang dan satu kali kalah dari Korea Selatan.

Pada babak 16 besar, tim berjuluk Selecao Das Quinas ini berhasil menggasak Swiss dengan skor 6-1. Rekor terbaik Portugal di Piala Dunia adalah menjadi juara ketiga di Piala Dunia tahun 1966 di Inggris.

3. Belanda

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Belanda. (Fifa.com)

Setelah menundukkan Amerika Serikat dengan skor 3-1 di babak 16 besar, Belanda berhasil melaju ke perempat final. Tim asuhan Louis Van Gaal ini mengoleksi 8 gol dan kemasukan 2 gol hingga babak 16 besar.

Belanda pada babak penyisihan tergabung di Grup A bersama Senegal, Ekuador, dan tuan rumah Qatar. Mereka mendapatkan 7 poin dari hasil dua kali menang dan sekali seri.

Belanda tercatat sebagai tim yang belum pernah kalah hingga babak 16 besar. Belanda juga belum pernah menjadi yang terbaik di ajang Piala Dunia. Raihan terbaiknya adalah masuk sebagai finalis pada Piala Dunia 1974 di Jerman Barat, 1978 di Argentina, dan 2010 di Afrika Selatan.

4. Argentina

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Argentina. (Fifa.com)

Dalam partai awal, kejutan terjadi ketika Argentina dikalahkan oleh Arab Saudi dengan skor 1-2. Banyak yang menyangsikan tim Tango untuk bisa lolos ke fase penyisihan grup. Namun perlahan Argentina mulai menunjukkan kelasnya dengan mencuri kemenangan di dua laga sisa. Sehingga berhasil meraih poin 6 dan menjadikannya juara Grup C.

Tim asuhan Lionel Scaloni ini berhasil mengalahkan Australia dengan skor 2-1 di babak 16 besar. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil meraih 7 gol dan kemasukan 3 gol hingga babak 16 besar berakhir. Rekor Argentina di Piala Dunia adalah berhasil menjadi juara pada tahun 1978 (Argentina) dan 1986 (Meksiko).

5. Prancis

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Prancis. (Fifa.com)

Prancis yang merupakan juara bertahan Grup D bersama Australia, Tunisia, dan Denmark. Dalam pertandingan terakhir Grup D, Prancis dikalahkan oleh Tunisia. Mamun mereka tetap sebagai pemimpin Grup D dengan perolehan 6 poin. Prancis lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan Polandia dengan skor 3-1.

Tim Asuhan Didier Deschamps berhasil membukukan 9 gol dan kemasukan 4 gol hingga babak 16 besar berakhir. Prancis memiliki bomber haus gol, Kylian Mbappe, yang sudah menorehkan 5 gol. Rekor Les Bleus di Piala Dunia adalah pernah menjadi juara pada tahun 1998 (Prancis) dan 2018 (Rusia).

6. Kroasia

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Kroasia. (Fifa.com)

Kroasia bergabung di Grup F bersama Maroko, Belgia, dan Kanada. Berada di peringkat dua, tim asuhan Zlatko Dalic ini mengumpulkan 5 poin dari hasil satu kali menang dan dua kali seri.

Secara produktivitas, Kroasia hanya bisa menciptakan 5 gol dan kemasukan 2 gol. Kroasia lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan Jepang dengan skor 3-1. Pencapaian terbaik Kroasia adalah menjadi runner up di Piala Dunia 2018 Rusia.

7. Brasil

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Brasil. (Fifa.com)

Brasil adalah tim yang diunggulkan juara di Piala Dunia tahun ini. Tim Samba adalah negara paling sukses di gelaran Piala Dunia karena telah berhasil merebut mahkota juara sebanyak 5 kali yaitu pada Piala Dunia 1958 (Swedia), 1962 (Chili), 1970 (Meksiko), 1994 (Amerika Serikat), dan 2002 (Jepang dan Korea).

Tim asuhan pelatih Tite ini tergabung di Grup G bersama Swiss, Kamerun, dan Serbia di Piala Dunia 2022. Sempat kalah 1-0 di pertandingan terakhir melawan Kamerun, Brasil tetap menjadi juara Grup G dengan perolehan 6 poin hasil dari dua kali menang dan satu kali kalah.

Produksi gol Brasil sebanyak 7 gol dengan kebobolan 2 gol. Brasil berhasil lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4-1.

8. Maroko

Statistik 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTimnas Maroko. (Fifa.com)

Maroko adalah satu-satunya wakil dari Afrika yang berlaga di babak perempat final. Maroko berhasil mengalahkan tim unggulan Spanyol di babak 16 besar dengan skor 3-0, sehingga mengantarkannya lolos ke babak perempat final.

Maroko tergabung di Grup F bersama Kroasia, Belgia, dan Kanada. Maroko berhasil menjadi pemimpin Grup F dengan raihan 7 poin dari hasil dua kali menang dan satu kali seri. Pencapaian tim asuhan Walid Regragui kali ini termasuk yang terbaik selama mengikuti Piala Dunia.

Akankah pertandingan di babak perempat final ini diwarnai oleh kejutan dari tim-tim yang kurang diunggulkan? Sangat menarik untuk dinantikan, tim mana yang akan lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya