5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 

Sempat curhat di akun Instagram soal Piala Dunia U-20

Banyak pihak yang khawatir Indonesia terancam batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena adanya penolakan terhadap Timnas Israel. Tentu saja hal ini menimbulkan banyak kekecewaan di kalangan insan dan pencinta sepak bola Indonesia.

Satu pesepak bola muda Indonesia, Hokky Caraka, mengungkapkan kekecewaannya di akun media sosial (medsos) Instagram miliknya.

"Berjuang memerdekakan bangsa lain, tapi kalian semua menghancurkan mimpi anak bangsa Mimpi indah, kawan, sampai jumpa nanti," tulis Hokky Caraka.

Siapakah Hokky Caraka? Berikut 5 fakta Hokky Caraka.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Bali United yang Berasal dari Brasil

Baca Juga: FIFA Kunker di Bali, Asa Piala Dunia U-20 Tetap Digelar?

1. Pesepak bola muda dari Gunung Kidul, Yogyakarta

5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka. (Instagram.com/hokkycaraka_)

Hokky Caraka memiliki nama lengkap Hokky Caraka Bintang Brilliant. Ia lahir pada 21 Agustus 2004 di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pemilik tinggi 1,86 meter ini berposisi sebagai pemain depan atau penyerang. Hokky Caraka memiliki bakat bermain bola sejak kecil, yang mana bakatnya ini disalurkan dengan bergabung ke sekolah sepak bola, SSB Handayani.

2. Ia menempa karier sepak bola di PSS Sleman

5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka dengan seragam PSS Sleman. (Instagram.com/hokkycaraka_)

Karena bakat yang dimilikinya, dia ditarik untuk bergabung ke akademi PSS Youth untuk memperkuat PSS Sleman U-16 pada tahun 2020. Karier sepak bolanya semakin berkembang dengan terpilihnya sebagai pemain Garuda Select. Seperti diketahui, Garuda Select adalah program pelatihan kerja sama PSSI dengan Super Soccer untuk mencari pemain berbakat Indonesia.

Pada tahun 2020, ia memulai karier profesionalnya dengan bergabung sebagai pemain PSS Sleman. Walaupun sebagai pemain muda, namun ia mendapatkan porsi bermain yang cukup banyak di PSS Sleman. Tercatat, total 14 pertandingan ia lakoni bersama PSS Sleman untuk musim Liga1 2021/2022 dan 2022/2023.

3. Terpilih sebagai skuad Timnas Indonesia

5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka. (Instagram.com/hokkycaraka_)

Kemampuan yang dimiliki Hokky Caraka menarik hati Shin Tae Yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia. Pada tahun 2022, ia ditarik untuk memperkuat skuad Timnas U-19 oleh Shin Tae Yong.

Ia melakukan debut di kompetisi resmi pada 2 Juli 2022, ketika Timnas Indonesia melawan Vietnam di ajang Piala AFF U19. Pada tahun yang sama, ia juga dipilih untuk menjadi skuad Timnas Indonesia U-20.

4. Nama Hokky mencuat pada saat melawan Timor Leste

5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka. (Instagram.com/hokkycaraka_)

Sebagai penyerang Timnas muda Indonesia, nama Hokky Caraka mulai hangat dibicarakan pada saat Indonesia melawan Timor Leste di kualifikasi Grup F Piala Asia U20. Ia tercatat melesakkan 3 gol ke gawang Timor Leste.

Ia kemudian menjadi idola baru penggemar bola Indonesia dan digadang-gadang sebagai striker Timnas di masa depan. Selain melawan Timor Leste, Hokky Carata juga tercatat mencetak gol dalam jumlah besar yaitu 4 gol ke gawang Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 tahun 2022.

5. Statistik Hokky Caraka

5 Fakta Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka. (Instagram.com/hokkycaraka_)

Hokky Caraka memiliki penampilan yang cukup menawan, baik saat bermain di klub PSS Sleman maupun membela Timnas muda Indonesia. Berikut data statistik penampilan Hokky Caraka.

PSS Sleman:

  • Bermain sebanyak 3 pertandingan di Liga 1 2021/2022
  • Bermain sebanyak 11 pertandingan di Liga 1 2022/2023
  • Saat memperkuat PSS Sleman, ia belum menciptakan gol maupun assist.

Timnas U-19:

  • Bermain sebanyak 4 kali untuk kompetisi resmi (Piala AFF U19) dan 2 kali untuk laga persahabatan
  • Ia telah membukukan 4 gol dari 6 kali laga.

Timnas U-20:

  • Hokky Caraka telah bermain sebanyak total 12 kali pertandingan. Tujuh kali untuk laga persahabatan, 3 kali untuk Piala AFC U20, dan 2 kali untuk babak kualifikasi Grup F Piala AFC U20
  • Gol yang sudah dikoleksi sebanyak total 5 gol. Tiga gol pada saat babak kualifikasi Grup F Piala AFC U20, masing-masing 1 gol saat laga persahabatan dan Piala AFC U20.

Akankah Hokky Caraka mampu menjadi bintang sepak bola Indonesia di masa depan? Atau akan tenggelam akibat gemerlap media sosial seperti beberapa pemain muda sebelumnya? Semoga Hokky Caraka mampu mengembangkan skill-nya dan mental yang bagus sebagai pemain sepak bola profesional, serta tetap bisa bermain di Piala Dunia U-20 nanti.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya